Butuhkah Kita Skill Membaca?

Perkembangan informasi yang terus berkembang saat ini menuntut kita untuk terus membaca agar tidak ketinggalan informasi. Meskipun banyak informasi yang ditunjukkan di media massa, khususnya TV, tidak bisa mengimbangi informasi dalam bentuk tulisan seperti artikel, koran, majalah dan bentuk tulisan lainnya.

Mau atau tidak, untuk terus up to date, kita “dipaksa” untuk membaca. Sungguh tidak nyaman jika kita hanya duduk manis mendengar teman-teman yang ngobrol serius membahas satu topik yang kita belum ketahui, bukan?

Itulah salah satu sebab mengapa orang-orang berlomba untuk memiliki handpone yang koneksi internet yang bagus. Tujuannya selain memudahkan komunikasi dengan orang baik di sosial media, juga untuk mengakses informasi yang mereka butuhkan di internet.

Kenyataannya, membaca informasi di internet tidak cukup untuk mendukung kesuksesan seseorang. Kebanyakan informasi tersebut hanya bersifat konsumtif, informasi yang hanya bersifat sementara dan akan hilang seiring berjalannya waktu. Selain itu, informasi yang didapatkan di internet hanya memberikan potongan kecil dari informasi besar serta kurang detailnya informasi tersebut.

Media termudah untuk bisa mengakses kepingan besar informasi bisa kita dapatkan melalui buku, pengalaman dan pembelajaran orang lain di bidang yang mereka geluti.

Sudah jelas bahwa buku adalah media termudah yang bisa kita dapatkan daripada pengalaman serta pembelajaran orang lain.

Tapi Anda juga harus menginvestasikan uang dan waktu bukan hanya untuk membeli dan membaca buku saja, tetapi juga mengikuti seminar dan pelatihan yang Anda butuhkan untuk kemajuan diri Anda.

Masalahnya, banyak orang tidak suka membaca. Ini disebabkan oleh banyak faktor, seperti kebiasaan, budaya baca serta proses pembelajaran yang salah.

Untuk membuat membaca menjadi proses yang menyenangkan maka masalah penyebab ketidaksukaan di bidang membaca dan belajar perlu diatasi dan dinetralkan. Cara untuk mengasi hambatan membaca ini bisa Anda dapatkan di sini.

Kembali ke topik, apakah kita benar-benar membutuhkan skill membaca?

Teknik Membaca

Jawabanya bisa macam-macam di lihat dari kebutuhan, kepentingan dan hobi seseorang. Jika Anda seorang pemimpin di perusahaan besar maka Anda akan menjawab ya, karena itu penting untuk karier Anda.

Jika Anda tidak suka membaca, saya yakin Anda akan jawab tidak. Karena tidak ada kebutuhan untuk itu, bukan?

Tapi ijinkan saya memberikan sedikit penjelasan tentang kebutuhan tentang teknik membaca.

Masalah terbesar orang yang tidak suka membaca adalah adanya hambatan mental. Seperti malas, suka menunda, bosan, mengantuk saat membaca buku, sulit memahami isi buku dan alasan-alasan lainnya yang bersifat personal.

Untuk mengatasi hambatan mental ini, solusi pertama yang bisa dilakukan adalah dengan teknik membaca. Semua hambatan mental ini disebabkan karena pengalaman yang tidak menyenangkan tentang membaca itu sendiri.

Inilah kelebihan dari teknik membaca. Saat menerapkan teknik membaca tentunya akan memberikan satu pengalam baru bagi si pembaca. Kebanyakan mereka yang menerpakan teknik membaca akan merasa membaca itu satu kegiatan yang menyenangkan dan tidak “seburuk” yang mereka rasakan selama ini.

Dengan teknik membaca, hambatan emosi yang selama ini kita miliki tentang membaca bisa teratasi dengan sendirinya. Itu poin pertama mengapa kita membutuhkan skill membaca.

Kedua, informasi bergerak begitu cepat. Pasti kita tidak ingin ketinggalan informasi. Masalahnya informasi itu begitu cepat dan sering kali kita sering ketinggalan karena kesibukan dan kepentingan lainnya. Untuk bisa mengejar ketertinggalan informasi tersebut, maka teknik membaca adalah solusi terbaik.

Ketiga, banyak orang sulit memahami isi buku yang mereka baca. Bahkan mereka bisa membaca berkali-kali satu uraian tertentu. Ini juga menjadi penyebab besar mengapa seseorang tidak mau membaca. Mereka kesulitan memahami isi buku.

Penyebanya bisa karena isi buku tersebut baru bagi mereka. Jadi mereka membutuhkan informasi tambahan dari luar agar bisa mengerti informasi yang ada di buku yang sendang mereka baca. Selain itu, banyak penjelasan dari apa yang mereka baca ada di paragraf, halaman bahkan bab selanjutnya.

Mereka belum mengerti karena terus mengulang dan mengulang satu uraian tertentu. Mereka berharap bisa mengerti. Sayangnya, mereka berhenti membaca buku tersebut, bukannya terus membacanya.

Keempat, terlepas dari apakah kita pekerja, pekerja lepas, atau pengusaha pasti ingin hidup di atas rata-rata. Memiliki kehidupan yang bebas, memiliki banyak waktu bersama orang yang kita cintai dan tentunya materi yang bisa menyokong semua kebutuhan dan keinginan duniawi kita.

Untuk bisa mencapai semua itu, pastinya kita butuh untuk terus belajar dari buku-buku yang sesuai dengan pekerjaan kita. Tanpa membaca, sangat kecil kemungkinan bagi kita untuk mendapatkan semua yang kita inginkan.

Karena hanya dengan membaca bukulah banyak ide, masukan dan solusi yang bisa diterpakan untuk menyelesaikan masalah dan meningkatkan taraf hidup.

Ini dibuktikan dengan banyakanya orang sukses yang terus belajar meskipun mereka telah mendapatkan semua yang mereka inginkan, sudah tidak mengurusi bisnis dan bisa menikmati hidup bebas melakukan apa yang mereka inginkan. Untuk mengatasi semua masalah tersebut, teknik membacalah solusi yang paling tepat.

Dengan penjelasan di atas, apakah Anda membutuhkan skill membaca? Saya tunggu tanggapan dan cerita Anda.

About the Author

Leave a Reply 3 comments

Hendras napoli - October 16, 2015 Reply

Apa ada kursus ol baca kilat

Leave a Reply: