Bacakilat Bohong? Benarkah?

Bagi Anda yang ingin belajar Bacakilat tapi masih ragu, takut kalau program ini bohong belaka, berikut ini saya jelaskan apa itu Bacakilat.

Semoga dengan penjelasan ini, Anda dapat membuat keputusan berdasarkan informasi yang benar dan jelas langsung dari saya (Agus Setiawan, founder Bacakilat), bukan dari orang lain.

Nah kalau membahas Bacakilat bohong atau tidak, setidaknya ada 3 maksud dari bohong ini:

1. Bohong metodenya

2. Bohong pelatihannya

3. Tidak transparan

*****

*****

Sekarang, mari kita bahas maksud bohong yang pertama terlebih dulu yakni bohong metodenya.

1. Bohong metodenya

Dalam iklan Bacakilat, kami selalu menyebutkan bahwa metode Bacakilat akan memastikan kita bisa menyelesaikan buku dengan pemahaman tinggi hanya dalam 2 jam atau kurang.

Apa dasar kami bisa memastikan seperti itu?

Pertama, metode Bacakilat sendiri memanfaatkan prinsip kerja pikiran dalam memproses informasi sebagaimana yang dijelaskan oleh para pakar neurosains.

Prinsip kerja pikiran yang bagaimana?

Bahwa pikiran manusia terbagi menjadi 2 bagian, yakni pikiran sadar dan pikiran bawah sadar, di mana membaca dengan pendekatan biasa/konvensional kita hanya memanfaatkan pikiran sadar kita.

Padahal sebagaimana dijelaskan oleh George A. Miller dari Princeton University, pikiran sadar hanya mampu memproses 5-9 hal per detik.

Keterbatasan pikiran sadar inilah yang membuat baca buku harus mengulang-ulang biar paham betul.

Sedangkan Bacakilat mengorkestrakan pikiran sadar dan pikiran bawah sadar untuk memahami isi buku.

Barusan saya jelaskan bahwa dalam memproses informasi, pikiran sadar hanya mampu memproses 5-9 hal per detik. Namun, ini bukan berarti pikiran sadar tidak dibutuhkan dalam memahami informasi/isi buku.

Pikiran sadar tetap dibutuhkan, yakni untuk membangun pemahaman di level sadar. Namun, agar pemahaman ini kuat perlu disokong oleh pemahaman di level bawah sadar.

Pemahaman di level bawah sadar berfungsi sebagai fondasi pemahaman di level sadar. Dengan disokong fondasi pemahaman bawah sadar, maka pemahaman di level sadar menjadi kuat.

Di samping itu, pikiran bawah sadar juga berfungsi untuk memproses isi buku dalam waktu yang sangat cepat. Ini karena kemampuan processing pikiran bawah sadar adalah milyaran bit informasi per detik.

Jadi tanpa perlu mengulang-ulang, tanpa perlu berhenti untuk mencerna isi buku, seluruh isi buku langsung diproses pikiran bawah sadar dan tersimpan di sana. Dan, pikiran bawah sadar kita pun sudah memahami isi buku tersebut.

Nah selengkapnya, langkah memahami buku dengan metode Bacakilat terdiri dari 3 langkah:

Langkah 1: Tinjauan Awal (5 menit)

Di langkah Tinjauan Awal ini, kita memilih buku yang menjawab kebutuhan kita. Jadi paradigma yang digunakan adalah, kita HANYA membaca buku yang menjawab kebutuhan urgent kita.

Karena, dorongan membaca akan lebih kuat kalau ada kebutuhan urgent untuk membaca buku tersebut.

Sedangkan kalau kita membaca buku yang “suatu saat” kita butuh, artinya kita membaca buku yang tidak terlalu urgent untuk dibaca. Nah tiadanya urgency ini akan membuat dorongan untuk membacanya rendah.

Nah setelah ketemu buku yang urgent untuk dibaca, maka langkah selanjutnya adalah membuat tujuan membaca informasi apa yang ingin kita dapatkan dari buku tersebut.

Dalam membaca buku non-fiksi, selain tingkat urgency, paradigma yang juga perlu dipegang adalah bahwa tujuan akhir membaca adalah untuk menemukan informasi yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan kita.

Jadi dengan paradigma ini, tujuan akhir kita adalah menemukan bagian-bagian yang kita butuhkan dari buku yang kita baca.

Untuk itulah, kita perlu membuat tujuan membaca, informasi apa yang ingin kita dapatkan dari buku tersebut.

Langkah 2: Bacakilat (10 menit, untuk buku dengan ketebalan -+ 300 halaman)

Setelah menemukan buku yang urgent untuk dibaca dan membuat tujuan membaca informasi apa yang ingin kita dapatkan dari buku tersebut, langkah selanjutnya adalah Bacakilat.

Di langkah inilah kita memproses/memahami buku dengan pikiran bawah sadar yang mampu memproses milyaran bit informasi per detik.

Inilah langkah untuk membangun fondasi pemahaman di level bawah sadar.

Dengan langkah ini, pikiran bawah sadar kita hanya memerlukan waktu kurang lebih 10 menit untuk memahami seluruh isi buku yang kita baca, tergantung ketebalan bukunya.

(Waktu 10 menit ini kami dasarkan pada buku-buku pengembangan diri yang rata-rata ketebalannya maksimal adalah 300 halaman. Untuk buku yang ketebalannya lebih dari 300 halaman tentu membutuhkan waktu lebih dari 10 menit untuk membacakilat isi buku tersebut).

Langkah 3: Aktivasi Manual (105 menit)

Setelah kita menghabiskan 10 menit untuk memahami buku dengan pikiran bawah sadar, di langkah terakhir kita membangun pemahaman di level sadar, yakni dengan mendalami semua inti yang kita butuhkan dari buku yang barusan kita bacakilat.

Di samping mendalami semua bagian inti ini, kita juga mencatat bagian-bagian penting ini ke dalam Mindmap.

Mindmap adalah metode mencatat bagian-bagian penting dari buku dengan catatan radial/menyebar.

Dengan mindmap, kita bisa memahami & mengingat gambaran besar isi buku beserta detailnya dengan hanya melihat kata kuncinya saja.

Nah demikianlah penjelasan lengkap bagaimana dengan Bacakilat kita bisa menuntaskan buku dengan pemahaman tinggi hanya dalam 2 jam atau kurang.

Jadi bukan bohong, ya. Karena jelas kami bicara ada dasarnya dan klaim kami pun dibuktikan oleh banyak alumni. Silakan cek halaman testimoni kami untuk melihat testimoni para alumni setelah menggunakan Bacakilat.

 

2. Bohong pelatihannya

Mungkin ada juga orang yang ragu apa benar Bacakilat ini ada workshop-nya atau pun home study course-nya.

Jangan-jangan, nanti sudah bayar, ternyata begitu sampai lokasi workshop nggak ada pelatihan apa-apa. Atau, sudah bayar, eh ternyata nggak ada pelatihan home study course yang bisa diakses.

Anda juga berpikiran yang sama?

Well, untuk menjelaskan ini silakan Anda tanyakan langsung jadwal event Bacakilat terdekat di hotel apa kepada tim kami di nomor telepon: 021 535 9082.

Kemudian, silakan telepon langsung ke pihak hotel apa benar Bacakilat atau Aquarius Learning akan mengadakan event Bacakilat di sana.

Anda juga bisa langsung datang ke alamat kantor kami di:

Bacakilat d/a Aquarius Resources

Jl. Pejuangan no 88 Kompleks Graha Kencana Blok GK unit 6B

Kebon Jeruk Jakarta Barat 11530

No Telp: 021 535 9082

 

Sejarah Bacakilat

Bacakilat diajarkan pertama sekali di Juni 2009 di Sinotif Teenager Camp, sebuah camp yang membantu anak-anak mengenal potensi diri dan dibekali dengan skill dan mindset yang tepat untuk bisa berprestasi di sekolah dan kehidupan nyata.

Kelas pertama ini diisi 70 peserta. Melihat respon positif dari peserta dan orangtua terutama dalam membantu anak dalam proses belajarnya, maka di tahun yang sama di tanggal 14-15 November 2009 pelatihan bacakilat untuk kelas dewasa dimulai.

Di luar Jakarta, Surabaya adalah kota pertama diadakan pelatihan bacakilat. Tepatnya di tanggal 5-6 Desember 2009.

Buku Bacakilat pertama sekali dicetak tahun 2010. Disusul dengan buku The Art of Reading tahun 2012. Selanjutnya buku Bacakilat for Student yang ditulis pak Agus Setiawan bersama Juni Anton di tahun 2014. Dan buku terakhir adalah Bacakilat 3.0 di tahun 2018.

Materi bacakilat melewati lompatan yang luar biasa, mulai dari Bacakilat 1.0 ke Bacakilat 2.0 dan terakhir Bacakilat 3.0.

Jika di Bacakilat 1.0 dan 2.0, dibutuhkan waktu 2 hari full day untuk mempelajari bacakilat, di Bacakilat 3.0 hanya membutuhkan 1 hari full day untuk mempelajari dan langsung mempraktekkan bacakilat.

Di tahun 2011 Bacakilat mulai mengembangkan Certified Trainer Bacakilat dan mulai mengajarkan Bacakilat ke banyak kota-kota besar di seluruh Indonesia. Saat itu ada 3 Certified Trainer yang lolos dan yang bertahan sampai saat ini hanya tinggal 1 orang, yaitu Juni Anton.

Anton adalah partner pak Agus dalam mengembangkan Bacakilat for Students. Anton menerapkan bacakilat ke study-nya di S1 Psikologi dan meraih nilai A dengan jam belajar yang lebih singkat meskipun ia sangat sibuk dengan aktivitas kampus.

Dan mulai tahun 2012, Bacakilat for Students mulai diadakan dan diajarkan oleh Juni Anton sampai sekarang. Bacakilat for Students adalah metode belajar yang bisa digunakan oleh siswa-siswi, mulai dari kelas 6 SD sampai mahasiswa tingkat awal.

Dengan bacakilat for students anak-anak ini bisa belajar lebih santai, lebih singkat, lebih cepat paham, ingat lebih lama dan bebas dari tekanan stres belajar. Dan inilah yang didapatkan alumni-alumni bacakilat for students.

Tahun 2017, Batch kedua Certified Trainer Bacakilat diadakan kembali. Dari 8 Certified, akhirnya 2 Certified Trainer yang terus konsisten memberikan delivery pelatihan terbaik yang lolos.

Dan untuk pembaca buku Non Fiksi umum bisa belajar Bacakilat langsung di Bacakilat Home Study Course atau workshop offline dan online yang diadakan oleh Certified Trainer Bacakilat, Yulius Damyan dan Ricky Widjaja.

Sampai saat ini sudah ada 8823 orang yang mempelajari bacakilat dengan 301 angkatan. Sedangkan di Bacakilat for Students sudah ada 6631 alumni dengan 160 angkatan.

Angka ini pasti akan terus bertambah karena kami secara konsisten terus membagikan Bacakilat dan Bacakilat for Students ke kota-kota besar ke seluruh Indonesia.

 

3. Tidak transparan

Ada 2 jalur untuk mengikuti workshop Bacakilat 1 hari full.

Pertama, langsung daftar workshopnya.

Kedua, mengikuti seminarnya terlebih dulu yang berlangsung 3 jam.

Nah ada sementara orang yang mengikuti seminar 3 jam ternyata tidak mengetahui kalau di seminar kami menawarkan workshop Bacakilat 1 hari full. Dan oleh karenanya, mereka menganggap bahwa pihak penyelenggara tidak transparan.

Mereka berpikir bahwa seminar 3 jam hanyalah ajang promosi workshop Bacakilat yang biayanya jauh lebih mahal.

Mereka mengira bahwa hanya dengan ikut seminar 3 jam sudah bisa menguasai metode Bacakilat. Tapi ternyata di seminar 3 jam belum diajarkan secara detail metode Bacakilat dan cara mempraktikkannya.

Apakah Anda punya kekhawatiran yang sama?

Nah untuk menjawab ini, sebenarnya di halaman sales page kami, kami sudah sangat transparan dalam memberikan informasi bahwa di seminar 3 jam kami belum menyampaikan materi Bacakilat (langkah-langkahnya bagaimana dan bagaimana mempraktikkannya).

Di seminar 3 jam, kami hanya menjelaskan teorinya saja, bagaimana penjelasan ilmiah Bacakilat bisa memastikan kita memahami buku dalam 2 jam atau kurang.

Bisa dikatakan bahwa seminar 3 jam ini adalah tahap dasar untuk menguasai metode Bacakilat.

Materi di tahap selanjutnya tidak mungkin kami sampaikan dalam seminar 3 jam, karena membutuhkan waktu yang panjang untuk menjelaskan step per stepnya. Belum lagi praktiknya.

Oleh karena itulah, step-step Bacakilat dan praktiknya kami sampaikan di workshop Bacakilat 1 hari full. Karena, waktunya lebih memungkinkan.

Kedua, seminar 3 jam ini bertujuan agar Anda bisa memutuskan sendiri apakah metode Bacakilat adalah metode yang Anda butuhkan atau tidak; apakah Anda setuju dengan prinsip kerjanya atau tidak.

Kalau setelah seminar Anda merasa metode inilah solusi yang Anda cari, maka Anda bisa memutuskan untuk mengikuti workshopnya untuk menguasai metode Bacakilat.

Tapi kalau ternyata setelah seminar Anda merasa tidak sreg dengan prinsip kerja Bacakilat, atau Anda merasa metode ini bukanlah yang Anda cari, maka Anda bisa memutuskan untuk kembali ke pendekatan membaca lama Anda.

Tapi, ini bukan berarti di seminar Bacakilat Anda tidak mendapatkan materi lain yang bisa langsung Anda terapkan untuk meningkatkan efektivitas membaca Anda.

Di seminar 3 jam ini, Anda tetap akan mendapatkan materi-materi yang bermanfaat dan bisa langsung Anda terapkan untuk meningkatkan efektivitas membaca seperti:

 

1. Praktik Kondisi Jenius

Kondisi Jenius adalah sebuah teknik untuk memasuki kondisi yang sangat fokus dalam membaca buku.

Dengan teknik ini, Anda akan sangat mudah fokus dalam membaca meskipun di sekitar Anda banyak sekali distraksi yang mengganggu konsentrasi Anda.

Dan efek Kondisi Jenius bisa langsung Anda rasakan saat di seminar. Sepulang dari seminar, Anda bisa langsung mempraktikkan teknik ini di rumah.

 

2. Praktik Accelerated Speed Reading

Accelerated Speed Reading adalah sebuah teknik untuk meningkatkan kecepatan membaca 2 kali kecepatan semula.

Dengan teknik ini, Anda bisa meningkatkan kecepatan membaca Anda. Dan efek teknik ini juga bisa langsung Anda rasakan saat di seminar.

Sepulang dari seminar ini, Anda bisa langsung mempraktikkan teknik Accelerated Speed Reading di rumah.

 

3. Teori Mindmapping

Di samping dua teknik di atas, Anda juga akan belajar teori Mindmapping untuk mencatat bagian-bagian inti buku.

Dengan teknik ini, Anda bisa memahami & mengingat gamabran besar isi buku beserta detailnya hanya dengan melihat kata kuncinya saja.

 

4. 7 langkah membaca efektif

Terakhir, Anda juga akan belajar langkah-langkah untuk meningkatkan efektivitas membaca Anda dengan 7 langkah yang sudah teruji dan sudah dibuktikan oleh ribuan alumni.

7 langkah ini juga bisa langsung Anda terapkan di rumah untuk meningkatkan efektivitas membaca Anda.

 

Kesimpulan

Nah dari penjelasan di atas, jelas, kan, kalau Bacakilat tidak bohong?

So, Anda semakin yakin untuk ikut pelatihan Bacakilat? Jika ya, silakan cek jadwal terdekat workshop Bacakilat di kota Anda di sini: workshopbacakilat.com

Kalau masih ada yang ingin ditanyakan, silakan sampaikan langsung di komentar.

About the Author

Agus Setiawan adalah Founder dari sistem Bacakilat. Bacakilat pertama kali diajarkan di tahun 2009. Dan terus berkembang melaui proses penelitian, pembelajaran dan uji coba ke dalam tim Bacakilat. Dari Bacakilat 1.0 berkembang sampai sekarang Bacakilat 3.0 yang merupakan pendekatan termudah untuk menguasai Bacakilat.

Leave a Reply 0 comments

Leave a Reply: