5 Rahasia Meningkatkan Kepahaman Saat Membaca

Banner-7

UNDERSTANDING

Pernahkan Anda membaca suatu buku atau artikel namun sulit sekali untuk memahaminya?  Anda sudan habiskan banyak waktu untuk membaca dan mencerna isinya namun rasanya sia-sia. Padahal, apa yang ada dalam bacaan tersebut sangat Anda butuhkan untuk kemajuan karir maupun kehidupan pribadi.  Pernahkah Anda mengalaminya?

Menghabiskan waktu berjam-jam dengan bacaan yang bahkan tak kita pahami isinya memang sangat menyiksa.  Keinginan untuk tahu yang begitu besar tak sejalan dengan kenyataan bahwa tulisan tersebut tak mudah dipahami. Lalu bagaimana agar kita bisa semakin paham pada materi apapun yang kita baca?  Factor-faktor apa saja sih yang bisa membuat kita gampang dan cepat paham dengan bacaan? Nah, disini kami akan kasih tau rahasianya 🙂

Burn, Roe, and Ross dalam http://dandea.blogspot.com untuk meningkatkan kemampuan membaca sekurang-kurangnya ada lima factor yang perlu dibina

1. Potensi Skemata Pembaca

Menurut Piaget, skemata merupakan representasi bentuk dari seperangkat persepsi, ide, dan aksi yang diasosiasikan, dan merupakan dasar pembangunan pemikiran. Skemata selalu berkembang sejalan dengan kapasitas pengalamannya. Dalam perkembangannya skemata sebelumnya merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari skemata baru.

Pengertian skemata ketika dihubungkan dengan teori membaca, menggambarkan proses dimana pembaca mengkombinasikan pengetahuan awalnya dengan informasi baru dalam teks bacaan yang dipahami atau Skemata merupakan bagian dari pengetahuan awal yang menyediakan interpretasi bermakna tentang konten yang baru.

Mudahnya seperti ini.  Ketika Anda membaca buku tentang parenting dan Anda memiliki latar belakang pendidikan di dunia psikologi anak, berarti Anda akan semakin mampu menghubungkan antara pengetahuan baru dalam bacaan dengan apa yang sudah Anda pelajari sebelumnya.

Pengelaman dan pengetahuan yang luas (skemata) merupakan faktor yang sangat penting dalam membaca. Dengan bekal pengetahuan dan pengalaman yang sesuai dengan materi bacaan, pembaca mampu mengenali dan memahami konsep-konsep dan kata-kata yang dibacanya, selanjutnya mampu memahami makna kata-kata tersebut dengan tepat dan cepat. Pengalaman merupakan dasar pembentukan konsep-konsep dan konsep-konsep adalah dasar penguasaan kosakata (perbendaharaan kata).

Berarti, agar semakin memahami bacaan dalam waktu singkat, Anda harus bisa familiar atau merasa akrab dengan apa yang Anda baca.

Setiap manusia memiliki potensi untuk berkembang.  Potensi itu ada dalam diri kita sendiri yang tersimpan dalam memori.  Dalam hal ini, apa yang tersimpan dalam memori itu merupakan pengetahuan dan pengalaman yang dimiliki pembaca ketika sedang membaca sebuah teks yang terkoneksi dengan teks bacaan.

2. Potensi Mengingat

Kemampuan mengingat adalah suatu kemampuan kognisi yang dimiliki oleh setiap orang.  Mengingat sangat diperlukan dalam membaca karena dengan mengingat pembaca dapat mengungkapkan kembali dan menghubungkan antara apa yang dibaca dengan apa yang dipahaminya.  Dengan demikian, di dalam membaca itu bukan menghafal teks tapi memahami isi bacaan.  Dengan memahami isi bacaan seorang pembaca dapat memiliki potensi mengingat yang tinggi.

Lalu bagaimana agar mudah memahami bacaan?

Dapatkan ide atau gagasan yang ingin disampaikan oleh penulis. Tempatkan diri Anda pada posisi penulis. Hal ini juga akan membantu Anda dalam menggali ide penulis lebih dalam lagi. Ini juga dapat bermanfaat saat Anda membaca karya-karya lain dari penulis yang bersangkutan. Namun, jika Anda masih merasa asing dengan tulisan atau penulis tersebut, coba cari tahu karya-karya apa saja yang sudah ia hasilkan. Cari informasi mengenai latar belakang penulis. Perhatikan judul dan subjudul bacaan (jika ada). Baca terlebih dahulu pendahuluan atau runutan terstruktur dari daftar isi secara saksama.

Beberapa buku juga melampirkan ringkasan dari masing-masing bab. Jika ringkasan itu ada, itu juga bisa dibaca lebih awal agar memudahkan Anda dalam memahami bacaan tersebut. Usahakan untuk mendapat gambaran umum dari bahan bacaan.

Apabila buku yang Anda baca termasuk dalam kategori sejarah, biografi, ataupun autobiografi, visualisasikan segala kejadian-kejadian layaknya adegan dalam sebuah film. Gunakan imajinasi Anda. Karakter-karakter apa saja yang terdapat dalam bahan bacaan itu. Bayangkan Anda sedang bercakap-cakap dengan tokoh tersebut, mencoba mencari tahu apa yang dirasakan. Gunakan teknik-teknik yang telah dipelajari dalam mengingat segala sesuatu terutama yang berkaitan dengan fakta. Biasakan untuk melakukan tinjauan di setiap akhir bacaan. Tanyakan kepada diri Anda, informasi apa saja yang mampu diingat setelah membaca bacaan itu. Seberapa banyak informasi yang mampu Anda ingat.

Jenis bacaan seperti jurnal, essay, atau sejenisnya juga dapat diperlakukan hampir serupa dengan kategori di atas. Baca secara saksama ringkasan yang biasanya disajikan di bagian awal bacaan. Pahami gambaran umum yang ingin disampaikan oleh penulis. Pelajari bagian-bagian yang terdapat pada bacaan. Untuk tema atau kategori bacaan yang masih asing bagi Anda, coba temukan istilah-istilah khusus yang masih belum Anda pahami. Selanjutnya, gunakan kamus untuk melihat pengertian atau rujukannya. Kamus yang dimaksud di sini bukan hanya berupa kamus terjemahan yang berkaitan dengan istilah asing, tetapi bisa juga kamus yang berkaitan dengan jenis bacaan, misalnya kamus teknik, kamus pertanian, atau kamus lainnya. Anda perlu mengetahui artinya karena besar kemungkinan istilah-istilah tersebut akan diulang pada bahan bacaan.

Trik Mengingat Bacaan

Mengepal-ngepalkan tangan bukan aktivitas yang gak ada manfaatnya. Menurut studi yang dilakukan peneliti dari Montclair State University, aktivitas tersebut dalam membantu meningkatkan kemampuan mengingat. Tangan kanan yang sering dikepalkan akan membantu membentuk sebuah ingatan di otak. Sementara kalau tangan kiri di kepalkan, bisa merangsang pemanggilan ingatan yang sudah lalu.

Dalam studi ini, peneliti melibatkan sejumlah relawan. Mereka membagi peserta menjadi lima kelompok. Mereka diberi tugas untuk menghafal dan mengingat 72 kata. Masing-masing kelompok diminta untuk berbuat yang berbeda selama menghafal kata. Satu kelompok diminta menghafal sambil mengepalkan tangan selama 90 detik sebelum menghafal, kemudian mengepalkan tangan lagi ketika selesai melafalkan ingatan. Kelompok kedua melakukan hal yang sama tapi dengan tangan kiri.

Sementara kelompok ketiga, mereka menghafal tanpa mengepalkan tangan sama sekali. Kelompok keempat mengepal tangan kiri sebelum melafalkan, dan mengepalkan tangan kanan sebelum melafalkan. Terakhir, kelompok kelima mengepalkan tangan kanan sebelum melafalkan hafalan dan mengepalkan tangan kiri ketika mengingat kata. Hasilnya, kelompok kelima yang mempunyai hasil maksimal dalam mengingat dan memanggil kembali ingatan tersebut. Menurut peneliti, mengepalkan tangan kemungkinan mengaktifkan daerah otak tertentu yang merangsang peningkatan kemampuan mengingat.

3. Perspektif Pembaca

Perspektif membaca merupakan posisi yang sangat menentukan pemahaman seseorang dalam membaca teks bacaan.  Perspektif yang dimaksud adalah pendapat, anggapan, dan tujuan pembaca terhadap teks yang dibacanya.  Seorang pembaca yang memiliki perspektif yang baik terhadap apa yang dibacanya, maka ia akan mudah memahami isi bacaan tersebut.  Dengan demikian, seorang yang ingin membaca sebaiknya memiliki anggapan yang positif terhadap bacaan tersebut dan tentu saja sekaligus memahami isinya.

4. Kemampuan Berpikir

Kemampuan berpikir adalah syarat utama memahami sesuatu.  Untuk memahami isi bacaan diperlukan kognisi.  Kemampuan berpikir yang dimaksud adalah kemampuan memahami, mengingat, menerapkan, menganalisis dan mensintesis tentang apa yang dibacanya. Di sini kemampuan berpikir yang kritis dapat mempermudah seorang pembaca memahami isi bacaannya.

Berpikir merupakan salah satu ciri manusia. Sejak dapat mempersepsi, manusia berpikir dan proses ini terus berlanjut sampai akhir hayatnya. Manusia dianugrahkan oleh sang pencipta dengan pikiran, oleh karena itu kelebihan manusia dibandingkan dengan mahluk ciptaan lainnya adalah ditentukan oleh kekuatan pemikirannya yang diwujudkan dalam perbuatannya, setelah melalui proses penghayatan. Kemampuan berpikir merupakan sekumpulan ketrampilan yang kompleks yang dapat dilatih sejak usia dini.

5. Aspek Afektif

Aspek afektif adalah aspek yang juga menentukan kemampuan seseorang memahami isi bacaan dengan baik.  Afektif adalah sikap seseorang terhadap teks yang dibacanya dengan memiliki sikap yang positif atau dengan kemampuan menanggapi isi teks dengan baik.  Maka akan menghasilkan pemahaman yang baik.  Dalam hal ini, seseorang pembaca yang memiliki sikap positif terhadap bacaan yang dibacanya tentu akan tertarik untuk memahami isi bacaan tersebut secara mendalam sehingga ia pun akan senang membaca teks tersebut.

Demikian tadi faktor-faktor yang dapat membanti Anda untuk lebih memahami bacaan. Apakah Anda pernah punya pengalaman sulit memahami bacaan? Silahkan share di bawah yaBanner-7

 

About the Author

Leave a Reply 55 comments

Titif - June 20, 2015 Reply

Saya sulit mengaplikasikan k buku bacaan . Bagaimana cara merubah pola pikir yang positif ?
Bagaimana cara nya memahami dalam suatu bacaan padahal saya sudah mengingatnya akan tetapi lupa dengan bacaan sebuah buku

    Agus Setiawan - July 6, 2015 Reply

    Membaca adalah hal yang personal. Untuk itu kita perlu memiliki tujuan yang jelas. dan strategi membaca yang efektif. Bacakilat memberikan pendekatan yang mudah, sehingga baca menjadi ringan dan mudah memahami.

    ramlan arifin - September 11, 2015 Reply

    saya senang dan suka membaca tetapi saya juga terkadang tidak memahami dengan baik apa yang saya baca bahkan terkada saya tidak mammpu mengaplikasikanya kira-kira apa solusinya

Nurfad - July 9, 2015 Reply

Bagaimana dengan adanya masalah tidak bisa fokus? Itulah yang membuat saya tidak bisa dengan mudah mengerti bacaan. Saat membaca bacaan bahkan dalam bahasa sehari-hari, kadang saya merasa membaca bacaan dengan bahasa yang benar-benar asing.

Zul Fitrah Ramadhan - August 19, 2015 Reply

bagaimana saya memahami materi yang berupa perhitungan, misalnya perhitungan pajak penghasilan….

    Agus Setiawan - August 23, 2015 Reply

    Semua materi pada tahap bacakilat diperlakukan sama, perbedaan hanya ada pada tahap aktivasi manualnya.

salmina - September 10, 2015 Reply

saya juga trmasuk orang yang sangat sulit memahami sebuah bacaan, apa yang saya baca selalu saya tidak tau padahal saya udah menghabiskan banyak waktu buat membaca, mohon sarannya pak, terima kasih.

    Agus Setiawan - September 10, 2015 Reply

    Hi bu Salmina,
    memahami sebuah bacaan membutuhkan sebuah tujuan yang jelas dulu, kemudian bacakilat akan membantu ibu untuk memahami dengan lebih mudah.

ryan - September 26, 2015 Reply

saya sering membaca tapi apa yang saya baca cepet saya lupa tolong saranya pak

    Agus Setiawan - October 27, 2015 Reply

    Hi Ryan
    Anda bisa melakukan 2 cara.
    Pertama, Anda bisa membuat tujuan membaca.
    Kedua, Anda memindahkan poin penting dari buku
    yang Anda baca ke mind mapping

    Semoga membantu 😀

rahman - September 27, 2015 Reply

bagaimana cara menentukan tujuan membaca buku?

sukma - November 4, 2015 Reply

Saya sngt susah untuk mengingat kmbali apa yg sdah sya baca dan kndala utama jg tdak tahu apa yg bgus untuk dijadikan bahan bacaan.. Ada solusix tdak?

    Agus Setiawan - November 9, 2015 Reply

    Pertama kita perlu memiliki tujuan yang jelas. Kemudian bacakilat akan sangat mudah untuk menyerap buku dengan pemahaman tinggi.

triyatmi - November 19, 2015 Reply

Bagaimana supy anak saya mudah dg cepat menguasai materi hafalan dr sekolah saat harus dibaca dirumah? Usia 8th. Tp begt byk materi hafalan yg hrs dibaca. Sementara anaknya pelan tdk bisa sesegera hafal.trinakasih mohon bantuannya.

    Agus Setiawan - November 27, 2015 Reply

    Bacakilat akan sangat membantunya bu. Saya sarankan ibu belajar bacakilat, dan mengajarkannya kepada anak, bisa via pelatihan langsung atau pelatihan online di onlinecourse.id/bacakilat-hsc

Ernusowi - February 12, 2016 Reply

Kenapa Saya baca atau belajar materi-materi tentang pendididkan dokter saya susah sekali untuk memahaminya, dan ketika dokter ngajar saya tidak konek itu bagaimana dan caranya untuk saya memahami tu seperti apa?

    Agus Setiawan - February 12, 2016 Reply

    Pertama perlu membangun ketertarikan. Kemudian mempelajari dengan tujuan yang personal. Tujuan yang penting buat Anda. Berikan perhatian 100%. Be present. Ada di manapun saat itu dan berikan 100% perhatian

Ernusowi - February 12, 2016 Reply

Dan juga saya susah untuk mengingat kembali apa yang saya baca, sedangkan saya harus menghafal setiap materi yang di berikan oleh setiap dokter/dosen saya.

    Agus Setiawan - February 12, 2016 Reply

    Gunakan mindmapping. Ulangi dengan suara sendiri apa yang disampaikan dosen.

arfan satria - April 7, 2016 Reply

yang di maksud baca kilat . baca yang seperti apa ya pa?

rizal - April 15, 2016 Reply

tujuan bagai mana sih bang, semisalkan kita membaca buku yang berjudul logika tujuanx pasti kitaketahui bahwa tujuan utama supaya tau apa arti dari logika, namun knapa teteap aja di lupa padahal kita sudah ada tujuan kedepannya ingin menjadi orang yang pintar serta cerdas

    Agus Setiawan - July 15, 2016 Reply

    Hi Rizal

    Membuat tujuan harus menjawab 2 pertanyaan
    1. what, berisi hal yang ingin Anda dapatkan dari buku yang ingin dibaca
    2. Why, tujuan personal mengapa Anda perlu membaca buku tersebut. Dengan membaca buku tersebut Anda akan bisa seperti apa

indra - April 23, 2016 Reply

Saya tidak bisa mengingat banyak apa yg baca pa agus, terkadang kalo mau di presntasikan di depa lupa lagi

    Agus Setiawan - July 15, 2016 Reply

    Hi Indra
    Saat akan membaca, buat tujuan membaca terlebih dahulu.
    Setelahnya, catat atau pindahkan ke mindmapping informasi yang Anda anggap penting

Ferdinan Lowen - April 27, 2016 Reply

Saya ijin copy,thanksF

    Agus Setiawan - May 20, 2016 Reply

    Sama-sama pak Ferdinan

    Terima kasih telah datang berkunjung ????

Cinday - May 31, 2016 Reply

Saya adalah seorang Mahasiswi, dan membaca memang adalah salah satu hobi dan rutinitas saya sebelum tidur karena tanpa membaca suatu tulisan saya sulit untuk mengantuk, namun memasuki masa perkuliahan ini saya memiliki kesulitan dalam memahami isi bacaan, meskipun materi tersebut sudah berulang kali saya baca dengan pelan dan seksama namun sperti lalu begitu saja dibanding ketika saya masih duduk dibangku SMA saya jauhlebih mudah mengingat dan memahami materi, apa karena mungkin bahasa yang dipakai terlalu sulit, bagaimana pendapat anda?

Rekki - June 22, 2016 Reply

Mas agus bagaimana kalau bacaannya adalah novel. Tujuan membaca novel apa sih? Terus membuat mind mapping nya gimana kalau novel? Terimakasih

    Agus Setiawan - July 15, 2016 Reply

    Hi mas Rekki

    Saya tidak pernah menyarankan bahkan melarang semua peserta pelatihan saya untuk membacakilat Novel apalagi membuat mindmapping. Cukup baca seperti biasa saja pak

heri - July 3, 2016 Reply

Terimakasih atas informasinya min, sangat membantu..

fatimah - July 9, 2016 Reply

saya kalau membaca harus diulang beberapa kali agar menjadi paham, bagaimana cara mengatasi hal itu?

purnawan - July 22, 2016 Reply

hai. saya dri iputu purnawan, mohon solusinya dong pak, cara memahami kata bahasa inggris dengan cepat dan membuat kalimat dengan benar.

    Agus Setiawan - August 22, 2016 Reply

    Untuk kasus bapak, itu mesti belajar bahasa Inggris langsung Pak
    Bacakilat bisa membantu sejauh memasukkan data ke pikiran bawah sadar Bapak. Efek lain dengan Bacakilat adalah mempercepat proses belajar bapak. Tapi, untuk menyusun kalimat dengan benar, bapak tetap butuh belajar cara menyusun kalimat dengan benar Pak.

Ardi - August 9, 2016 Reply

Mohon jelaskan point ke dua yang percobaan kelompok 1 maksudnya gmn? Agak rancu mas kalau dibandingkan kelompok 5

Padli - September 14, 2016 Reply

Saya sangat gemar membaca tapi ketika saya baca buku untuk selanjutnya saya terkadang lupa dengan buku yang pertama saya baca, dan bagaimana cara untuk mengondisikannya ?

kholil - September 25, 2016 Reply

bagaimana cara membaca buku agar tidak bosan, karna saya sering mengalami itu, ketika saya membaca buku terkadang sulit difahami dan itu membuat saya bosen, ketika saya membaca buku sepertinya kurang menarik tetapi sebetulnya itu sangat penting.

    Agus Setiawan - September 27, 2016 Reply

    Hi Kholil
    Pertam, Anda harus mengetahui gambaran besar akan buku yang akan dibaca. Gambaran besar akan meningkatkan pemahaman Anda akan isi yang Anda baca.
    Kedua, Anda harus memiliki tujuan yang ingin dicapai dengan membaca buku tersebut. Tujuan perlu sangat jelas karena akan menentukan motivasi Anda untuk menuntaskan buku yang dibaca

Gilang - October 2, 2016 Reply

Gimana sih cara nemuin kata kunci dari buku pelajaran yang saya baca

    Agus Setiawan - October 20, 2016 Reply

    Dahulukan kata benda. Dan yang mana kata itu kalau hilang akan merusak makna utama

Jimmy hasyimi - December 23, 2016 Reply

Yang di maksud dengan tujuan itu apa dalam pembahasan ini.
Tolong coba berikan contohnya.

    Agus Setiawan - May 18, 2017 Reply

    Anda membaca sebuah buku itu tujuannya apa? Apa dampaknya? Misalkan kalau mau baca buku Bacakilat 3.0 tujuannya bisa saya ingin memahami dan menerapkan Bacakilat ke dalam setiap buku yang saya baca sehingga bisa menuntaskan semua buku dengan cepat dan pemahaman tinggi.

Julian - January 14, 2017 Reply

kesulitan saya dalam membaca adalah kurang pemahaman dalam kata sulit(mungkin pengalaman saya yang kurang) lalu mata saya yang gak kuat dalam waktu lebih dari 20 menit, sering mengantuk ketika usai 20 menit,

saya ingin tanya juga, berapa lama idealnya menghabiskan 1 buku bacaan?
terima kasih

    Agus Setiawan - May 18, 2017 Reply

    Umumnya jika kita membaca sebuah buku dengan kecepatan 250 KPM (kata per menit) dan rata-rata buku pengembangan diri adalah 50 ribu kata, maka satu buku bisa dihabiskan dalam 200 menit, atau lebih kurang 3 jam 20 menit. Dengan menggunakan Bacakilat, bisa selesai dalam kurang dari 2 jam.

    Mengapa cpat mengantuk, karena kita tidak penasaran dengan isi buku. Karena tidak ada tujuan yang jelas dalam membaca.

rijal - February 13, 2017 Reply

Trimaksih informasinya….

M. Adenurhafidh - February 16, 2017 Reply

Saya mengalami masalah dalam memahami materi kuliah calculus yang berbau hitung2an, sya sngt sulit menyerap ilmu yg diberikan dosen.. Bagaimana cara mengatasinya ya??

    Agus Setiawan - May 18, 2017 Reply

    Belajar dulu di awal. Cari penjelasan lain. Atau cari sumber lain.

falahalfal - April 23, 2017 Reply

thanks info nya… kalo masalah ngantuk gmna ya? biasanya kalo baru membaca hawa-hawa ngantuk tuh udah kerasa jadi nggak konsentrasi..

    Agus Setiawan - May 18, 2017 Reply

    Mengantuk biasanya karena tidak ada tujuan yang jelas. Selalu ada hal yang lebih baik yang bisa dilakukan selain membaca. Dengan memberikan tujuan yang jelas, maka kita bisa menjaga konsentrasi dan energi dengan lebih baik.

eno - June 6, 2017 Reply

pak saya mohon bantuannya sebentar lagi saya akan mengikuti ujian tepatnya tanggal 10 juni 2017 ini. saya harus membaca 5 buku yg begitu tebal untuk waktu yg sangat singkat namun saya terkendala amat sangat sulit memahami bacaan, saya hanya cepat dalam membaca saja itupun menurut saya. mohon arahannya agar saya ujian nanti mendapatkan hasil yang memuaskan. terimakasih

Susanti - June 16, 2017 Reply

sayah suka susah cepat memahami pelajaran”yang sudah di sampaikn oleh guru.
meskipun sayah tau tapi kenapa sulit sekali kata itu buat di ungkapkan.

    Agus Setiawan - August 10, 2017 Reply

    Mulai bangun rasa penasaran. Dan sadari pikiran yang melayang. Kita tidak bisa memahami karena pikiran kita penuh memikirkan hal lain. Jadi mari belajar untuk fokus

Kevin - August 11, 2017 Reply

saya juga hobi membaca. setela saya baca, saya dapt mengingat, bahkan memahami, tetapi tdk semuanya dapt sya ingt dan pahami. mohn solusinya pak

Leave a Reply: