Rahasia Agar Ketagihan Membaca

Banner-7

READING MOTIVATION

Motivasi yang tidak total hanya akan membuat kita selalu kalah.

Hal paling penting untuk membangun kecintaan terhadap bacaan adalah dengan memiliki motivasi yang kuat untuk membaca.  Namun sayangnya bagi beberapa orang motivasi tidak mudah muncul begitu saja.  Jika Anda termasuk orang yang sulit menumbuhkan motivasi membaca, beberapa langkah di bawah ini pasti akan berguna untuk Anda.

Mungkin anda merasa heran mengapa banyak orang begitu tegila-gila dengan buku? Bagi Anda yang memiliki banyak teman yang punya hobi membaca, Anda juga tidak habis pikir mengapa teman Anda tersebut begitu mencintai bukunya.  Mengapa banyak orang yang selalu membawa buku atau bacaan kemanapun ia pergi?

Kadangkala juga timbul sedikit perasaan iri.  Mengapa sih kok banyak orang begitu mudahnya menyukai sebuah buku dan hobi membaca sedangkan itu tidak terjadi pada Anda. Mengapa sih begitu banyak orang yang otaknya seakan begitu encer dan cerdas sehingga mudah baginya untuk mencerna isi bacaan.

Anda menginginkan untuk sukses dan mencapai segala yang anda inginkan, tetapi disisi lain Anda juga gemas pada diri Anda yang tidak punya kebiasaan membaca.

Banyak orang yang sering bertanya kepada saya, gimana sih caranya biar kita suka baca? Well terdengar seperti pertanyaan yang mudah saja untuk dijawab. Padahal, menumbuhkan minta baca itu tidak instan.

Memiliki niat untuk suka membaca sudah merupakan hal yang sangat baik.  Bahkan, keinginan untuk mencapai sukses saja merupakan pertanda bagus dalam kehidupan. Artinya kita menginginkan perubahan yang lebih baik dari diri kita.

Karena perubahan tidak mungkin dilakukan tanpa memiliki keahlian, maka penting bagi Anda untuk membaca dan menguasai suatu keahlian dari proses membaca.

Jika niat yang baik untuk memiliki kecintaan terhadap membaca sudah ada, maka langkah selanjutnya bagi Anda adalah tinggal menemukan langkah teknis yang tepat untuk membaca.  Selain itu, Anda juga perlu memiliki motivasi yang total sehingga tidak gampang patah arang di tengah jalan.

Sekarang pertanyaannya. Bagaimana untuk menumbuhkan kecintaan terhadap membaca? Bagaimana agar memiliki hobi atau kebiasaan membaca seperti orang banyak.

Membuat alasan personal

Anda harus menemukan alasan mengapa Anda harus membaca.  Temukan alasan yang membuat Anda semakin terpacu untuk membaca.  Libatkan perasaan Anda dalam menentukan alasan tersebut. Buatlah alasan yang sangat personal.

Jika Anda membaca buku strategi penjualan hanya karena sebatas ingin menambah pengetahuan marketing anda, maka dampaknya tidak akan terlalu kuat pada motivasi Anda.  Namun coba Anda bandingkan dengan yang satu ini.  Anda ingin membaca buku strategi penjualan karena Anda ingin mencapai target omset tertentu dalam tahun ini. Dengan terpenuhinya omset, maka Anda akan bisa mewujudkan impian untuk pindah ke rumah baru tahun depan atau berlibur ke luar negeri bersama keluarga.

Berbeda bukan? Dengan memasukkan unsur perasaan ke dalam alasan, maka motivasi kita akan lebih kuat dalam membaca.

Selanjutnya tuliskan tujuan atau alasan Anda membaca di sebuah kertas. Tuliskanlah sampai 10 alasan. Bayangkan perasaan Anda jika 10 hal tersebut tercapai. Selain itu, jurus ampuh lainnya adalah dengan membayangkan apa akibatnya jika Anda tidak berhasil mewujudkannya. Apa dampak sosialnya bagi Anda? Bagaimana dampaknya terhadap karir dan keuangan Anda jika Anda tidak membaca buku tersebut? Dengan begitu, timbul perasaan survival dalam diri Anda. Ini akan mebuat motivasi membaca Anda akan semakin kuat

Baca buku yang bermakna bagi Anda

Motivasi membaca bisa dipupuk dengan cara mulai membaca hal yang Anda suka.  Pilihlah buku yang menurut Anda menarik dan ingin segera Anda baca.  Ketika minat membaca sudah ada, Anda tentunya tidak mau menggagalkannya bukan? Memilih buku yang salah dan membuat kita tidak bernafsu menyelesaikannya bisa memadamkan minat baca.

Pergilah ke toko buku dan lihat-lihat buku apa saja yang kira-kira menarik untuk dibaca.  Pilih satu atau dua yang membuat Anda paling penasaran.

Selain buku yang Anda suka, pilihlah buku yang paling Anda butuhkan saat ini.  Misalnya ketika Anda merasa ada masalah dengan manajemen waktu, Anda bisa memilih buku tentang cara manajemen waktu yang efektif.  Dengan begitu, Anda bisa langsung menemukan jawaban atas apa yang Anda pertanyakan. Seru kan?

Pernah suatu ketika ada salah satu pembaca buku The Art of Reading yang mengaku bisa menghabiskan buku itu hanya dalam satu kali duduk.  Padahal sebelumnya ia bahkan tidak bisa menghabiskan 1 buku dalam 1 bulan.  Setelah ditanya, ternyata memang ketika itu dia sedang bertanya-tanya tentang cara membaca yang efektif.  Ia memiliki masalah yang saat itu juga bisa dijawab oleh buku The Art of Reading.

Satu hal lagi,  waktu tentunya sangat berharga bagi kita bukan? Nah, untuk itu, jangan pernah baunag percuma waktu Anda dengan membaca buku yang kira-kira Anda sudah tau apa maksudnya.  Untuk itu, kita perlu selektif dalam memilih buku yang akan kita baca.

Buat prioritas membaca

Suatu buku makna dan kegunaannya akan berbeda bagi setiap orang.  Anda harus memiliki ukuran sendiri bagi diri Anda. Kita harus lebih cerdas dalam memilih mana buku yang harus dibaca hari ini. Mana yang harus dibaca besok. Mana buku yang boleh dibaca minggu depan dan mana buku yang lebih baik dibaca akhir bulan.

Nah, agar Anda terbiasa dan lebih cerdas dalam memilah buku yang akan dibaca, ada baiknya Anda terapkan satu hal ini.

Berdasarkan penting atau tidaknya sebuah buku bagi Anda , kita bisa membuat 4 kategori.  Dengan membedakannya dan membuat klasifikasi, Anda akan menjadi jauh lebih efektif dan cerdas dalam menaklukkan daftar buku bacaan Anda. Kita lihat ya J

Pertama. Buku penting dan mendesak untuk dibaca

Kategori pertama adalah buku yang penting bagi Anda dan harus segera Anda baca.  Yang termasuk kategori ini misalnya adalah buku-buku penunjang sebuah ujian yang akan Anda hadapi.  Buku yang berada dalam kategori ini harus Anda selesaikan dalam waktu singkat. Biasanya tidak lebih dari seminggu.  Cara efektif untuk melahap buku ini adalah dengan sistem bacakilat.

Hmm… sekarang coba Anda ingat-ingat lagi, apa agenda Anda dalam waktu dekat yang membutuhkan Anda untuk membaca materinya?  Mungkin Anda harus menyiapkan presentasi dan mencarti data-data terkait misalnya.  Atau mungkin ketika Anda harus menghadapi tes dalam melamar kerja.  Nah buku-buku yang Anda butuhkan untuk menghadapi hal-hal seperti inilah yang termasuk kategori pertama.

Kedua, Buku Penting dan Tidak Mendesak

Yang termasuk dalam kategori kedua ini adalah jenis buku yang Anda butuhkan untuk peningkatan karir dan pengembangan diri.  Sifatnya penting karena tentunya kita ingin lebih sukses dalam karir dan memiliki kepribadian yang lebih berkarakter bukan?  Akan tetapi sifatnya tidak mendesak karena Anda bisa membacanya kapan saja.

Tipsnya adalah, ketika Anda pergi ke toko atau pameran buku, catatlah judul bukunya atau foto covernya agar Anda ingat.  Ini bisa Anda lakukan ketika Anda tidak berniat untuk membelinya saat itu juga.  Kumpulkan daftar buku pengembangan diri yang ingin Anda baca lalu cicillah membelinya satu atau dua lalu selesaikan.  Setelah itu baru Anda bisa beralih ke buku yang lain.

Tidak Penting dan Mendesak

Kategori yang ketiga ini adalah buku yang Anda butuhkan untuk refreshing atau hiburan.  Mengapa dikatakan mendesak? Salah satu kunci agar hidup kita produktif adalah dengan membiarkan pikiran kita tetap enjoy.  Bolehlah sekali-kali kita memanjakan diri dengan membaca novel yang kita suka atau komik yang terbaru.  Biarkan pikiran Anda segar kembali dan kemudian merasa ‘kangen’ lagi untuk baca buku-buku kategori pertama dan kedua 🙂

Tidak penting dan tidak mendesak

Kategori yang terakhir adalah buku yang tidak perlu untuk Anda baca.  Yang termasuk buku ini adalah buku yang sudah Anda tahu atau kuasai misalnya.  Disinilah Anda perlu untuk selektif.  Dengan mengetahui buku apa saja yang masuk dalam kategori ini, waktu Anda akan jauh lebih efisien.

Nah, kira-kira setelah ini, buku apa yang ingin segera Anda baca? Sebutkan judulnya ya 🙂

Jika Anda memiliki teman atau keluarga yang sedang ingin meningkatkan motivasi membaca, artikel ini boleh dibagikan ke mereka. Semoga bermanfaat ya!

Banner-7

About the Author

Leave a Reply 26 comments

naina - February 17, 2016 Reply

sangat mengagumkan

    Agus Setiawan - February 26, 2016 Reply

    Terima kasih Naina
    Terima kasih telah berkunjung 😀

yusuf - March 15, 2016 Reply

trimakasih..artikelnya sangat berguna bgt..

    Agus Setiawan - March 28, 2016 Reply

    Sama-sama pak Yusuf
    Terima kasih telah datang berkunjung 😀

Rizal Asikin - April 28, 2016 Reply

Terimakasih, artikel bpk sngt membantu

    Agus Setiawan - May 20, 2016 Reply

    Sama-sama pak Rizal

    Terima kasih telah datang berkunjung 😀

Farhan - May 12, 2016 Reply

Terimakasih pak motivasinya :3 sangat membantu 🙂

    Agus Setiawan - May 20, 2016 Reply

    Sama-sama pak Farhan

    Terimakasih telah datang berkunjung 😀

Achmad - July 9, 2016 Reply

Terimakasih y pak telah membagi ilmunya

venus - July 22, 2016 Reply

I like this blog

    Agus Setiawan - August 22, 2016 Reply

    Terima kasih Venus 😀

Wahyu Handayani - August 5, 2016 Reply

Terima kasih pak, postingannya sangat beguna dan bermanfaat untuk kedepannya 🙂

    Agus Setiawan - August 22, 2016 Reply

    Sama-sama Pak Wahyu

hendro saputro - September 23, 2016 Reply

Sngt kena di hati
Lngsung termotivasi

lisa - October 9, 2016 Reply

Aku suka baca… Tapi buku yg kuminati banget saat ini harganya mahaaaaal.. Doakan ya… Biar segera dapet..

insan kamil - October 20, 2016 Reply

tenkyou, jadi tau nih haha XD

lala - December 9, 2016 Reply

sangat bermanfaat
like this 🙂

Fadly - January 27, 2017 Reply

Sangat bagus

ucu titim - February 1, 2017 Reply

Ttep aja aku ga bisa
Postingan ini aja ga semuanya aku tamat baca cuma awal 3bait udah gtu :'(

    Agus Setiawan - May 18, 2017 Reply

    hahaha, ayo cari yang membuat kamu semangat membaca.

Wahid - May 16, 2017 Reply

Terima kasih Pak, motivasinya sangat berguna untuk saya. Mudah-mudahan setelah membaca artikel ini minat baca saya semakin tinggi.

    Agus Setiawan - May 18, 2017 Reply

    Yes, semoga semakin semangat

Fitri aps - July 5, 2017 Reply

Sangat membantu sekali :),

Anis Safitri - July 13, 2017 Reply

Intinya hal apa yang perlu kita lakukan untuk tidak bermalas-malasan membaca, pak??
Saya bahkan sering menanyakan orang-orang sekitar bagaimana bisa suka baca.
Ya, bagaimana menghilangkan sifat bermalas-malasan itu pak??. Saya jadi sebal diri sendiri ini.

sebari - July 20, 2017 Reply

ini sangatlah berguna bagi saya untuk merubah hidul saya menjdi orang yang mempunyai hobby membaca.
terimakasih artkelnya

Ahmad - May 8, 2018 Reply

Terimakasih banyak atas pencerahannya, sangat enak dibaca dan jleb langsung ke hati pembaca. Wajarlah seorang penulis handal 👍👍👍👍👍

Leave a Reply: