Berapa Lama Saya Bisa Menguasai Bacakilat?

“Oke, sekarang aku ingin belajar bacakilat. Aku ingin mengefektifkan proses membacaku. Aku ingin sekali baca bisa langsung paham, ingat lama dan menuntaskan buku yang sedang aku baca. Ehh, tapi berapa lama ya waktu yang dibutuhkan untuk menguasai teknik bacakilat?”

Apakah Anda juga mengajukan pertanyaan yang sama karena ingin menuntaskan semua buku yang telah Anda beli yang sampai sekarang belum tersentuh sama sekali karena kesibukan dan motivasi yang naik turun saat membaca buku itu?

Jika iya, maka artikel ini untuk Anda. Dari sini Anda akan tahu berapa lama waktu yang benar-benar Anda butuhkan untuk menguasai teknik bacakilat ini.

Yuk, kita bahas.

 

Teori dibalik menguasai sebuah skill

Ada banyak teori tentang berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menguasai sebuah skill atau menjadi expert di satu bidang tertentu.

Teori yang paling populer untuk menguasai sebuah skill adalah teori yang diajukan oleh Malcolm Gladwell di dalam bukunya Outliers.

Ia mengatakan, untuk bisa menguasai dan menjadi expert di satu bidang tertentu, dibutuhkan waktu lebih kurang 10 ribu jam. Wow, lama sekali yah.

10 ribu jam berarti Anda harus berlatih mengikuti jam kerja orang kantoran, dari jam 9 pagi sampai jam 5 sore selama 5 tahun berturut-turut.

Bayangkan betapa melelahkannya itu. Tidak ada waktu main dan santai. Waktu Anda dihabiskan hanya untuk berlatih.

Bukti yang ditunjukkan oleh Malcolm Gladwell adalah grup band The Beatles yang sebelum mereka terkenal, mereka menghabiskan waktu mereka untuk latihan dan manggung selama 8 jam per hari. Setelahnya, grup band ini sukses luar biasa.

Contoh kedua yang ditunjukkan oleh Gladwell adalah orang terkaya di dunia saat ini, Bill Gates. Menurutnya, sebelum menjadi orang kaya dan terkenal, Gates menghabiskan waktu 10 ribu jam untuk belajar dan berlatih tentang komputer dan dunia bisnis.

Gambar oleh Marco Antonio Reyes dari Pixabay

Deliberate Practice

Usut punya usut, ternyata teori yang diangkat oleh Gladwell berasal dari penelitian panjang yang dilakukan oleh Anders Ericsson. Anders sendiri melakukan penelitin tentang apa yang dilakukan oleh para juara kelas dunia.

Mulai dari jenis latihan, durasi latihan yang dilakukan oleh grand master catur, pemusik seperti Mozart, olahragawan seperti Tiger Wood dan para juara kelas dunia lainnya.

Dari penelitian yang dilakukan oleh Anders ditemukan, para juara kelas dunia ini memang menghabiskan hampir seluruh waktunya untuk berlatih, berlatih dan berlatih. Jadi waktu untuk main dan santai bisa dibilang tidak ada sama sekali.

Mozart sendiri sudah berlatih sejak usia 3 tahun. Bahkan Tiger Wood juga sama. Terlahir dari keluarga pergolf, ia sudah mendapat pelatihan khusus sejak usia 3 tahun dan terus berlanjut sampai ia menyelesaikan pendidikan formalnya.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Anders, Gladwell mengajukan teori 10 ribu jam untuk menjadi expert. Dan teori yang diajukan, boooom, booming dan menjadi acuan banyak orang jika ingin menguasai dan expert di satu bidang tertentu.

Bahkan, Anders sendiri sebagai peneliti awal tidak pernah mengungkapkan berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menjadi expert di bidang-bidang tertentu.

Ia hanya mengatakan kalau para juara kelas dunia ini melakukan latihan yang sangat panjang, tahunan bahkan sebagian yang lainnya sampai puluhan tahun.

Pembaca, kalau Anda diminta untuk menguasai satu skill tertentu setengah dari waktu yang diajukan oleh Gladwell, kira-kira akankah Anda tetap melatih diri untuk menguasainya?

Saya meragukannya. Apalagi kalau Anda sudah memiliki tanggung jawab sebagai orangtua. Siapa yang punya waktu 8 jam per hari hanya untuk berlatih selama 2 tahun setengah.

Dan kabar baiknya, kami tidak akan meminta Anda melakukan hal yang sama untuk menguasai bacakilat. Percayalah, menguasai bacakilat itu tidak membutuhkan waktu yang terlalu lama.

Gambar oleh Karl Egger dari Pixabay

Shortcut menguasai Bacakilat

Pembahasan di poin ini adalah jangka waktu yang kami rekomendasikan ke peserta alumni bacakilat. Setelah ia belajar intensif selama 1 atau 2 hari. Setelah itu ia membutuhkan waktu 20 jam untuk benar-benar bisa menguasai bacakilat.

By the way, dulu bacakilat diajarkan selama 2 hari. Dan sekitar 3 tahun belakangan bacakilat diajarkan selama 1 hari.

Oke, angka 20 jam ini berasal dari penelitian Josh Kaufman yang telah ia tuliskan di dalam bukunya, The First 20 Hours.

Pemikirannya sangat luar biasa dan menginspirasi banyak orang untuk bisa menguasai banyak skill dalam waktu yang relatif singkat.

Oh iya, 20 jam di sini berarti jumlah jam yang Anda kumpulkan selama berlatih.  Semakin cepat Anda memenuhi angka ini akan semakin bagus karena akan menjaga momentum membaca Anda.

Karena semakin sering Anda menunda akan menurunkan momentum dan pada akhirnya Anda tidak akan berlatih.

Dan berdasarkan dari pengalaman kami, alumni yang berhasil melewati 20 jam pertamanya, semua mengatakan kalau mereka bisa melakukan bacakilat secara otomatis, tanpa harus berpikir panjang langkah atau tahapan yang harus dilakukan.

Mereka melakukannya dengan santai, fokus dan mendapatkan tujuan membaca mereka. Apakah Anda mau seperti ini juga?

 

10 buku untuk menguasai Bacakilat

Kalau mengacu pada promise yang kami, menyelesaikan satu buku kurang dari 2 jam dengan ketebalan buku 200-300 halaman. Anda bisa paham dan mencapai tujuan Anda, maka secara teknik, Anda hanya membutuhkan menyelesaikan 10 buku.

Dengan target ini, Anda bisa menguasai bacakilat dalam waktu 3 hari, 5 hari, 10 hari atau 2 minggu. Ini semua kembali ke diri Anda.

Banyak alumni bacakilat setelah mereka selesai workshop bacakilat, bisa menyelesaikan 10 buku dalam rentang waktu di atas. Jadi Anda sendiri yang memberikan target untuk diri Anda. Setiap kali Anda memiliki kendala, Anda bisa langsung mengontak tim atau pengajar baik secara personal atau di dalam grup chat.

Gambar oleh Piotr Wytrążek dari Pixabay

Belajar lewat online course

“Tapi, apakah mungkin bagi saya kalau saya belajar bacakilat lewat online course? Kan saya tidak bisa bertemu langsung dengan pengajar dan tim? Contoh yang ditunjukkan juga adalah belajar secara tatap muka.”

Tentu saja. Karena ada juga orang belajar bacakilat secara online tapi ia tetap mendapatkan hasil yang sama seperti mereka yang mengikuti pelatihan secara tatap muka.

Bedanya hanya dalam proses belajarnya saja. Intinya mereka tetap bisa membaca dengan menggunakan bacakilat. Mereka bisa baca dengan cepat, paham, ingat dan yang pasti menuntaskan buku yang dibaca.

Selama Anda punya niat besar untuk menguasai bacakilat, sepanjang itu kami akan membantu Anda terutama saat-saat Anda mengalami kesulitan dan kebingungan dalam memahami konsep bacakilat.

Oke, kita bahas secara teorinya sedikit, kenapa belajar lewat online pun Anda tetap bisa menguasai bacakilat.

Kalau kita melihat pemikiran dari Josh Kaufman, ia membagi 5 langkah untuk bisa menguasai skill apapun.

  1. Deciding: Memutuskan apa yang ingin dikuasai dan seberapa dalam level kedalamannya.
  2. Deconstructing: Memecah skill menjadi sub-sub skill yang lebih sederhana. Sehingga lebih mudah dan dapat melatihnya secara mandiri.
  3. Learning: Mempelajari konsep dasar teori secukupnya. Sehingga bisa mengevaluasi latihan sendiri.
  4. Removing: Menyingkirkan hambatan fisik, mental, emosional yang menghalangi proses latihan.
  5. Practicing: Melatih elemen sub skill terpenting setidaknya dalam 20 jam.

Dari kelima 5 langkah ini, kita telah mengurai dengan sangat rinci apa saja yang perlu Anda pahami, kuasai, dan latihan apa saja yang harus dilakukan.

Di sini Anda tidak perlu mengelompokkan ke 5 langkah yang Josh sampaikan. Kami telah menyusun materinya secara rinci dan sistematis agar Anda bisa belajar lebih cepat, paham dan bisa langsung diterapkan.

Selain itu dan paling utama menurut kami, saat Anda belajar bacakilat terutama secara online, kami akan membantu Anda semaksimal mungkin agar Anda bisa menguasai skill ini.

Jadi saat Anda mengalami kebingungan atau membutuhkan penjelasan lebih detail tentang satu topik tertentu, dengan senang hati kami akan menjawab pertanyaan Anda.

Anda akan masuk ke grup tertutup bacakilat di facebook. Anda bisa bertanya di sana tentang hal yang Anda tidak pahami atau bertanya secara private ke pengajarnya.

Ini adalah bentuk komitmen pak Agus selaku founder dari Bacakilat agar setiap orang yang belajar bacakilat bisa benar-benar mendapatkan manfaat sempurna dari teknik membaca ini.

So, kalau Anda ingin langsung menguasai bacakilat, terutama jika Anda baru mengetahui dan belum terlalu paham akan bagaimana cara kerja teknik ini, jangan buru-buru untuk membelinya.

Saran saya, pelajari dulu teknik baca ini. Setelah Anda mempelajarinya, mendapatkan pemahamannya secara utuh, barulah Anda putuskan, apakah akan menggunakan bacakilat untuk mengefektifkan proses membaca Anda atau tidak.

Agar Anda bisa mendapatkan pemahaman lengkap tentang bagaimana cara kerja bacakilat, Anda bisa mengklik di sini dan Anda akan diarahkan ke satu halaman. Di situ Anda akan diminta untuk memasukkan nama dan email. Setelah Anda submit, link video materi akan dikirimkan lewat email. Anda bisa mengklik di sini.

Selamat belajar dan mari selesaikan tumpukan buku yang telah dibaca.

About the Author

Leave a Reply 0 comments

Leave a Reply: