Bagaimana Membaca Seperti Bill Gates

Selamat kepada Bill kembali menjadi orang kaya nomor satu Dunia. Saya rasa bukan rahasia lagi kalau orang kaya, orang sukses selalu membaca. Mengembangkan diri. Membangun diri. Memperbesar diri sehingga visi mereka bisa tercapai. 

Menjadi sukses itu mudah. Menurut T. Harv Eker, seorang multijutawan yang memulai bisnis di bidang fitness dan menjadi salah satu guru sukses dunia. Sangat mudah. Sukses memerlukan kita melakukan hal mudah yang tepat secara terus menerus. 

Saking mudahnya hal-hal tersebut, membuat sebagian besar orang di dunia tidak melakukannya. Mudah dilakukan, juga berarti mudah untuk tidak dilakukan. 

Hanya mereka dengan visi yang jelas, motivasi yang jelas dan kuat yang akan melakukannya. 

Contohnya, siapa yang tidak tahu membaca itu penting. Saya rasa Anda sudah jelas sekali dengan hal ini. Membaca setiap hari adalah kebiasaan orang sukses. Kebiasaan yang menumbuhkan. Kebiasaan yang membangun. Kebiasaan yang membuat kita bisa mengatasi semua tantangan hidup. 

Tapi berapa banyak orang di dunia yang mengatakan tidak ada waktu. Menunggu sukses dan punya waktu luang untuk membaca. Saya kira Anda setuju bahwa orang sukses justru selalu menyiapkan waktu untuk membaca karena itu adalah faktor penting dalam membuat mereka sesukses sekarang. 

Mungkin Anda berpikir kalau Bill Gates khan sudah banyak baca buku. Pasti bacanya cepat dan juga cepat memahami apa yang dibaca. Jadi pastinya membaca akan mudah baginya. Yup. Anda benar untuk hal ini. Biasanya mayoritas orang selalu melihat hasil akhir. Tanpa melihat perjuangan apa yang ada dibalik kesuksesan seseorang.

Bill memang sudah membangun kebiasaan membacanya sejak SMP. Dengan banyaknya buku yang dibacanya sepanjang hidupnya itu, ia membaca menjadi sangat cepat, memiliki banyak sekali referensi dari bawah sadar atau memorinya, sebagian besar buku mestinya mudah sekali dipahami karena wawasannya yang luas. 

Mereka yang membaca banyak buku, akan semakin mudah memahami. Akan semakin cepat menguasai buku yang ia baca. 

Waktu yang terbaik untuk menanam pohon adalah 20 tahun yang lalu. Waktu terbaik kedua adalah sekarang. – Mark Twain

Anda bisa memulai sekarang. Waktu adalah sahabat Anda. Semakin cepat Anda memulai semakin baik dan semakin mudah Anda memahami buku dan menjadikan diri Anda orang yang lebih sukses. 

Pupuk wawasan dari sekarang. Jika Anda serius dengan impian-impian Anda, maka bacalah dan bertumbuhlah. 

Bagaimana Anda bisa membaca seperti Bill, yang memiliki database yang sangat banyak dan membuatnya mudah memahami?

Anda perlu memberdayakan pikiran bawah sadar Anda. Dengan membuat pikiran bawah sadar Anda belajar atau mengenal pola makna yang ada di buku bacaan Anda duluan sebelum Anda membacanya secara sadar, Anda akan membuat buku yang Anda baca menjadi mudah. Anda sudah mengarsipkannya (meminjam istilah dari Napoleon Hill dalam bukunya Think and Grow Rich) ke pikiran bawah sadar Anda isi buku itu, sehingga saat Anda membaca secara sadar isi buku itu akan terasa familiar. Seolah Anda sudah membacanya berkali-kali sebelumnya. 

Itulah cara Anda melakukan hacking sehingga Anda bisa membaca seperti seorang Bill Gates. 

Ceritakan pendapat Anda, apa impian Anda di komentar di bawah ini, saya membaca setiap komentar Anda. 

Mari Bangun Indonesia dengan Membaca

Agus Setiawan

About the Author

Agus Setiawan adalah Founder dari sistem Bacakilat. Bacakilat pertama kali diajarkan di tahun 2009. Dan terus berkembang melaui proses penelitian, pembelajaran dan uji coba ke dalam tim Bacakilat. Dari Bacakilat 1.0 berkembang sampai sekarang Bacakilat 3.0 yang merupakan pendekatan termudah untuk menguasai Bacakilat.

Leave a Reply 4 comments

Erna - September 7, 2015 Reply

Saya setuju. Anak anak sekarang samapi dgn dewasa sdh jarang pegang buku. Tapi gadget. Bagaimana mengaktifkan kembali kebiasaaan itu Anak balita oun sdh pegang gadget. Kalo dulu ada mini book yg menarik. So. What will we do

    Agus Setiawan - September 10, 2015 Reply

    Sampai saat ini pun banyak mini book yang menarik. banyak ditemukan di toko buku gramedia, periplus, kinokuniya, maupun book and beyond. Mulai biasakan baca sebelum tidur. berikan contoh dengan membaca buku juga.

Muhammad Andri - January 1, 2016 Reply

Bagaimana cara manajemen waktu untuk membaca, dan bagaimana sebaiknya memilih buku bacaan yang tepat.?
terimakasih

    Agus Setiawan - January 8, 2016 Reply

    HI Pak Muhammad Andri

    Anda harus menetapkan dengan jelas dan spesifik waktu yang Anda ingin luangkan untuk membaca. Apakah di pagi siang, sore atau malam hari.
    Pikiran bawah sadar bapak akan membantu Anda jika dia tahu dengan jelas apa yang ingin ia capai.

    Untuk pertanyaan kedua, silahkan baca artikel saya di http://bacakilat.com/bagaimana-memilih-buku-yang-tepat/

    Terimakah pak Andri,
    Semoga bermanfaat 😀

Leave a Reply: