5 Rahasia Mengatasi Rasa Malas Belajar

Banner-7

Malas Belajar

Rasa malas belajar bukanlah satu masalah baru bagi para pelajar. Meski pun anda (pelajar) dan orangtua telah mencari solusi untuk mengatasi rasa malas belajar tetapi solusi yang diterapkan tidak pernah memberikan manfaat yang besar untuk kehidupan anda. Rasa malas itu sudah berurat akar di dalam darah anda. Akhirnya anda hanya menikmati prestasi kecil saat-saat masa sekolah.

Bukan rahasia umum lagi, kalau ingin menjadi orang sukses haruslah memiliki sikap disiplin yang tinggi. Di mana tidak ada sedikit pun sifat malas dalam diri kita. Apakah itu malas belajar, malas membaca, malas berolah raga dan malas-malas lainya. Ketika rasa malas sudah kita beri ruang di dalam diri kita, maka tamatlah sudah. Kita akan diperdaya oleh rasa malas itu sendiri.

Coba anda lakukan sedikit penelitian ini. Pertama, perhatikan seberapa banyak teman kelas anda yang sangat disiplin dan mempu mengatasi kebiasaan malas yang mereka miliki. Kedua, perhatikan seberapa banyak teman anda yang memiliki rasa malas. Apakah malas membaca, mengerjakan soal latihan atau mengerjakan tugas rumah dari sekolah.

Pasti presentasinya memiliki jarak yang sangat besar. Bisa 7:1 atau bahkan 8:1. Dimana 7 dan 8 adalah pelajar yang memiliki sifat malas. Mungkin anda juga adalah salah satu dari komunitas besar dari kebiasaan malas belajar tersebut. Tenang, kalau pun ia, anda tidak sendiri. Saya bersama anda hahaha..

Baiklah, saya akan memberikan beberapa tips rahasia bagaimana cara mengatasi rasa malas dalam belajar. Anda perlu melakukan upaya yang dengan sepenuh hati agar mendapatkan hasil yang maksimal. Sebelum rahasianya diungkapkan, mari kita lihat penyebab umum mengapa anda malas belajar.

Penyebab Malas Belajar

Coba jawab dulu pertanyaan ini. Kenapa anda malas belajar? Pasti ada yang menajwab “belajar itu membosankan, tidak mengerti pelajaran, lebih baik saya membaca komik, main game online dan menonton TV.” Ini adalah jawaban yang sering  diungkapkan oleh setiap pelajar bila ditanya kenapa mereka malas belajar.

Tetapi kalau kita lihat dari kaca mata pikiran, penyebab anda malas belajar adalah tidak adanya tujuan yang spesifik dan jelas dari mata pelajaran yang anda pelajari. Ini umum di kalangan para pelajar. Mengapa? Karena para pelajar tidak pernah diajarkan bagaimana pentingnya sebuah tujuan dan bagaimana cara membuat tujuan yang benar dalam belajar.

Ketika masuk kelas, umumnya anda langsung membuka tas dan mengambil buku pelajaran dan guru langsung mengajarkan materi pelajaran yang sedang dibahas sesuai kurikulum sekolah atau pemerintah. Tanpa ada perintah atau arahan untuk menulis tujuan dalam belajar.

Selain dari itu, banyak pelajar tidak mengetahui apa manfaat dan aplikasi dari pelajaran yang dibahas dalam kehidupan anda sehari-hari. Yang penting anda di suruh ke sekolah dan melakukan semua hal yang diminta dan diajarkan oleh guru untuk dikerjakan. Maka tidak heren belajar menjadi proses yang sangat membosankan bagi anda.

Rahasia Mengatasi Rasa Malas Belajar

Rasa malas adalah salah satu bentuk prilaku dari suka menunda. Bila anda suka menunda maka anda pasti akrab dengan sifat malas. Cara paling efektik untuk mengatasi ini adalah melakukan upaya nyata dengan tepat untuk membentuk prilaku baru yang bisa membantu anda memiliki rasa disiplin dalam diri untuk belajar.

Berikut saya sampaikan 5 rahasi mengatasi sifat malas dalam belajar.

1. Tujuan Tertulis

Mungkin anda bertanya, mengapa tujuan? Benar sekali. Tujuan memberi pengaruh yang sangat besar kepada diri kita saat ingin mencapai sesuatu. Apakah itu nilai, aplikasi dari belajar atau ikut olimpiade misalnya.

Pernahkah anda melakukan satu turnamen olah raga seperti sepak bola atau bola basket. Anda begitu bersemangat untuk menjadi pemenang. Anda memberikan yang terbaik dari diri anda di turnamen tersebut. Apa lagi anda mendapatkan dukungan dari teman-teman dan tim chair leaders yang  cantik-cantik dari kelas atau sekolah anda.

Jawabanya yang pasti adalah, karena anda memiliki tujuan. Yaitu menang di setiap pertandingan yang anda mainkan. Tujuan anda begitu kuat sehingga, anda tidak merasa lelah sedikit pun ketika sedang bertanding. Anda begitu menikmati setiap detik dari pertandingan yang sedang dimainkan.

Pernah mengalami hal yang saya ceritakan barusan di atas? Bila pernah, anda tidak akan pernah merasa keberatan ketika diminta untuk berlatih. Tidak ada sedikit pun rasa malas dalam diri anda. Ketika rasa malas itu muncul mungkin anda teringat akan tujuan anda. Yang membuat diri anda langsung bersemangat untuk latihan.

Itulah kuatnya pengaruh dari tujuan yang jelas dan spesifik. Ketika anda memiliki satu tujuan yang jelas dan spesifik maka secara tidak sadar pikiran anda akan memfokuskan energinya untuk mencapai tujuan tersebut. Bila tidak, maka pikiran tidak akan bersedia membantu anda mencapai tujuan anda.

Sifat alami dari pikiran bawah sadar adalah mencari kenikmatan dan menghindari kesengsaraan. Ketika anda tidak membuat tujuan yang jelas, maka pikiran bawah sadar akan menilai bahwa yang anda lakukan tidak memberikan kenikmatan tetapi memberikan kesengsaraan. Meski pun anda (secara sadar) tahu bahwa, yang anda kerjakan adalah hal yang sangat penting. Yang bila anda berhasil melakukanya maka pikiran anda akan mendapatkan keuntungan yang besar. Apakah itu nilai yang baik, pujian dari teman-teman dan guru bahkan kejutan yang tidak bisa anda duga-duga dari orangtua anda. Sayangnya pikiran bawah sadar anda tidak menilai hal yang sama seperti yang anda pikirkan (sadar).

Jadi, sebelum belajar atau akan belajar, anda harus membuat tujuan yang jelas dan tertulis. Untuk membuat tujuan, anda harus membuat tujuan setiap bab mata pelajaran yang akan dipelajari di kelas. Anda perlu menulis apa yang anda ingin ketahui dan untuk apa anda mengetahui isi dari bab yang akan dipelajari. Selain itu, anda juga harus membuat tujuan berapa nilai yang ingin anda dapatkan setiap mata pelajaran di akhir semester.

2. Strategi Belajar

Apakah anda menikmati proses belajar di sekolah anda? Apakah cara belajar anda menyenangkan atau membuat anda merasa tidak berdaya dan menambah sikap malas dalam belajar.

Strategi belajar yang tepat adalah salah satu solusi untuk mengatasi kebiasaan malas belajar anda di sekolah atau pun di rumah. Ini sangat bermanfaat karena akan memudahkan anda dalam belajar di sekolah.

Untuk menghapal misalnya, akan sangat sulit bila hanya menggunakan metode yang biasa diajarkan di sekolah. Tetapi bila menggunakan metode yang berbeda yang menggunakan kemampuan alami yang anda miliki maka akan sangat mudah bagi anda menghapal 20 kata-kata yang tidak beraturan dan acak.

Bila anda masih mencari-cari, bergembiralah! Karena anda sudah menemukanya, karena sudah membaca sampai sejauh ini. Metode yang sangat memperdayakan kemampuan alami yang anda miliki. Strategi menggunakan teknik Bacakilat for Student. Bila anda ingin mengetahui dan mendalami teknik Bacakilat for student(untuk orangtua dan terbuka untuk umum) ini maka anda bisa mendaftarkan diri anda ke bimbingan online di akhir artikel ini. Anda akan dikirimi email bagaimana cara menggungkan teknik Bacakilat for student secara gratis.

3. Prioritas Belajar

Anda perlu membuat prioritas dalam belajar. Apakah anda memberikan sedikit waktu atau lebih untuk mempelajari satu materi tertentu, mengerjakan tugas serta belajar untuk materi yang akan diajarkan esok hari.

Ini sangat penting. Bila anda tidak bisa membuat prioritas belajar, maka anda akan keteteran dalam belajar, baik di sekolah atau pun di rumah. Dengan membuat dan memberikan prioritas pada pelajaran yang anda kurang kuasai, anda akan semakin mudah mengerti materi yang sedang anda prioritaskan untuk kuasai.

Bertanya kepada teman atau guru akan lebih membantu anda. Tidak pernah malu bertanya apalagi di dalam kelas. Meski pun anda disoraki oleh teman-teman anda karena memberikan pertanyaan yang sudah dijelaskan oleh guru tetapi anda belum mengerti. Maka tanyakan saja, karena dengan begitu akan membuat pikiran anda lebih lama mengingat pertanyaan yang and ajukan.

Dalam prioritas belajar, anda juga harus belajar mengatur diri anda untuk mengatur diri. Anda harus menyesuaikan dengan diri dan kemampuan anda. Apakah anda harus belajar di pagi hari, menyelesaikan semua tugas rumah setelah pulang sekolah atau di malam hari. Tipsnya, jangan pernah belajar di atas jam 9 malam, karena akan membuat anda mudah untuk tertidur. Lebih baik anda lebih cepat belajar. Pikiran dan tubuh anda lebih bisa diajak untuk bekerja sama daripada di malam hari.

4. Posisi Belajar

Meski pun terasa kurang masuk akal, tetapi ini akan sangat mempengaruhi anda dalam mood (emosi) belajar. Bila anda belajar sambil tidur-tiduran maka lambat laun anda pasti akan tertidur. Akan sangat sulit untuk menahan diri untuk tidak tidur.

Bila anda belajar sambil tiduran maka secara psikologis, tubuh akan mengartikan bahwa anda tidak siap dan serius untuk belajar. Tubuh anda akan merespon bahwa buku atau pelajaran yang anda sedang pelajari tidak terlalu penting untuk dipelajari. Kembali ke sifat pikiran bawah sadar, pikiran akan mengartikan bahwa belajar adalah kegiatan yang menyiksa dan membosankan. Lebih baik untuk tidur. Pernah mengalamu hal seperti ini? Saya juga pernah mengalaminya.

Saran saya adalah belajarlah di atas meja belajar dengan pencahayaan yang cukup. Supaya anda dapat menjaga konsentrasi dan mood dalam belajar.

5. Tindakan

Ini adalah pembungkus dari semua uraian di atas. Bila hanya melakukan langkah pertama sampai ke empat, anda tidak akan bisa mengatasi rasa malas di dalam diri anda. Cara untuk mengatasi rasa malas adalah dengan melakukan langkah kecil.

Bila anda melakukan tindakan, meski pun itu tindakan yang sangat kecil. Bila terus dilakukan secara terus menerus maka, perlahan tapi pasti anda akan memiliki kebiasaan untuk belajar dan disiplin yang baik. Dengan begitu, anda bisa mengatasi kebiasaan malas belajar dalam diri anda.

Ingatlah prinsip ini “Semakin banyak anda bertindak, semakin cepat anda mendapatkan kebiasaan baru yang anda sedang bentuk dan prioritaskan.”

Bagaimana menurut anda adik-adik pelajar, apakah anda sudah siap mengatasi sifat malas dalam diri anda? Tinggalkan komentar anda.

Banner-7

About the Author

Leave a Reply 197 comments

Ida Royani - July 23, 2014 Reply

please give me solution for bacakilat

    Agus Setiawan - July 23, 2014 Reply

    Anda bisa Ikutan bacakilat Home Study Course untuk menguasai bacakilat dengan lebih mudah.

      Rezqi - October 8, 2014 Reply

      Ini sangat membantu, terima kasih

      Agung cahyadi - February 16, 2015 Reply

      bagaimana caranya agar saya selalu rajin dan rajin belajar

      Asiah - March 6, 2015 Reply

      Akn aku coba

      desi fitrahana rambe - February 7, 2016 Reply

      Saya ingin memulainya

        Ronald Sembiring - February 10, 2016 Reply

        Monggo Desi
        Sukses ya 😀

      novita - September 13, 2016 Reply

      bagaimana cara membaca kilat, saya sulit ketika sudh membaca sulit memahami

    diki heriadi - March 25, 2016 Reply

    Tolong bagai mana cara bacakilat tersebu

      Agus Setiawan - March 28, 2016 Reply

      Hi Diki
      Akan menyita banyak waktu jika saya menjelaskan cara melakukan bacakilat di sini.
      Silahkan mengikuti kelasnya secara langsung. Anda akan dibimbing secara bertahap untuk menguasai bacakilat.
      Jika Anda terhambat masalah jarak dan waktu, atau Anda ingin belajar sendiri, silahkan akses bacakilat secara online
      Anda bisa memperolehnya di http://onlinecourse.id/course/bacakilat-home-study-course/

        helmi salma - January 19, 2017 Reply

        saya ingin merubah kebiasaan buruk saya

          Agus Setiawan - May 18, 2017 Reply

          Ayo segera mulai.

rahmad gusti - August 4, 2014 Reply

Saya sangat malas belajar

rahmad gusti - August 4, 2014 Reply

Jgn mengeluh saat belajar

nur - August 4, 2014 Reply

terimakasih atas solusinya, ini sangat membantu.

anisa amara - September 2, 2014 Reply

Thank atas tips nya sangat membangun untuk kita lebih disiplin

Carin - September 5, 2014 Reply

saran yang sangat bagus terimakasih telah membantu

iin setiani - September 7, 2014 Reply

min gmn cara bacakilat

Dewi - September 14, 2014 Reply

Kasih tahu cara baca kilat donk .
Di sekolah ku banyak hapalannya

Nandi - September 14, 2014 Reply

Saya malas dalam belajar kalo pelajaran tersebut kurang menyenangkan bagi saya. Terlebih saya ini cepat bosan dalam segala hal. Bagaimana cara saya agar tidak cepat bosan ???

    Agus Setiawan - September 22, 2014 Reply

    buat tujuan yang memotivasi

      pradini fauzia - October 15, 2014 Reply

      Bagaimana caranya untuk membangkitkan motivasi pada diri seseorang yang sudah mencoba untuk berusaha tidak malas lagi namun usaha tersebut tetap saja gagal?

        Agus Setiawan - October 18, 2014 Reply

        Kalau sulit keluar dari malas, coba pikirkan apa sebenarnya motivasi dalam diri Anda. karena kemungkinan, malas karena sepanjang kehidupan seseorang itu, tidak memiliki kebiasaan mengambil keputusan sendiri. Semuanya melakukan apa yang dikatakan orang lain.

ADITYA GITA RISMA - September 21, 2014 Reply

Thanks….

el - October 6, 2014 Reply

Sy malas belajar sbb moody dgn masalah2 pribadi. Sy jadi moody sampai nak belajar hilang focus. Macam mane nak atasi masalah malas INI?

Muhammad yoga chomaruzaman - October 15, 2014 Reply

kalo banyak tugas sekolah justru saya jadi malas belajar…

    Agus Setiawan - October 18, 2014 Reply

    Tugas itu ujian untuk menguji seberapa baik Anda mengatasi ujian. Kalau banyak ujian mundur, bagaimana mau mengembangkan mental Anda?

abdu kholiq - October 20, 2014 Reply

subhanalloh,, bagus saran2 nya .. terima kasih banyak

Indra Putra Utama - October 27, 2014 Reply

😀

nur muhammad Fadhlurrahman Alwan - November 4, 2014 Reply

saya sudah melakukannya, dan cara tersebut ternyata membuahkan hasil yang bagus.. bahkan diatas rata-rata, TERIMA KASIH.. 😀

dewi pancasari - November 5, 2014 Reply

saya siap,artikel ini memotivasi saya lebih giat lagi untuk belajar.terimakasih

anisa urohma - November 12, 2014 Reply

Saya suka membaca tetapi apa yang sudah saya baca susah untuk terekam dalam memori ingatan saya nah ini gmn ya solusi nya ??

Cahyono - November 15, 2014 Reply

Terkadang setiap saya nanya pd guru ipa saya dia malah bentak karena teman saya juga kbanyakan nanya jadi saya sudah sangat frustasi dengan yg namanya IPA – i will keep lazy becaus sometimes My teacher is lazy. !

Fikri Ahmad - November 20, 2014 Reply

Terimakasih ! infonya sangat berguna, terutama bagi saya. Saya siswa kls 3 SMP, saya sering ada motivasi sendiri, misalnya melihat orang sukses, dll. Tetapi, tindakan saya tidak berbanding lurus dengan motivasi. Ada niat, tetapi sangat sulit untuk dilakukan. Selain itu, saya kadang-kadang merasa tidak yakin akan kemampuan saya untuk mencapai apa yang saya tuju. Tolong berikan solusinya. Sukses terus! Sangat baik untuk membantu orang, semoga Tuhan membalas perbuatan baikmu. Aamiin.

suriani tarigan - November 21, 2014 Reply

thanks saranya dan informasinya

budiman - November 21, 2014 Reply

ya saya sangat termotivasi dengan saran saran /artikel terimakasih

margaretha - November 21, 2014 Reply

terima kasih atas sarannya semoga saya bisa termotivasi 🙂

Nur Ayu Mutia - November 27, 2014 Reply

Saya sangat jarang belajar di rumah. Itu karena sepulang sekolah saya selalu kelelahan dan tertidur. Padahal saya sudah punya motivasi belajar, tapi kenapa saya tetap kalah pada rasa kantuk?

chindy raniansyah - December 1, 2014 Reply

Tips ini sangat bermanfaat (y)

Yaman yoman - December 2, 2014 Reply

Aku paling bosan belajar di kelas kalo gurunya gx pernah menghibur atau nyebelin. Nerangkanya gx jelas. Gimana solusinya?

Luthfi - December 5, 2014 Reply

Terima kasih atas seluruh sarannya

Annas Tasya Amallia - December 9, 2014 Reply

saya sangat malas belajar,karena jika saya belajar,pikiran saya justru ilang entah kemana

Rizky - December 14, 2014 Reply

Super sekali anda, sangat membantu sekali.. mulai dari sekarang saya akan terapkan 5 langkah tersebut..
terimakasih banyak..

Alaric Izaz - January 5, 2015 Reply

Aku ingin ku gk malas terus terusan

Muhammad Syahrir Arara - January 8, 2015 Reply

Mau tau cara membaca kilat dan mau seperti orang jenius karna saya orangnya sangat malas mau minta solusinya donk

    intan antika - January 11, 2015 Reply

    kenapa malas itu sulit sekali untuk dihilangkan. padahal UN semakin dekat dan rasa malas itu terus mengganggu.
    apakah saya harus memaksakannya agar malas itu segera hilang.

      Agus Setiawan - January 21, 2015 Reply

      Biasanya karena belajar itu lebih menyakitkan daripada tidak belajar. Karena kita selalu menghindari ketidaknyamanan dan mendekati hal yang membuat kita nyaman. Orang tidak malas karena dia lebih takut dengan hasil yang buruk jika tidak belajar. Orang yang malas berarti dia lebih merasa tidak menyenangkan belajar daripada nilainya jelek. Untuk itu perlu ada skill belajar yang akan meringankan tugas seorang pelajar. Sehingga belajar itu lebih ringan, dan menyenangkan.

fitri y - January 21, 2015 Reply

apakah rasa ngatuk disaat belajar didasari dengan rasa malas?

Hasanah - January 22, 2015 Reply

Makasih…….

Pemalas yang paling malas - February 3, 2015 Reply

Aku kok tetep males ya padahal ikutin saran diatas. (Tujuanku : Pingin Bisa Menyiksa temen satu kelas) Tujuan ku padahal udah bagus

Siti nur khasanah - March 22, 2015 Reply

Sangat membantu sekali

gama prabowo - March 23, 2015 Reply

thanks gan sudah membuat artikel yang sangat bermanfaat,semoga saya berhasil.

Ronald Sembiring - March 31, 2015 Reply

@all. Terimakasih telah datang membaca, semoga tip yang saya berikan bisa membantu anda menjadi pribadi yang lebih baik terutama dalam memiliki motivasi belajar 😀

NURULAZMI ZAKIAH SAMILAH - April 7, 2015 Reply

Yang dikatakan Θî atas sama sekali mirip dengan prilaku saya sebgai seorang pelajar yang malas:( dan mengatasi kemalasan itu sangat berat untuk saya…. Walau berat saya ingn sekali berubah dari sikap sebelumnya…. Terimakasih atas saran yang anda berikan;)

delita manda sari - April 24, 2015 Reply

saya terlalu sering merasa cepat bosan,dan sering juga menunda-nunda pekerjaan. entah itu tugas kuliah maupun tugas yang lainnya…..

    Ronald Sembiring - April 28, 2015 Reply

    @delita: bisa jadi Anda tidak punya tujuan yang jelas akan kuliah Anda. Untuk mengatasi hal tersebut maka Anda perlu mengatasi masalah-masalah emosi yang Anda miliki. Tanpa itu, Anda akan tetap merasa malas, bosan dan emosi-emosi negatif lainya
    😀

Gloria Sondakh - May 15, 2015 Reply

makasih yah . membantu banget *yaah saya emang termasuk orang yg pemalas . suka menunda saya itu lohh wuaah gi*a sampe orgtua saya heran kenapa saya males padahal cita2 saya tinggi . mudah2an artikel ini bs membantu saya menghilangkan rasa malas saya but i know the important thing to make a change is take action 😉

    Ronald Sembiring - May 20, 2015 Reply

    Sama-sama Gloria Sondakh
    Selamat mencoba dan sukses untuk Anda
    Terimakasih terlah berkunjung 😀

mita puspita wulandari - May 16, 2015 Reply

knp kdang klu lhat tmen bsa jwab prtxan rsax q smngat bnget bljar.tp stlh d rumah koq gk smngt lg bljrx

    Ronald Sembiring - May 20, 2015 Reply

    Berarti Anda memiliki mental blok
    Atasi dulu mental bloknya
    Agar belajar menjadi lebih mudah dan menyenangkan

ira Riani Simatupang - May 17, 2015 Reply

Ini sangat membantu saya untuk mengatasi rasa malaz terutama pada saat kuliah
Tapi benarkah pengaruh teman juga bisa menyebabkan kita malas? Mohon solusi nyaa terimakasih

    Ronald Sembiring - May 20, 2015 Reply

    Jika Ira Riani Simatupang bergaul dengan teman-teman yang malas
    cepat atau lambat malasnya juga akan ketular ke Ira
    Cerdaslah memilih teman untuk mendukung kemajuan diri Anda

Ayu istirohah - May 19, 2015 Reply

saya sudah belajar tapi ketika ulangan dimulai tiba tiba pelajaran yang sudah saya pelajari sulit diingat, mungkin karena tegang. Tips apa saja agar ketika ulangan saya tidak tegang ?

    Ronald Sembiring - May 20, 2015 Reply

    Perasaan tegang adalah penyebab mengapa Ayu Istirohah sulit mengingat semua pelajaran yang telah di pelajari.
    Ada banyak cara untuk menjadi tenang saat ujian di kelas.
    salah satunya adalah dengan mendengarkan audio Menignkatkan IQ karya Agus Setiawan
    Untuk mendapatkan audionya, anda bisa mengunjunginya di 0878 7768 3111

Andre - May 23, 2015 Reply

nice, little support in my brain feel
thanks for it

    Ronald Sembiring - May 25, 2015 Reply

    Sama-sama pak Andre
    Terimakasih telah berkunjung 😀

Mira Miftahul Jannah - May 31, 2015 Reply

Terima kasih…
Sangat membantu:D

Gugun - May 31, 2015 Reply

Cara baca kilat gimana ajarin lah

siti nurhidayah - July 20, 2015 Reply

Your Comment goes here.
saya akan mncoba apa yang disarankan dalam artikel ini,mudah mudahan bisa berhasil..
pengen tau dong gmna cra bacakilatnya?

Monica - August 21, 2015 Reply

Keren. Membantu banget.
Terimakasih Kakak, semoga apa yg Kakak sampaikan ini, bisa menjadi amalan yg tak terputus. Aminn

ibi suganda - August 27, 2015 Reply

setelah membaca nya, pemikiran saya sedikit terbuka, terimakasih bpk agus setiawan.
oh iya gimana Bacakilat for Student?itu bapak

    Ronald Sembiring - August 27, 2015 Reply

    Sama-sama Bu Ibi Suganda
    Terimakasih telah mampir

    JIka ibu berada di daerah Jakarta sekitarnya,
    silahkan mengikuti seminarnya langsung.
    Anda bisa mendaftar di
    http://aquariusseminar.com/bacakilat-students/

    Jika Anda di luar kota, saya sarankan untuk mengikuti
    bacakilat versi online.
    Anda bisa mendaftar di http://bacakilat.com/hsc-2/
    Anda mendapatkan harga Spesil dengan diskon 25 %
    sampai tanggal 28 Agustus 2015

    Semoga bermanfaat bu Ibi 😀

DAVID RICHARDP - August 30, 2015 Reply

apa sih menghapal metode diatas tadi?

    Ronald Sembiring - August 31, 2015 Reply

    @ David Richardp; itu adalah metode menghafal yang diajarkan di kelas bacakilat for student selama 2 hari pak.
    Teknik mengapal ini membuat proses menghapal menjadi jauh lebih mudah.

    Jika Anda ingin tahu teknik ini lebih dalam, Anda bisa mengikuti seminar bacakilat for student
    berikut liknya http://aquariusseminar.com/bacakilat-students/
    atau mempelajarinya secara langsung di buku bacakilat for student

    Semoga dapat membantu pak David

Riswandi - September 4, 2015 Reply

saya mau bisa baca gimana caranya ?

    Ronald Sembiring - September 8, 2015 Reply

    Silahkan mengikuti program Bacakilat Home Study Cource (BKHSC) atau mengikuti pelatihannya secara langsung pak.
    Untuk mendaftar BKHSC, silahkan klik link http://bacakilat.com/hsc-2/

    Semoga bermanfaat 😀

Sean Tiro - September 13, 2015 Reply

wahh….bagus bangat nih sarannya makasih…aku sudah mencoba ini dan sekarang aku masuk dua besar…makasih banget buat website ini

    Ronald Sembiring - September 15, 2015 Reply

    Hi Sean
    Terimakasih telah berbagi cerita sukses 😀

KurniawanRR - September 15, 2015 Reply

saya minta contoh tujuannya dong min.. biar ada sedikit gambaran tujuan berikutnya 🙂

    Ronald Sembiring - September 16, 2015 Reply

    what; saya ingin memahami isi buku (pelajaran yang ingin dibacakilat)
    why; agar saya bisa (impian yang ingin dicapai)

    Semoga bisa memberi Anda pencerahan 😀

Adi Pramana - September 23, 2015 Reply

Setuju dengan isinya, dan sangat membantu, terimakasih

    Ronald Sembiring - September 25, 2015 Reply

    Terima kasih mas Adi

    Sukses Selalu 😀

Raihan - September 25, 2015 Reply

Gimana cara mengatasi saat saya belajar,,setelah beberapa menit pasti saya mengantuk,,gimana saran nya??

    Ronald Sembiring - October 1, 2015 Reply

    Hi Pak Raihan
    Hal utama yang harus Anda lakukan adalah mengatasi masalah belajar dan membaca Anda, seperti malas, cepat mengatuk dll.
    Tidak hanya sampai di situ, Anda harus memiliki cara belajar yang tepat agar tidak mengatasi masalah yang sama sebelumnya. Tanpa strategi belajar yang tepat, kemungkinan besar masalah belajar akan Anda alami lagi.
    Semoga bermanfaat Pak Raihan 😀

Arland - September 28, 2015 Reply

Tolong beritahu saya metode bacakilat, sbentar lagi saya harus menghadapi ujian.. Trimakasih sekali ini sangat membantu, sukses selalu

    Ronald Sembiring - October 1, 2015 Reply

    HI mas Aeland
    Akan sangat teknis dan membutuhkan banyak waktu jika saya menjelaskan di sini mas.
    Langsung saja bergabung di pelatihannya. Silahkan mendaftarkan diri di
    http://bacakilat.com/bfs/

    Semoga bermanfaat 😀

Shafira - October 4, 2015 Reply

semoga saja bisa diatasi :v

    Ronald Sembiring - October 8, 2015 Reply

    Semoga sukses Mbak Shafira 😀

dieni - November 8, 2015 Reply

Aku harus bisa.. bangkit kembli

Trini - November 26, 2015 Reply

spot on. (y)
thanks for the elaboration of laziness. 🙂

usep - November 27, 2015 Reply

bagaimana caranya agar terlepas dari kecanduan handphond? Soalnya klw saya mau belajar pasti harus pegang hp

    Agus Setiawan - November 28, 2015 Reply

    Jangan dipegang. Out of sight out of mind.

hilna wilda - November 29, 2015 Reply

akn q coba, smog berhasil

S.kharomah - December 12, 2015 Reply

Terimakasih,
Semoga bisa membantu saya dalam meningkatkan kemampuan dan dapat melawan kemalasan
Hehehe….

fikri alanshary - December 24, 2015 Reply

Ok maz aq coba terapin .
Sippppp….

    Ronald Sembiring - January 4, 2016 Reply

    Ok bro Fikri
    Saya tunggu cerita Anda

    Terimakasih telah berkunjung ke halaman ini 😀

Rizal Arifando - January 1, 2016 Reply

Saya tanya pak.. klo semisal saya susah belajar tpi gara2 masalah orang tua saya cerai dan ibu saya nikah lagi . . apa yang harus saya lakukan .??? tolong kasih jawaban yang sekiranya lebih spesifik.. karena kebanyakan orang bila saya tanyai selalu jawab “dah ga usah kamu pikirkan orang tuamu” . .gimana saya ga kepikiran klo saya ada di rumah yang merupakan TKP pertengkaran ortu saya .??? kalau saya tidak peduli saya juga takut durhaka.. disisi lain saya juga mau UN . . apa yang harus saya lakukan .????

    Ronald Sembiring - January 4, 2016 Reply

    Sepertinya kasuks bro Rizal unik nih

    Saran yang bisa saya tawarkan kepada Anda adalah, mendamaikan kedua orangtua Anda.
    Karena, dengan mereka berdamai (artinya, mereka tidak “ribut”) Anda bisa belajar dengan lebih tenang.

    Atau cara lain, untuk sementara Anda pindah ke rumah keluarga agar bisa belajar dengan lebih tenang dan menyerap materi pelajaran dengan maksimal.

    Karena, menurut diri Anda sendiri, Anda berada pada posisi yang kurang mendukung

AstyAgustine - January 4, 2016 Reply

Saya sangat terganggu ketika saya belaja,, Yg ada rasa belajar menjadi rasa ingin tidur

    Ronald Sembiring - January 4, 2016 Reply

    Hi Asty
    Agar bisa memaksimalkan proses belajar Anda, maka hal pertama yang harus Anda lakukan adalah mengatasi rasa kantuk Anda.
    Kami membeberkan caranya di workshop bacakilat for student 2 hari.

    Terima kasih telah berkunjung Asty 😀

Lisda - January 10, 2016 Reply

terimakasih atas masukan dan saran yang sangat bermanfaat. Rasa malas memang agak sulit untuk dihindari karna terlalu banyak hiburan yg mengganggu sehingga tak bisa serius dan main-main. Namun berkat rasa khawatir dan takut akan nilai akhir yang diterima akan membuat kita lebih berusaha dalam belajar dan menemukan cara strategi yang baik serta kenyamanan dalam belajar 🙂

    Ronald Sembiring - January 13, 2016 Reply

    Sama-sama Lisda.
    Semoga ujuan kamu sukses dan mendapat nilai sesuai harapan :d

Magfurzubaidi 17 - January 21, 2016 Reply

Sangat bermanfaat banget… sarannya

    Agus Setiawan - January 21, 2016 Reply

    Terikasih 😀

    Senang telah berkunjung ke sini 😀

nurul annisa - February 1, 2016 Reply

Saya pingin belajar giat, tapi diri saya tetap menjadi malas bahkan mau berangkat sekolah pun saya malas. Terkadang saya berfikir kenapa saya begini? Saya pingin sukses fan tujuan saya tersampai semuanya. Tapi rasa malas menghalangi saya. Saya bingung

    Agus Setiawan - February 2, 2016 Reply

    Malas bisa karena tidak punya tujuan yang jelas atau belum cukup bertindak.

junaedi - February 9, 2016 Reply

Mksh min atas RAHASIANYA.

    Ronald Sembiring - February 10, 2016 Reply

    Sama2 Mas JUnaedi

    Terimakasih telah berkunjung 😀

Lia angraini - February 12, 2016 Reply

makasih omm ke lima tipsnya ya .

pusat motor - February 12, 2016 Reply

kebetulan saya lagi malas nih nulis artikel di blog saya … makasih sarannya jadi rajin lagi deah

IRPAN FAUZI - February 16, 2016 Reply

Saya pernah membaca artikel di website bersama teman dan teman saya lebih cepat membaca di bandingkan saya, saya selalu berfikir membaca dengan tenang dan hati hati lebih baik dan mengulangnya ebih bagus agar mendapatkan pemahaman dari apa yang saya bagaimana pendapat anda tentang hal ini?

    Agus Setiawan - February 26, 2016 Reply

    Hi Irpan
    Membaca dengan hati-hati dan mengulang akan membuat proses membaca menjadi tidak efektif. Justru melemahkan motivasi membaca. Yang perlu kita lakukan adalah mengetahui apa yang ingin didapatkan dari bacaan. Ini akan membuat proses membaca lebih efektif.

eni hidayati - February 24, 2016 Reply

thank you so much

    Agus Setiawan - February 26, 2016 Reply

    Sama-sama bu Eni 😀

zuljalali ikram - February 29, 2016 Reply

jadi sebuah motifasi buat untuk berubah dengan saya.

    Ronald Sembiring - March 8, 2016 Reply

    Hi Zuljalali.
    Semoga bisa membantu kamu mencapai target belajar kamu
    Terima kasih telah berkunjung 😀

Heru Julianto - March 1, 2016 Reply

Bagaimana saya lebih giat belajar? Setiap kali saya mau belajar dan sudah membuka buku bukannya membaca atau mengerjakan tugas saya malah menutup kambali bukunya dan malah menonton tv atau main game……
Saya bingung kenapa saya bisa begitu….. dan menghilangkannya bagaimana…….
Saya mohon pendapatnya dan cara menghilangkan rasa malas itu menjadi rajin.

    Ronald Sembiring - March 8, 2016 Reply

    Hi Heru
    Ini adalah masalah emosi dalam belajar dan membaca. Salah satu cara yang bisa Anda bisa gunakan adalah dengan membuat tujuan belajar setiap kali akan belajar.
    Saya tidak bisa menguarikan secara detail teknik untuk mengatasi masalah Anda. Biasanya caranya kami ajarkan di pelatihan 2 hari Bacakilat for Student.

    Anda bisa mengikuti seminar dan pelatihannya. Silahkan hubungi tim kami di 0878 7768 3111 untuk informasi lebih detail.

    Semoga bisa membantu 😀

Ayu diyah ardiningsih - March 10, 2016 Reply

bagaimana agar selalu bersemangat dalam belajar, karena saya rajin dan suka belajar pabila sedang mood, apabila tidak ya tidak ingin belajar

    Agus Setiawan - March 11, 2016 Reply

    Hi Ayu, caranya dengan memiliki goal belajar. Setelah itu kamu harus punya strategi belajar yang tepat untuk membantu pikiran kamu fokus ke tujuan atau goal belajar kamu.

marsel - March 21, 2016 Reply

gw blakangan ini malas blajar, apa lg klo sdang ulang gw bikin contkn, bagaimn cara mngatasinx. Trimaksih…

    Ronald Sembiring - March 21, 2016 Reply

    Hi Marsel
    Pertama, temukan mengapa kamu malas belajar. Lalu atasi rasa malas tersebut. Caranya akan teknis sekali.
    Kedua, kamu belajar bacakilat for student untuk mengatasi rasa malas belajar serta menguasai skill belajar yang jauh lebih efektif dan work untuk memahami satu materi pelajaran

    Untuk informasi seminar dan pelatihannya, silahkan hubungi tim kami di 0878 7768 3111

    Semoga dapat membantu Marsel

januar - March 21, 2016 Reply

makasi admin ,. ini bisa menjadi motifasi dan cara belajar buat saya yang malas belajarnya ., tentunya saya juga.,

    Ronald Sembiring - March 21, 2016 Reply

    Sama-sama Januar
    Terima kasih telah datang berkunjung 😀

      reza burhanuddin - March 27, 2016 Reply

      ketika saya menbaca tulisan panjang ini tidak tahu kenapa saya malah ketiduran…. T_T

        Agus Setiawan - March 28, 2016 Reply

        Hi Reza. Anda bukanlah orang pertama yang mengalami masalah seperti ini.
        Ada beberap tips yang bisa Anda gunakan.
        1. Buat tujuan membaca sebelum Anda membaca
        2. Temukan penyebab mengapa Anda ketiduran saat membaca tulisan panjang.
        3. Saat Anda merasa mengantuk karena tulisan panjang, sadari bahwa hal tersebuat adalah bagian diri Anda. Ingat kembali tujuan membaca Anda

        Semoga bermanfaat 😀

Dzikri - March 29, 2016 Reply

Thank’s For Help

    Ronald Sembiring - April 13, 2016 Reply

    Sama-sama Dzikri..
    Senang telah datang berkunjung 😀

pramana teguh - April 2, 2016 Reply

akhir2 ini saya sering merasa malas, semenjak saya punya laptop sendiri. saya sering menggunakan laptop saya untuk bermain dan hiburan saja, ketimbang buat belajar.padahal awal mulanya beli laptop untuk menunjang belajar. tp malah buat hal2 yg gak ada kaitanya dengan belajar.apa mungkin saya tidak cocok untuk memakai laptop? tolong saranya.. trimakasih..

    Ronald Sembiring - April 13, 2016 Reply

    Hi Pramana, berarti kamu lupa akan tujuan awal kamu membeli leptop itu,bukan?
    Agar leptopnya bisa menunjang belajar kamu, maka kamu perlu membuat tujuan jelas saat akan belajar.
    Tujuan (kejelasan) sangat penting karena akan mengarahkan fokus kamu.
    Selain itu, kamu harus disiplin dan konsisten untuk fokus pada tujuan kamu saat belajar. Dan kesuksesan ini dibutuhkan latihan konsisten lho…

RISNA - April 7, 2016 Reply

Thanks Yha, Artikelx.
Smoga kita semua lbih Bersemangat Lgi BelajarX.
“AKU TIDAK AKAN MENYERAH SEBELUM MENCOBA”

    Ronald Sembiring - April 13, 2016 Reply

    Sama-sama Risna. Sukses belajarnya dan mencapai target belajarnya 😀
    Terima kasih telah datang berkunjung

ayi siti ainun - April 8, 2016 Reply

ini akan sangat membantu untuk saya
dan saya akan mencobanya ,,,, setelah saya membaca ini semangat saya mulai bangkit,,, terima kasih????☺!

    Ronald Sembiring - April 13, 2016 Reply

    Sama-sama Ayi. Terus praktek dan sukses belajarnya 😀

ayi siti ainun - April 8, 2016 Reply

ini akan sangat membantu untuk saya
dan saya akan mencobanya ,,,, setelah saya membaca ini semangat saya mulai bangkit,,, terima kasih????☺!
saya ingin ikut bimbingan online juga

alvan ardiansyah - April 25, 2016 Reply

Kalau sudah tertanam sebuah tujuanya hanya untuk menyelesaikan study saja atau maksudnya (yah jalanin aja)tidak ada semangat dan rasa untuk menjadi juara kls itu harus bagaimana?percuma jika rajin2 karena nnti akan di teruskan ke skolah lain(pindah skolah).

    Ronald Sembiring - May 20, 2016 Reply

    Berarti kamu perlu ganti tujuan yang lebih cocok untuk kamu. Seperti mendapat juara tertentu, misalnya.
    Kamu perlu tahu kalau belajar itu bukan untuk mendapatkan nilai tinggi atau bagus, melainkan untuk kamu terapkan di masa depan.
    Belajarlah untuk menjadi diri kamu terbaik bukan hanya untuk menyelesaikan study saja Alvan

    Semangat Alvan, buat tujuan baru yang bisa membuat kamu termotivasi untuk berprestasi lagi

Mita - April 25, 2016 Reply

Mohon bantuannya ya agar saya tidak malas lagi dalam belajar untuk kuliah :’))

    Ronald Sembiring - May 20, 2016 Reply

    Hi Mita
    Cari tahu alasan mengapa kam harus kuliah?
    Tuliskan sebanyak mungkin. Setelah itu pikirkan apakah alasan itu layak untuk diperjuangkan?
    Jika ia, fokuslah pada tujuan kamu

    Semoga bermanfaat yaaa

muhammad hakam - May 4, 2016 Reply

Aku itu suka belajar tapi gak PD kalau gak bisa….gimana solusinya

    Ronald Sembiring - May 20, 2016 Reply

    Kamu perlu tahu mengapa kamu ga PD Hakam
    Tanya kepada diri kamu sendiri mengapa, setelah itu tanya kepada diri kamu yang kasih tahu alasan mengapa kamu kurang PD, apa yang harus kamu lakukan agar lebih PD.

    Semoga membantu

arif ripaldi - May 5, 2016 Reply

Saya selalu malas belajar karena saya seharian di rumah hanya bermain game online yaitu clash of clans. Tolong bagai mana cara mengatasinya

    Ronald Sembiring - May 20, 2016 Reply

    Atasi keinginan main gamenya Arif.
    Saat akan belajar, buat tujuan belajar agar pikiran kamu mau membantu kamu mendapatkan tujuan membaca kamu
    Setelah itu konsistenlah pada tujuan belajar kamu. Kamu perlu mengatur waktu bermain dengan belajar.

    Jika kamu mau cara yang lebih mudah, silahkan ikuti seminar Bacakilat for Students di kota kamu. Infonya bisa di telpon ke 0878 7768 3111

    Salam, semoga dapat membantu

Hanny istiqomah - May 11, 2016 Reply

Terimakasih pak sarannya. Kalau bisa saya simpulkan di saran bapak. “Tanpa bertindak apalah guna membaca artikel-artikel hanya untuk mengetahui karena penasaran saja”.
Insyaallah semoga saya lebih bersemangat belajarnya. aamiin.

    Ronald Sembiring - May 20, 2016 Reply

    Betul sekali Hanny Istiqomah
    Tidak akan ada gunanya belajar banyak hal jika ia tidak pernah diterapkan

    Sama-sama, semoga dapat membantu ya

James Fang - May 20, 2016 Reply

terimakasih Mr. Agus Setiawan atas artikel yang sngat bermanfaat ini. Gmna cara untuk mndpatkn ebook bacakilat for student scra gratis ??

    Ronald Sembiring - May 20, 2016 Reply

    Sama-sama pak James
    Saat ini Bacakilat for Student hanya tersedia dalam bentuk buku belum ebooknya pak

WUlan - August 18, 2016 Reply

Ulan Pemalas Susah Bgt Nge laWan Rasa Malas Itu…
TAPI Inshaallah Skrg Mau Di Coba!

    Agus Setiawan - August 22, 2016 Reply

    Semoga berhasil ya Wulan

ainani - August 22, 2016 Reply

aku siap!

mersya - August 25, 2016 Reply

nice tips , thank u.

muhammad rizki - September 16, 2016 Reply

akan saya coba

Diah Nasution - September 28, 2016 Reply

Terimakasih ka, Atas sarannya diatas. Ini sangat membantu saya, Tapi sebelumnya saya ingin bertanya. Saya dari awal memang sudah membuat apa tujuan saya buat Kuliah, pada masa-masa awal kuliah saya sangat bersemangat, tetapi lambat daun semakin malas. saya tidak mengerti mengapa bisa seperti ini? padahal saya kuliah disini, adalah keinginan saya dari dulu semasa SMA, saya datang jauh2 buat kuliah di bogor ini. Nah, ka bagaimana nih cara mengatasi hal seperti ini? mudah-mudahan di jawab ya ka. Terimakasih ka Agus 🙂

jeyn - October 23, 2016 Reply

Selamat pagi, pak Agus….

Saya adalah mahasiswi yang menyenangi kegiatan baca sejak SD. Tetapi, problem kemudian muncul pas saya kuliah, tepatnya pada semester 3. Saya menjadi kebingungan sendiri karena setiap kali membaca pasti langsung terpikir “Kenapa harus baca buku ini?” atau “Biar mau dibaca, kemampuan dan pengetahuan juga tetap begitu-begitu saja” Dan ujung-ujungnya pemikiran seperti itu lebih sering membuat saya membeli buku ketimbang membaca. Dan sering juga, karena problem pikiran itu, saya jadi lebih senang membaca novel/komik atau bacaan yang tidak menunjang untuk perkuliahan….

Menurut bapak, cara/metode seperti apa yang mungkin cukup tepat untuk mengatasi problem seperti yang saya alami ini? Mohon bantuannya,Pak Agus Setiawan. Terima kasih….

    Agus Setiawan - October 23, 2016 Reply

    Hi Jeyn,

    masalah yang kamu jabarkan ini tidak diselesaikan dengan metode, tapi membangun kembali kejelasan. Mengapa kamu kuliah mata kuliah saat ini? Apa yang ingin kamu capai 5 tahun mendatang? Apa rencanamu untuk mencapai itu? Bangun kejelasan dalam diri dulu baru mencari metode yang tepat.

      jeyn - October 23, 2016 Reply

      oh… Jadi membuat semacam gambaran tentang yang ingin dicapai serta caranya yah pak? Eum… Baik Saya akan mencoba masukan dari bapak. Terima kasih banyak pak Agus untuk masukannya. 🙂

        Agus Setiawan - October 23, 2016 Reply

        Yup. I wish you good luck. Dan update me kalau bisa.

Rekaneta - October 28, 2016 Reply

cara ini tidak membantu sama sekali

ach jausi - October 29, 2016 Reply

ya sekarang saya tahu, apa yang harus saya lkukan. terimakasih pak agus.

Narissa - November 28, 2016 Reply

Artikel ini sedikit menambahkan semangat belajar dan benar benar mengertipelajar. Terima kasih banyak.

uuuw - November 29, 2016 Reply

GA NGARUH TUH SAMA GUE HAHA

    Agus Setiawan - May 18, 2017 Reply

    Iya, terkadang perubahan hanya akan terjadi buat yang siap. Take your time.

cucut - November 30, 2016 Reply

bismillah

cucut - November 30, 2016 Reply

bismillah akan saya coba dan juga minta suportnya ya..:)

jahid - December 1, 2016 Reply

Terimakasih atas sarannya
Mudah – mudah ini adalah jalan terbaik untuk saya lakukan sekarang

Ade - December 8, 2016 Reply

Trimakasi buat info… tpi saya cuma@hanya tanya kenapa kalo kita udah buka buku mau belajar tapi saya hanya baca2 sampay saya mengrti tapi pikiran dalam saya tidak sampai mengrti uda malas

    Agus Setiawan - May 18, 2017 Reply

    Bangun tujuan membaca yang jelas ya. Cari artikelnya di website ini.

YusNanda indra harahap - January 8, 2017 Reply

artikel yang sangat bagus .. tanks ya

Wik yantin - February 5, 2017 Reply

Saya males banget kalo udah belajar pelajaran yang banyak tulisannya kak, cepet bosen. Tapi kali ini saya akan mencoba tips dari kakak 🙂 makasih tips nyaa. Baca juga Tips Lulus SBMPTN Tanpa Bimbel

Kevin Anrianto - February 17, 2017 Reply

Tapi,supaya kesemangatan dalam belajar tidak akan luntur bagaimana?

    Agus Setiawan - May 18, 2017 Reply

    Selalu punya motivasi yang jelas. Jangan hilangkan pandangan dari motivasi kamu.

Abdiel - February 20, 2017 Reply

Mas , tolong saya agar tidak malas dalam belajar , ini dari tadi saya di omelin terus sama ortu terus , tolong mas bimbingan nya buat saya

    Agus Setiawan - May 18, 2017 Reply

    Hehehe… periksa dalam diri apa yang membuat kamu malas. Apa yang membuat kamu semangat? Jadikan itu motivasi kamu untuk belajar. Malas itu tidak ada obatnya, karena hanya bisa disembuhkan dari dalam. Misalnya pacar kamu ajak kamu putus jika kamu tidak juara, apakah kamu termotivasi? Jika tidak cari pacar lain hahaha.

Eda safitri liani - February 26, 2017 Reply

saya males belajar hari hari ini
bagaimana cara saya mengatasi nya??

    Agus Setiawan - May 18, 2017 Reply

    Periksa apa yang menyebabkan malas? Apakah ada relasi tertentu yang terjadi? Kejadian apa yang menyebabkan mood turun? Apakah sudah membuat tujuan yang jelas? Apakah sudah menjalankan rencana belajar?

Natassya Marchelina Cahya Setyaji - February 28, 2017 Reply

Wiiihhh,,,,,caranya sangat membantu terimakasih ditingkatkan agar jadi lebih baik ya artikelnya ,,,

Julyanaa - March 5, 2017 Reply

ya sekarang saya tahu, apa yang harus saya lkukan. terimakasih pak agus.

tlg bantu doanya juga ya supaya saya bisa masuk yayasan soposurung(amin)

    Agus Setiawan - May 18, 2017 Reply

    Amin, kami semua mendoakan Anda.

Winda febriana - March 20, 2017 Reply

Bagaimana cara agar rajin lagi belajar. Karena saingan yang begitu berat membuat saya jadi malas belajar. Tolong berikan saran

    Agus Setiawan - May 18, 2017 Reply

    Be yourself, buat goal pribadi, tiru apa yang mereka lakukan sampai menjadi saingan terbesar mereka.

Nazil - April 7, 2017 Reply

Kenapa saya sangat sulit belajar ya padahal tujuan saya sudah bulat ingin masuk ranking tapi saya sulit mengerti pelajaran pelajaran yg guru berikan apa lagi MTK tolong solusinya

    Agus Setiawan - May 18, 2017 Reply

    Tenangkan diri, lebih rileks dalam belajar dan mulai berpikir seperti seorang siswa yang pintar, apa yang akan siswa pintar ini lakukan jika menghadapi situasi ini?

dede - April 12, 2017 Reply

tidak membanttu karna masih malas belajar

    Agus Setiawan - May 18, 2017 Reply

    Malas belajar hal utama yang harus dibangun adalah motivasi sendiri. Jika berharap dari luar motivasinya, tidak akan bertahan lama.

Rafi akbar Putra hamzah - April 16, 2017 Reply

Saya mau nanya ?.. biasanya saya sih suka sama belajar demi tujuan yang saya capai tetapi saya kalau belajar itu sangat lama bisa dari jam 7 malam sampai jam 2 mau subuh.. saya juga memaksakan diri saya terkadang ada rasa malas.. jadi pertanyaan saya apakah belajar saya justru membuat saya ada rasa malas karna terlalu lama untuk belajar. ?

    Agus Setiawan - May 18, 2017 Reply

    Iya, jika kita tidak tahu strategi belajar yang tepat, maka kita akan semakin tidak termotivasi. Semua orang tahu bahwa dia harus melakukan apa. Tapi mengapa tidak melakukannya? Karena motivasi yang tidak jelas dan belum tahu bagaimana cara menggunakan strategi yang tepat sehingga bisa melakukannya dengan mudah dan efektif, hemat waktu. Coba pelajari bagaimana Bacakilat for students bekerja dan bagaimana ia bisa membantu kamu belajar dengan cepat.

CAP - April 27, 2017 Reply

Pak, sya mau buat vlok video tentang menghilangkan mamas belajar. Bisa saya ambil contoh dri artikel ini? Kalo disetujui sya dengan senang hati mengerjakan vlok video sya. Mohon tanggapan nya Pak, terimah kasih. 🙂

Andrew H. Sitorus - May 25, 2017 Reply

Thank you very much

Bayu - May 26, 2017 Reply

Terimakasih, ini sangat membantu,,

Putri - July 30, 2017 Reply

Thank you, that is very nice,it’s very help me.

mahkaryacargosurabaya - August 21, 2017 Reply

sangat membantu sekali , terimakasih

Leave a Reply: