Apa Semua Buku Bisa Dibacakilat?

Satu pertanyaan yang hampir selalu ditanyakan oleh mereka yang ingin belajar bacakilat adalah, “Apakah semua buku bisa dibacakilat? Atau bacakilat hanya untuk buku-buku tertentu saja?”

Awalnya saya berpikir pertanyaan ini hanya diperuntukkan memuaskan rasa ingin tahu mereka tapi setelah digali lebih dalam, ternyata pertanyaan ini menjadi penentu untuk mereka belajar bacakilat.

Ada banyak kasus di mana mereka yang datang ke bacakilat tidak hanya sekedar ingin membangun kebiasaan membaca atau membuat proses membaca mereka jadi lebih efektif.

Justru sebagian dari mereka menggunakan bacakilat untuk mencapai target mereka. Kebanyakan digunakan untuk menyelesaikan studi dan sebagian yang lain untuk meningkatkan karir di profesi mereka seperti membangun bisnis sendiri.

Dengan bacakilat mereka bisa menyelesaikan perkuliahan dengan tepat waktu dan mencapai IP (Indeks Prestasi) seperti yang diinginkan bahkan sebagian yang lain bisa menyelesaikan skripsi atau tesis mereka yang sudah lama tertunda karena motivasi membaca yang naik turun.

Dan banyak juga cerita tentang bisnis atau karir mereka yang melejit setelah konsisten membaca buku setiap hari.

Mempelajari buku jenis apapun prinsipnya sama saja. Kita ingin memahami isi buku tersebut dan bisa mengingatnya saat informasi itu dibutuhkan.

Masalahnya dengan cara baca biasa atau pak Agus sering menyebutnya baca konvensional sangat sulit untuk bisa memahami isi buku. paling tidak dibutuhkan 6 kali pengulangan agar seseorang benar-benar memahami buku tersebut.

Gambar oleh PourquoiPas dari Pixabay

Baca Konvensional

Cara membaca konvensional yang masih digunakan banyak orang sampai saat ini ternyata memunculkan lebih banyak masalah. Contoh paling umum adalah mengantuk.

Coba ingat seberapa sering Anda mengantuk saat sedang membaca buku? Atau jangan-jangan buku menjadi obat tidur yang justru meningkatkan kualitas tidur Anda hahaha. Ayo ngaku… Saya juga dulu seperti itu.

Masalah lain yang sering terjadi, tidak paham atau lupa dengan apa yang telah dibaca. Ketika Anda sudah berada di akhir bab dan Anda mulai mengingat apa yang sudah dibaca sebelumnya, seberapa sering Anda blank? Anda harus berpikir keras untuk mengingat apa yang sudah dibaca, “Tadi aku baca apa ya?”

Kondisi seperti ini membuat kebanyakan orang tidak pernah menyelesaikan buku yang sudah dibaca. Mereka menjadi pemburu buku best seller, membawa buku baru setiap kali keluar toko buku tapi tidak pernah membaca buku-buku itu. Mereka hanya memajangnya di rak buku pribadi mereka.

Apakah Anda merasa familiar dengan contoh kasus di atas?

Pertanyaanya mengapa hal ini bisa terjadi?

 

Pikiran sadar dan bawah sadar

Cara membaca konvensional hanya mengandalkan pikiran sadar dalam memproses informasi. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh George A. Miller dari Princeton University mengatakan kalau pikiran sadar hanya mampu memproses informasi 5-9 hal per detik.

Sedangkan pikiran bawah sadar mampu memproses milyaran informasi per detik. Bisa Anda bayangkan apa yang terjadi kalau kita memanfaatkan pikiran bawah sadar kita dalam proses membaca?

Pastinya membaca yang selama ini dirasa sangat berat dan melelahkan akan terasa jauh lebih ringan, bukan?

Disinilah letak perbedaan cara baca konvensional dan bacakilat. Baca konvensional hanya mengandalkan pikiran sadar dalam proses membaca dan kita tahu informasi yang diproses sangat terbatas.

Sedangkan bacakilat mengkolaborasikan pikiran sadar dan bawah sadar untuk mendapatkan hasil maksimal dari proses membaca dan belajar.

 

3 langkah teknik bacakilat

Ada 3 langkah dalam melakukan teknik bacakilat. Pertama, tujuan membaca. Tujuan membaca berarti kita membuat tujuan personal mengapa kita perlu memahami isi buku tersebut. Apa yang kita ingin dapatkan dari buku itu.

Ibarat kalau kita ingin membangun gedung, maka tujuan membaca ini adalah blueprint dari gedung tersebut. Di sini kita merancang seperti apa bentuk gedung yang kita inginkan.

Di langkah kedua dari teknik bacakilat adalah langkah bacakilat. Di sini kita membangun pondasi dari blueprint yang telah ditentukan sebelumnya.

Dalam prakteknya, di langkah bacakilat kita hanya membalik-balik halam demi halaman. Di sini kita langsung memasukkan semua informasi yang ada di dalam buku ke pikiran bawah sadar dengan melewati pikiran sadar.

Jadi, kita secara sadar belum tahu apa yang kita sudah bacakilat sebelumnya. Yang tahu itu hanya pikiran bawah sadar saja.

Dan langkah terakhir adalah aktivasi manual. Di aktivasi manual kita membuat pikiran sadar kita memahami apa yang sudah kita baca dengan cara memicu pertanyaan spesifik ke pikiran bawah sadar.

Nanti pikiran bawah sadar akan mengirimkan informasi yang dibutuhkan oleh pikiran sadar. Di sini kita mendapatkan apa yang kita butuhkan dari buku sesuai dengan tujuan membaca.

Di sini kita benar-benar melihat gedung yang telah dirancang. Bentuk nyatanya tertuang di selembar kertas dalam bentuk mind mapping.

Ini bukan selembar kertas semata. Anda bisa menjelaskan isi buku tersebut hanya dengan mengandalkan mind mapping ini.

Dengan mengkolaborasikan pikiran sadar dan bawah sadar akan membuat proses membaca menjadi lebih mudah. Buku bisa dipahami dengan lebih cepat dan ingat lebih lama.

Ini terjadi karena di bacakilat kita membuat pikiran bawah sadar belajar duluan. Ini yang tidak terjadi di cara baca konvensional.

Jadi, inilah kunci belajar yang paling tepat untuk saat ini jika Anda ingin terus meningkatkan diri melalui membaca buku.

 

Oke, kita kembali ke judul artikel di atas, “Apakah semua buku bisa dibacakilat?”

Tentu saja. Selama buku itu ada kontennya, Anda bisa menggunakan bacakilat untuk mempercepat proses belajar Anda.

Ada banyak pengalaman alumni yang menggunakan bacakilat di berbagai jenis buku. Berikut beberapa di antaranya;

Gambar oleh Free-Photos dari Pixabay

Bacakilat buku Filsafat

Sebagai seorang dosen dan pengusaha yang bergelut dalam filsafat, Pak Riko mengikuti pelatihan bacakilat untuk menghabiskan tumpukan bukunya di rumah.

Setelah menghabiskan buku filsafatnya dengan sistem bacakilat, beliau merasa buku itu menjadi sangat mudah dipahami.

Pengulangan pun berkurang jauh. Sekali baca beliau bisa menyerap dan memahami secara mendalam buku filsafat itu.

 

Bacakilat Kamus

Wah Bacakilat kamus banyak sekali  ceritanya. Salah satu saja ya. Seorang karyawan swasta mengunjungi Singapura sebelum belajar bacakilat.

Saat itu, bahasa inggrisnya pas-pasan. Ia merasa sulit memahami dan mengungkapkan apa yang ingin ia sampaikan kepada orang di sana.

Sepulang dari pelatihan bacakilat 3 bulan kemudian. Pak Stepanus membaca kamus bahasa inggris Indonesia yang paling populer di Indonesia berkali-kali.

Selama 2 minggu. Tidak lama berselang, ketika dia sedang ada di halte trans BSD, ia bertemu dengan orang Jerman.

Mereka pun ngobrol dengan sangat seru. Setelah berpisah, beliau baru menyadari bahwa, dari tadi ketika mereka ngobrol, dia menggunakan bahasa inggris. Ngobrol itu dilakukannya dengan santai, tanpa banyak mikir.

 

Bacakilat kitab suci

Ini adalah sebuah pengalaman yang sangat luar biasa. Ada orang yang bacakilat kitab suci Alquran, dan sholat-nya sangat mendalam dan khusyuk, bahkan sampai bisa menghafal ayat-ayatnya dengan mudah.

Ada yang bacakilat kitab suci Injil, setiap kejadian yang bisa membuatnya emosional, selalu ada suara hati yang mengingatkan ayat-ayat suci tertentu yang membuat ia semakin mudah menenangkan diri. Sehingga ia bisa menghadapi masalahnya dengan baik.

 

Bacakilat buku pelajaran

Apakah buku pelajaran bisa dibacakilat?

Tentu saja. Ini sudah dibuktikan oleh banyak alumni bacakilat. Bahkan dengan kesibukan pekerjaan mereka, mereka berhasil menyelesaikan perkulihan mereka.

Bahkan ada yang sudah lama menunda sekripsi dan tesisinya. Salah satunya adalah pak Irwan yang tidak punya semangat untuk menyelesaikan tesisnya.

Dengan bantuan bacakilat, ia bisa kembali menyelesaikan tesisnya lebih cepat dari yang ia harapkan. Anda bisa membaca kisahnya di link ini.

Bukan hanya itu, ada juga bacakilat for students. Bacakilat yang dikhususkan untuk anak-anak sekolah. Mulai dari kelas 6 SD sampai mahasiswa semester 1.

Anda bisa membaca semua pengalaman alumni bacakilat for students akun IG bacakilat for students Jadi kalau anak Anda malas belajar atau prestasinya belum seperti yang Anda harapkan atau Anda tidak ingin anak Anda stres dan banyak mengeluh soal belajar di sekolah, Anda bisa menggunakan teknik bacakilat for students untuk mengatasi masalah anak.

Tapi jangan buru-buru untuk mendaftarkan diri. Lihat dulu hasil seperti apa saja yang didapatkan oleh alumni kami di link ini.

Kalau Anda tidak bisa membuka link di atas, maka Anda bisa melihatnya di instagram bacakilatfs dan buka highlight dengan tulisan #testimonialbfs.

 

Gambar oleh Daria Głodowska dari Pixabay

Bacakilat Novel dan Komik

Apakah membacakilat novel akan mengurangi keseruan dari novel itu? Justru akan lebih seru.

Meskipun pak Agus tidak merancang bacakilat untuk diterapkan di novel tapi ada larangan yang perlu Anda perhatikan di sini.

Sebenarnya untuk baca novel dan komik tidak perlu menggunakan bacakilat. Dengan baca konvensional saja sudah akan membantu Anda untuk menikmati prosesnya. Jadi kalau bisa tidak perlu Anda bacakilat untuk buku-buku jenis ini.

Oh iya, kembali ke hal yang perlu Anda perhatikan, jangan pernah bacakilat novel horor atau pembunuhan.

Karena apa yang kita bacakilat akan masuk ke pikiran bawah sadar. Di bawah sadar, informasi yang sudah masuk akan diproses dan tidak jarang informasi itu muncul dalam bentuk mimpi.

Bisa Anda bayangkan apa yang terjadi kalau Anda bacakilat novel horor atau pembunuhan? Yah, mimpinya Anda tentang horor atau pembunuhan.

Ini akan menguras banyak energi Anda di pagi bahkan merusak mood Anda. Kalau ini terjadi maka akan sangat mempengaruhi produktivitas kerja Anda.

 

Inilah buku-buku yang Anda bisa bacakilat. Bahkan Anda bisa menambahkannya dengan buku-buku yang Anda butuhkan yang belum dimuat di atas.

Coba bayangkan apa yang terjadi kalau Anda bisa membaca semua jenis buku yang Anda butuhkan untuk mempercepat kesuksesan Anda dengan pemahaman tinggi, mengingat isi buku dengan mudah kapanpun Anda membutuhkannya yang hanya membutuhkan waktu lebih kurang 2 jam dengan ketebalan buku 200-300 halaman?

Pastinya Anda memiliki lebih banyak waktu untuk menerapkan pengetahuan yang ada di buku, iya kan? Dan ini adalah kabar baik untuk target yang Anda ingin capai.

Anda bisa melakukan banyak eksperimen untuk benar-benar bisa mendapatkan hasil maksimal dari buku yang Anda baca untuk kesuksesan Anda.

Jadi, kalau Anda ingin menguasai teknik bacakilat ini, Anda bisa mempelajarinya terlebih dahulu sebelum benar-benar menguasainya. Pastikan diri Anda, apakah teknik ini cocok untuk Anda dengan mempelajarinya di link ini.

Anda akan masuk ke satu halaman yang mana Anda harus memberikan nama dan email Anda. Selanjutnya cek email Anda untuk mengakses 3 video tentang cara kerja bacakilat dan enjoy.

Selamat mencoba dan saya menunggu cerita sukses Anda menggunakan bacakilat.

 

About the Author

Leave a Reply 0 comments

Leave a Reply: