Bagaimana Menumbuhkan Minat Baca Anak?

Suatu hari saya menerima email dari seorang ibu sebut saja ibu Wati. Ibu Wati memberikan pertanyaan ini, “Bagaimana menumbuhkan minat membaca pada anak?”

Pembaca, minat membaca sangat penting ditumbuhkan sejak dini. Saya adalah korban anak yang tidak dibina minat baca sejak kecil. Dulu, saya sama sekali tidak suka membaca, kalau teman-teman saya sangat tergila-gila dengan komik, saya tidak suka komik. Aneh? Tapi itulah saya. Saya hanya membaca buku pelajaran, tapi saat ujian saja. 🙂

Untungnya, hidup saya mulai berubah sejak berada di lingkungan yang tepat, maksud saya lingkungan yang bisa membuat saya sadar akan pentingnya pertumbuhan mental dan pola pikir. Di lingkungan itu, saya melihat banyak orang yang gemar membaca dan menulis. Anehnya, mereka tidak membaca sembarang buku, tetapi membaca buku-buku yang memiliki nilai pengembangan diri seperti mindset, skill, dan lain sebagainya.

Pola pikir dan cara pandangan mereka tentang kehidupan sangat berbeda, jadi saya pun tertarik untuk menjadi seperti mereka. Dari situ, saya mulai memaksakan diri saya menjadi orang yang suka membaca.

Menjawab pertanyaan ibu Wati, menumbuhkan minat baca anak harus dimulai dari lingkungan keluarga. Sekarang saya ingin bertanya, apakah ibu atau suami ibu suka membaca? Jika tidak, forget it! Itu sama seperti meminta anak jangan merokok tetapi kita merokok antara ucapan dan tindakan tidak singkron bagaimana anak mau percaya?

So, untuk ibu Wati, dan Orangtua lain yang bertanya seperti ibu Wati, berikut langkah-langkah yang bisa dilakukan:

1. Jadilah role model bagi anak. Anak belajar sangat cepat dengan meniru. Coba ingat-ingat ketika anak Anda masih bayi, dia gampang sekali meniru apa yang Anda lakukan. Begitulah naluri dasar manusia dalam belajar. Siapa role model yang paling tepat? Tentu saja orangtua.

2. Anak perlu ditunjukkan bahwa membaca adalah hal yang menyenangkan, asyik, seru dan sangat berguna. Ini bisa dilakukan dengan menceritakan apa yang telah Anda baca dan betapa Anda senang karena telah mendapat manfaat dari membaca. Anda juga jelaskan bahwa mereka juga bisa memiliki buku yang cocok untuk usia mereka.

3. Perbanyak buku Anda di rumah. Jika bisa Anda punya perpustakaan sendiri atau minimal rak buku. Ini akan menimbulkan bahwa membaca adalah hal yang biasa dan merupakan lifestyle dalam keluarga Anda. Justru aneh jika di dalam rumah tidak ada buku bacaan.

4. Kalau sedang jalan-jalan ke mall, ajak anak Anda mengunjungi toko buku. Jadikan toko buku sebagai tempat rekreasi.

5. Jangan takut bahwa anak akan jadi kutu buku. Santai saja… Tidak ada kutu buku jika bukunya sering dibersihkan. Hehe… Anak yang terlihat kutu buku biasanya karena kurang bersosialisasi. Anda cukup memastikan bahwa anak Anda tidak hanya berteman dengan buku saja tetapi juga punya kehidupan sosial bersama tetangga, teman sekolah, teman les, teman ibadah, dan lain-lain. Social skill pada anak juga bisa dibentuk dengan banyak berkomunikasi antara anak dan orangtua.

Itulah 5 hal yang bisa dilakukan untuk membangun minat membaca pada anak. Semakin dini usia anak semakin mudah Anda menumbuhkan minat membacanya. Kelima cara di atas lebih cocok untuk anak yang sudah lancar berkomunikasi. Jika anak Anda masih balita, tentu ini jauh lebih mudah, Anda cukup sering membacakan cerita dari buku kepada mereka dan biasakan mereka sering bertemu dengan buku. Dengan demikian mereka akan bertumbuh dalam lingkungan membaca.

Saya sangat peduli dengan menumbuh kembangkan minat membaca, karena minat ini akan terbawa hingga sepanjang hidup. Parahnya, minat ini sangat sulit dibentuk lebih sulit dari belajar jalan.

Saya sendiri merasakan banyak perubahan hidup sejak menjadikan membaca sebagai lifestyle saya. Bahkan teman-teman sekitar saya juga mulai terpengaruh dengan habit saya dan jadi ikut-ikutan membaca buku.

Sesungguhnya ada yang lebih menantang dari menumbuhkan minat membaca anak yaitu minat belajar anak di sekolah. Ini yang lebih sulit dan kompleks perlu ada pengetahuan lebih dari Orangtua.

Kami sudah menyediakan sebuah bimbingan online, bagaimana orangtua bisa meningkatkan motivasi belajar anak, membangun konsep diri positif, dan membekalinya dengan teknik Bacakilat.

Anda bisa mengikuti bimbingan online ini dengan mengisi data di kolom bawah ini. Ada BONUS menarik yang bisa Anda dapatkan.






 Khusus untuk Orangtua Remaja

We respect your email privacy

Email Marketing by AWeber

About the Author

Leave a Reply 1 comment

Anton Subakti - December 20, 2013 Reply

Awesome!!!

Leave a Reply: