Apakah Bacakilat Bisa Digunakan untuk Pelajaran?

Image courtesy of Vlado at FreeDigitalPhotos.net

Image courtesy of Vlado at FreeDigitalPhotos.net

Menjawab pertanyaan Apakah Bacakilat bisa digunakan untuk pelajaran? Jawaban singkatnya YA!

Mari kita bahas sekilas. Dari artikel ini saya ingin mengajak para orangtua yang memiliki remaja untuk ikut membacanya. Karena peran Anda sangat penting untuk kesuksesan dan prestasi anak di sekolah.

Materi pelajaran khan sangat beragam? Apakah bisa? Ada rumus. Ada grafik. Kalau hapalan sih kayaknya bisalah. Itu respon yang sering saya dapatkan dari para orangtua remaja.

Namun, ada juga ketika saya sedang ingin membahas bacakilat untuk buku umum, mereka mengatakan: “Ah, bacakilat mah untuk anak-anak sajalah. Saya sudah tua tidak perlu.”

Halooo?

Anyway, kali ini saya akan membahas buku pelajaran. Dan juga peran orangtua dalam kesuksesan anak di sekolah.

Kalau kita lihat sistem bacakilat awalnya, memang saya khususkan untuk membaca buku umum. Dan orang yang mengikuti pelatihan saya adalah mereka yang memiliki tumpukkan buku dan juga memiliki impian dan merasa harus membaca banyak buku untuk mengembangkan dirinya.

Lalu, pelan-pelan ada siswa yang masuk dan mengikuti pelatihan Bacakilat. Mereka menerapkannya dalam buku-buku pelajaran dan hasilnya memuaskan. Anak-anak remaja ini mendapatkan hasil yang lebih baik. Dengan cara belajar yang lebih santai.

Okay, sekarang mengapa bisa bacakilat membantu pelajaran walaupun isi bukunya ada rumus dan juga grafik.

Cara kerja Bacakilat

Tujuan kita melakukan bacakilat adalah membuat pikiran bawah sadar kita belajar lebih dulu. Memberdayakan kecepatan proses dari pikiran bawah sadar kita, kita merekam (memotret, menyimpan) apapun istilah yang Anda ingin gunakan untuk disimpan dulu di bawah sadar.

Membuat pikiran bawah sadar kita atau memori kita menyadari dan memahami lebih dulu. Supaya ketika kita membaca dengan pikiran sadar, atau dalam sistem bacakilat disebut aktivasi manual, pikiran bawah sadar akan mengirimkan informasi ke pikiran sadar sesuai dengan tujuan dan informasi yang terpicu dan Anda butuhkan.

Sehingga buku itu jadi mudah dipahami dan ringan dibaca. Baik buku pelajaran maupun buku umum.

Ini disebut sebagai preconscious processing. Saya juga membahasnya di artikel Seberapakilatkah bacakilat?

Bacakilat menekankan pada kecepatan pemahaman. Karena dengan paham, kita lebih mudah menghapal. Karena ketika paham, kita bisa menarik penjelasan dari berbagai sudut. Itulah esensi dari membaca. Memahami dan bisa menjelaskan dengan kata-kata kita sendiri. Bisa menyesuaikan kepada situasi bagaimana informasi itu digunakan.

Semenjak tahun 2011 saya mengembangkan variasi dari bacakilat umum yang saya bawakan. Yaitu bacakilat for students. Sebelumnya namanya bacakilat for teens. Namun sejak 2013 ini, di mana kami juga sedang menyusun buku yang akan diterbitkan tahun ini. Kami mengubah namanya menjadi bacakilat for students. Smart Learning Strategy.

Dalam sistem bacakilat for students ini kami membantu para siswa untuk menentukan tujuan sekolah. Lalu menghilangkan hambatan belajar sehingga mereka bisa mengatasi masalah emosi apapun yang akan mereka hadapi di sekolah dan kehidupan.

Lalu memberikan strategi belajar yang efektif. Mulai dari membuat tujuan belajar setiap pelajaran, Bacakilat – membuat pikiran bawah sadar belajar, aktivasi manual – membuat pikiran sadar belajar, sampai menghapal dengan mudah dan cepat serta tahan lama.

Kami?

Ya, kami berdua. Saya mengembangkan bacakilat for students ini berdua dengan rekan saya. Siapa dia? Dia adalah Juni Anton. Mengapa saya bisa mengajaknya? Anton adalah alumni bacakilat angkatan 8. Anton selalu menjalankan sistem bacakilat sampai sekarang.

Saat itu, Anton masih seorang mahasiswa psikologi di salah satu universitas paling populer di Indonesia. Dengan menerapkan Bacakilat ke materi kuliahnya, Anton dengan kegiatan kemahasiswaan yang sangat padat, termasuk menjadi ketua panitia event yang persiapan dan penyelenggaraannya lebih dari satu semester.

Dengan jadwal sepadat itu dan juga materi yang sangat berat, Anton berhasil mendapatkan IPS 4, atau sangat memuaskan selama 4 semester berturut-turut sampai sidang skripsinya pun A.

Dari sana, kami mulai menggodok sistem bacakilat for students ini.

Selain teknik belajar, hal yang sangat mendasar dan penting adalah konsep diri Anak.

So, Jika adik-adik pelajar yang membaca artikel ini, Forward link artikel ini untuk papa mama ya.

Peran Orangtua dalam Kesuksesan Anak

Apa peran orangtua? Orangtua, apakah Anda pernah mendengar, melihat atau mengalami hal ini? Seorang anak yang pintar, tapi begitu saat mau belajar, langsung berubah? Dia jadi malas. Lebih suka main game? Bilang pelajarannya susah dan tidak mau berusaha?

Ini semua karena konsep diri yang tertanam dalam dirinya tidak bagus. Peran orangtua di sini jika sejak awal, maka untuk membangun konsep diri yang baik.

Namun jika sudah terlanjur ada konsep diri yang kurang, maka harus mengetahui cara bagaimana mengatasi konsep diri yang kurang baik itu. Bagaimana mematahkannya, bagaimana membangun kaki-kaki konsep diri yang mendukung kesuksesan anak.

Nah, kami sudah mempersiapkan serangkaian bimbingan online untuk para orangtua agar bisa mengenali anak lebih dalam dari sisi belajarnya, sehingga Anda punya jurus-jurus yang hebat dalam membantu anak Anda belajar lebih optimal.

Saya ingin mengajak Anda ikut bimbingan online ini. Ini gratis, tapi saya ingin Anda serius ikutnya. Perlu menyiapkan waktu lima menit untuk membaca. Dan menyiapkan waktu untuk melakukan tugas-tugas kecil yang kami minta di email.

Semua ini untuk membantu Anda agar kita bisa membantu anak Anda menjadi dirinya yang terbaik.

Jika Anda bersedia, yuk daftar di bimbingan online ini:






 Khusus untuk Orangtua Remaja

We respect your email privacy

Email Marketing by AWeber

About the Author

Agus Setiawan adalah Founder dari sistem Bacakilat. Bacakilat pertama kali diajarkan di tahun 2009. Dan terus berkembang melaui proses penelitian, pembelajaran dan uji coba ke dalam tim Bacakilat. Dari Bacakilat 1.0 berkembang sampai sekarang Bacakilat 3.0 yang merupakan pendekatan termudah untuk menguasai Bacakilat.

Leave a Reply 0 comments

Leave a Reply: