Press enter to see results or esc to cancel.

1 Hal Yang Tidak Dilakukan Banyak Orang Agar Bisa Membaca Efektif

Pernahkah Anda mengalami malas, tidak memahami isi buku yang telah dibaca berkali-kali, merasa isi buku begitu hambar dan keinginan yang kuat untuk berhenti membaca. Godaan yang sangat besar untuk membaca satu buku tertentu hilang begitu saja saat memasuki bab kedua atau ketiga.

Saya yakin banyak orang pernah mengalami hal seperti yang diceritakan di atas. Pengalaman seperti ini tentu membuat motivasi untuk membaca semakin menurun di masa depan. Dan jika diminta untuk memilih antara membaca dan melakukan aktivitas lain, membaca akan selalu menjadi pilihan kedua. Kalaupun menjadi pilihan pertama, pelihan kedua memberi rasa “sakit” yang sangat besar atau sangat dihindari.

Ada satu hal yang dilewatkan banyak orang agar bisa membaca efektif. Masalahnya banyak orang tidak mengetahui satu hal tersebut.

Dan di artikel ini, kita akan membahasnya agar Anda mengetahui apa yang perlu dilakukan saat membaca. Yang akan membuat proses membaca Anda jadi lebih efektif, mendapatkan semua informasi penting yang dibutuhkan.

Mari kita bahas bersama-sama ;

Rasa Penasaran

Agar bisa menyelesaikan membaca satu buku, maka buku tersebut harus manarik untuk dibaca. Semakin ia menarik, semakin kita betah untuk berlama-lama dengan buku tersebut.

Seperti saat kita membaca novel. Kita bisa membaca sampai larut malam hanya untuk mengetahui ending dari ceritanya. Jika buku yang dibaca adalah buku teks book atau buku lain yang tidak kalah tebalnya, tidak perlu menunggu waktu lama, mata akan langsung memerah. Menandakan ia butuh untuk istirahat.

Mengapa seseorang bisa tetap fokus dan lupa waktu untuk membaca novel tapi tidak untuk buku tebal sejenisnya? Di mana letak perbedaannya?

Rasa penasaranlah yang membuat seseorang rela memaca novel sampai larut malam. Novel mampu memicu rasa penasaran sedangkan buku tebal, sangat jarang. Ia lebih fokus memberi informasi dan fakta yang tidak disukai oleh pikiran. Dan faktanya, hanya sedikit orang yang menyukai informasi seperti itu.

Rasa penasaranlah adalah kunci penting agar kita bisa membaca tuntas satu buku dan melahap semua informasi yang dibutuhkan.

Pertanyanya, apakah rasa penasaran bisa dibuat untuk buku-buku yang tidak sesuai minat dan kebutuhan, dan bagaimana cara menumbuhkan rasa penasaran itu sendiri?

Jadi, sekarang Anda sudah mulai penasaran? 😀

Ok. Mari kita masuk ke pembahasan selanjutnya.

Bertanya

Yup, inilah cara terbaik yang bisa kita lakukan untuk menumbuhkan rasa penasaran. Tidak masalah, apakah buku tersebut sesuai minat atau kebutuhan Anda. Anda tetap bisa menumbuhkan rasa penasaran pada buku tersebut.

Saat bertanya, kita memberi perintah kepada pikiran bawah sadar untuk mencari jawaban dari pertanyaan yang diajukan. Ini membuat pikiran bawah sadar tetap aktif pada hal yang sedang kita kerjakan.

Dengan begitu, kita tidak harus menghadapi rasa bosan, malas dan mengantuk saat membaca. Yang terjadi di pikiran bawah sadar saat kita bosan, malas dan mengantuk adalah, ia tidak memiliki kegiatan pasti yang dirasa penting dan tidak mengetahui apa yang harus dicapai saat membaca.

Dengan mengajukan pertanyaan kepada pikiran, secara tidak langsung ia mengetahui apa yang perlu ia dapatkan di buku tersebut. Jadi, Anda bisa tetap berkonsentrasi untuk waktu yang lama.

Dalam bertanya itu sendiri, mulailah bertanya pada judul bab, sub judal dan sub-sub judul. Jika bahan bacaan begitu banyak sehingga ke sub atau sub-sub bab membutuhkan waktu lama, maka bertanyalah tentang konten sub bab yang Anda baca.

Ini akan membuat pikiran terus bekerja dengan aktif. Selain bertanya, kaitkanlah isi buku dengan kebutuhan dan kehidupan sehari-hari.

Dengan mengaitkan isi buku ke kehidupan akan membuat Anda mengingat isi buku jauh lebih lama daripada tidak mengatkannya sama sekali.

Kelas BK

Jika Anda ingin membuat proses membaca menjadi lebih mudah, menyenangkan atau ingin memiliki kebiasaan membaca, maka Anda wajib menguasi skill bacakilat. Bacakilat akan membantu Anda mendapatkan apa yang saya sampaikan di atas.

Keunikan bacakilat terletak dari pemanfaatan pikiran bawah sadar, gudang dari semua potensi manusia. Dengan memanfaatkan pikiran bawah sadar, membaca menjadi proses yang lebih menyenangkan, bukan seperti yang kita rasakan selama ini.

Bagaimana tidak, jika Anda bisa memahami isi buku dengan lebih mudah, cepat, menghemat banyak waktu, mampu mengingat isi materi untuk waktu yang lama dan yang pasti, Anda terhindar dari masalah membaca seperti bosan, malas, mengantuk dan masalah lain yang terkait dengan membaca.

Untuk menguasi bacakilat, Anda bisa mengikuti pelatihannya dan belajar secara langsung ke Pak Agus Setiawan selaku founder dari Bacakilatdan belajar sendiri. Pak Agus telah membuat bacakilat menjadi pembelajaran online. Anda bisa menonton tahap pertahap untuk menguasai bacakilat dan tentunya dilengkapi dengan modul.

Tujuanya, agar lebih banyak orang bisa menguasai bacakilat dan memiliki kebiasaan membaca. Ini solusi terbaik bagi mereka yang ingin menguasai bacakilat tapi memiliki masalah dengan jarak dengan ibu kota, di mana bacakilat sering kami adakan.

Selamat mencoba dan saya ingin sekali mendengar cerita dan pendapat Anda tentang tulisan di atas. Jangan ragu-ragu. Saya akan membalas komen Anda 😀

Comments

19 Comments

Ariyanto

Sy tertarik utk mengikuti seminar baca kilat, mohon informasinya lbh lanjut. Terima kasih.

Rahmat Aldi

bapak bisa mendaftarkan disini untuk mengikuti seminarnya http://aquariuslearning.co.id/seminar-bacakilat/
atau hubungi kami di 08176820000

Dian Tauhidin

Apakah melalui pembelajaran online sama efektifnya dengan pelatihan langsung?dan mohon informasi berapa biaya pelatihan langsung & online

Agus Setiawan

Hi Dian, sama efektifnya. Perbedaannya hanya kalau home study course membutuhkan dorongan belajar dan praktik yang tinggi. Jika pelatihan langsung dibimbing dan praktik.

Neshya Hazil

Mas Agus..Saya dan anak2 sdh mengikuti training lanjutan baca kilat utk ke 2 anak saya…bagaimana cara saya dapat info lengkapnya??? Saya semakin yakin dengan system baca kilat dpt membantu anak2 saya utk mencapai cita2 mereka. Dan saya sangat excited utk mengajak anak2 teman2 saya utk ikut baca kilat

Ronald Sembiring

Hi bu Neshya
Untuk informasi seminar dan pelatihan bisa dihubungi ke no 0878 7768 3111

Terimakasih telah berkunjung. Semoga buah hati ibu bisa mencapai impian terbesar mereka 😀
AMIN

Meilita

Dear Pak Agus,

Metode bacakilat bisa dipraktekan untuk anak mulai umur berapa ya? untuk anak umur 7 saat ini kelas 2 SD apakah bisa diterapkan?

thank you

Ronald Sembiring

Hi bu Meillta
Bacakilat bisa diajarkan sejak anak sudah bisa membaca. Hanya saja, untuk mengikuti pelatihan bacakilat for student kami membatasi minimal anak kelas 6 SD.
Ini karena keterbatasan kosa yang dimiliki antara peserta lain yang jauh lebih tinggi jenjang pendidikannya dari si anak sendiri.
Jika Anda ingin mengajarkan bacakilat ke anak, saran saya Anda belajar bacakilat terlebih dahulu lalu mengajarkannya ke anak.

Semoga bsia membantu 😀

Timnya Pak Agus Setiawan

Merta WINDANA

Semenjak saya mengikuti pembelajaran baca kilat, saya merasa terjadi open mind yg luar biasa dlm hidup saya. Tulisan dan hasil pemikiran Pak Agus Setiawan sangat INSPIRATIF. semoga semua manusia INDONESIA Instrospeksi utk lebih memahami kata-kata OPEN MIND. TERUSLAH BERKARYA PAK Agus Setiawan..!! Saya yakin kita akan semakin besar INDONESIA HEBAT.!!! Semangat ya…

Ronald Sembiring

Luar biasa sekali bu Marta Windana
Terimakasih telah berbagi cerita Anda yang berharga

Keep Reading. Semoga ibu mendapatkan apa yang ibu ingkan dalam hidup
AMIN 😀

Ketut sulendra

Kapan di adakan program baca kilat di bali, berapa biayanya, dan bagaimana cara baca kilat on line

Agus Setiawan

Hi pak Ketut, di Bali 5 Desember ya. Biayanya 100.000. Untuk bacakilat online
silahkan kunjungi di http://onlinecourse.id/course/bacakilat-home-study-course/

ana wahyuni

Kapan seminar di Semarang? Tolong sy di email Program seminar & jadwalnya di Semarang. TX banyak.

Agus Setiawan

Tahun depan seperti akan ada, silakan hubungi 08176820000 dan kami akan kabari segera.

Alfi Diana Saldika

Slmt mlm pak, sy ingin sekali untuk ikut seminar baca kilat tapi sy tinggal di Kab. Alor-Nusa Tenggara Timur dan sy juga bekerja jadi tdk ada libur. Bgmn caranya Untuk sy bisa menguasai baca kilat?? Mohon d balas. Trimakasih

Ronald Sembiring

Hi Alfi
Silahkan kuasai dan terapkan bacakilat secara online.
Anda bisa memilikinya di http://onlinecourse.id/course/bacakilat-home-study-course/

Semoga dapat membantu Alfi 😀

Alfi Diana Saldika

Sy tinggal di kota yang jauh tepatnya di Kab. Alor-NTT. Bgmn caranya saya bisa menguasai Baca kilat. Trimkasih pak

Ronald Sembiring

Hi Alfi
Silahkan kuasai dan terapkan bacakilat secara online.
Anda bisa memilikinya di http://onlinecourse.id/course/bacakilat-home-study-course/

Semoga dapat membantu Alfi 😀

Hebergeur

Selanjutnya pengesahan yang akan dilakukan oleh kepala pemerintahan dan anggota DPR dengan diadakannya rapat terlebih dahaulu. biasanya hal ini dilakukan untuk masalah yang sangat penting dan mencakup masalah orang banyak.


Leave a Comment

Testimoni

Ary ihsandi

Karyawan Bank

“Saya mendapatkan ilmu baru tentang teknik membaca yang sangat bermanfaat. Prosesnya mudah diikuti dan dipraktekan. Dalam dua hari Saya sudah merasakan manfaatnya walaupun belum sempurna. Saya sengaja membawa dua buku yang susah Saya pahami, namun melalui Bacakilat buku tersebut bisa Saya pahami.”

Chat with Us