3 Cara Menumbuhkan Motivasi Belajar Untuk Pelajar

Cara Menumbuhkan Motivasi Belajar

Apakah motivasi anda berkurang saat guru menunjukkan dirinya di depan pintu kelas. Merasa hari ini akan menjadi hari yang sangat melelahkan dan membosankan. Harus mengikuti pelajaran yang tidak disukai dan sulit untuk dipahami. Atau, anda berpikir lebih baik tidak sekolah. Bermain game atau menonton TV di rumah. Janganlah ya hehehehe

Apakah anda pernah atau sedang mengalami masalah seperti yang saya ceritakan di atas?

Jika ia, maka tulisan ini sangat cocok untuk anda. Anda akan mendapatkan cara untuk meningkatkan motivasi belajar anda. Meskipun begitu, agar motivasi ini bisa bertahan untuk jangka waktu yang lama, maka anda perlu melakukan beberapa tindakan nyata secara konsisten.

Yang semakin hari akan semakin menguatkan motivasi belajar anda. Mari kita bahas 3 cara menumbuhkan motivasi belajar untuk pelajar ;

1. Memiliki Impian

Apakah anda memiliki impian? Impian yang benar-benar ingin anda capai, alami dan harapkan sejak dulu. Impian yang akan mengubah kehidupan anda menjadi lebih baik di masa depan. Pastinya setelah menyelesaikan tugas wajib anda di bangku sekolah 😀

Pelajar yang memiliki impian akan lebih termotivasi untuk belajar daripada pelajar yang tidak memiliki impian. Pastinya karena ada pendorong untuk mereka terus bertindak.

Jadikanlah impian menjadi sumber motivasi anda untuk belajar. Meskipun terkadang yang dipelajari di sekolah tidak akan selamanya bisa membantu seseorang untuk mencapai impian mereka.

Tolong, kondisi seperti ini jangan anda permasalahkan. Karena kita tidak bisa mengubah sistem pendidikan yang telah ada sejak dulu. Lebih baik memfokuskan energi dan perhatian untuk mengembangkan diri dengan belajar skill-skill tertentu yang akan membantu anda mencapai tujuan anda di masa depan.

Dengan fokus pada impian anda, maka dengan sendirinya anda akan lebih termotivasi saat belajar di sekolah.

2. Menguasai Skill Belajar

Ingin memiliki waktu bermain yang lebih panjang dari biasanya tanpa harus pusing mikirin pelajaran sekolah dan prestasi belajar anda terus meningakat?

Pastinya semua pelajar akan berkata “YA.” Siapa sih yang tidak mau bermain. Apalagi pelajar. Usia mereka yang masih muda membuat mereka lebih tertarik untuk bermain daripada belajar atau bekerja.

Tidak terkecuali juga degan mereka yang telah bekerja dan para orangtua. Hanya saja bentuk permainanya yang berbeda. Tapi, tetap saja, setiap orang mau bermain dan have fun.

“Emang bisa?”

Pastinya bisa, jika anda memiliki cara atau strategi belajar yang tepat. Untuk sukses dibidang apapun, pasti ada cara atau strategi yang tepat untuk mewujudkannya. Begitu juga dengan belajar. Apakah anda memiliki strategi atau cara belajar yang tepat?

Jika ia, motivasi belajar bukanlah satu masalah berarti untuk anda. Bahkan sebaliknya, orang yang motivasinya naik turun karena tidak memiliki cara belajar yang tepat. Mengumpulkan beberapa pengalaman yang tidak menyenangkan di sekolah yang membuat mereka malah malas belajar dan sekolah.

Cara atau strategi belajar yang sangat saya sarankan untuk anda kuasai adalah bacakilat for student. Cara kerja bacakilat yang unik membuat seorang belajar lebih cepat, memahami pelajaran dengan lebih mudah dan menghemat waktu mereka dalam belajar. Informasi lebih mendalam bisa anda klik di sini.

Apa yang mereka dapatkan saat bisa memahami materi dengan lebih mudah, prestasi belajar mereka pasti akan meningkat. Ada alumni bacakilat for student yang tadinya selalu mendapat peringkat terakhir di kelasnya.

Dengan menggunakan teknik belajar bacakilat for student, peringkatnya malah bergerak maju ke depan dengan lebih cepat dan sering kali di luar dugaan. Bahkan banyak dari mereka memiliki waktu bermain yang lebih banyak.

Ingin kuasai bacakilat for student? Ikuti seminarnya di sini.

Cara Menumbuhkan Motivasi Belajar

Cara Menumbuhkan Motivasi Belajar

3. Cara Pandang yang Benar akan Sekolah

Banyak pelajar yang malas karena cara pandang mereka yang salah tentang belajar dan sekolah itu sendiri. Pelajar yang memandang sekolah sebagai satu tempat yang membosankan pasti akan malas untuk belajar.

Lain halnya jika mereka merasa sekolah atau belajar sebagai tempat untuk mengelurakan dan mengembangkan potensi diri yang mereka miliki. Tempat yang akan menghantaran mereka ke impian mereka di masa depan.

Coba lihat ke dalam diri anda sendiri. Menurut anda sekolah dan belajar itu seperti apa? Apakah temat atau sesuatu yang membosankan atau media yang akan menghantarkan anda ke impian anda.

Jika jawaban yang anda dapatkan terasa tidak nyaman, apapun jawaban anda, maka yang anda yakini harus segera diatasi. Jika tidak, anda akan tetap menilai negatif belajar dan sekolah. Ini akan menghambat anda untuk lebih berprestasi.

4. Relevansi Pelajaran dengan Kehidupan

Poin ini akan menjadi tugas wajib anda. Motivasi belajar akan meningkat secara drastis ketika mengetahui relevansi antara meteri pelajaran dengan kehidupan nyata. Semakin relevan materi pelajaran dengan diri sendiri dan kehidupan nyata, motivasi belajar akan meningkat dengan sendirinya.

Masalahnya, banyak pelajar tidak mengetahui hubungan antara materi pelajaran dengan kehidupan sendiri dan kehidupan nyata. Akibatnya, mereka menjadi malas belajar. Karena merasa yang dipelajari tidak begitu penting.

Perasaan penting inilah yang membuat seseorang ingin mengetahui lebih dalam tentang apa yang mereka pelajari.

Jadi, apa relevansi atau hubungan yang anda pelajari di sekolah dengan kehidupan anda?

Tanyakan terus pertanyaan ini. Lihat seberapa besar motivasi belajar anda meningkat saat belajar.

Inilah 4 cara yang perlu anda lakukan untuk menumbuhkan motivasi anda setiap harinya. Selamat mencoba dan saya sangat ingin mendengar masukan dan cerita anda dari penerapan tulisan di atas.

About the Author

Leave a Reply 2 comments