Bisakah Motivasi Belajar Anak Meningkat Dengan Teknik Belajar Bacakilat For Student?

Motivasi Belajar

Apakah tekanan darah Anda naik turun memotivasi anak untuk belajar? Apakah anak Anda memiliki semangat juang yang rendah dalam belajar? Anda telah menggunkan segala cara untuk memicu anak agar termotivasi dalam belajar. Di awal, anak memang termotivasi tetapi setelah dua hari kemudian, motivasi anak turun lagi dan di hari ketiga anak kembali pada pola prilaku lama, di mana anak tidak termotivasi dalam belajar. Bila anak Anda mengalami hal ini, Anda wajib membaca tulisan ini.

Masalah motivasi belajar pada anak didik sudah menjadi masalah umum di masyarakat saat ini. Bukan hanya di sekolah kecil, bahkan pelajar di sekolah favorit juga mengalami hal yang sama. Motivasi memiliki pengaruh yang sangat besar dalam mendorong, menggerakkan, dan pengarah  seseorang saat melakukan satu tindakan. Itulah mengapa anak membutuhkan motivasi yang stabil dalam belajar agar bisa mendapatkan hasil belajar yang memuaskan.

Kita akan membahas apa yang menyebabkan anak memiliki motivasi yang rendah dalam belajar? Selanjutnya bagaimana cara memicu anak agar memiliki motivasi belajar yang stabil yang akan membantu mereka menguasai materi pelajaran?

Baiklah, untuk memulai artikel ini, kita akan melihat penyebab umum mengapa anak memiliki motivasi rendah dalam belajar. Setelah itu apa yang bisa Anda berikan agar anak bisa memiliki motivasi yang baik dalam belajar.

Penyebab Motivasi Rendah Belajar Pada Anak

Berikut adalah beberapa penyebab anak mengalami masalah motivasi yang rendah dalam belajar.

1. Tidak memiliki tujuan belajar

Pernahkan Anda pergi ke satu tempat tanpa mengetahui apa yang akan Anda lakukan di sana? Apa yang akan Anda lakukan saat tiba di tempat tujuan? Anda pasti akan bingung dan bertanya-tanya “untuk apa saya ke sini? Apa yang harus aku lakukan?” pikiran Anda akan memberikan banyak pertanyaan dengan jawaban yang tidak pasti. Akhirnya Anda akan bingung sendiri bukan? Pastinya dengan memiliki tujuan akan sangat membantu Anda dalam mendapatkan apa yang Anda butuhkan daripada tidak memiliki tujuan sama sekali.

Sama dengan anak dalam belajar, ketika mereka tidak memiliki tujuan maka akan sangat sulit untuk memotivasi mereka untuk mau belajar. Kebanyakan orangtua dan pendidik tidak pernah mengajarkan kepada anak bagaimana pentingnya memiliki tujuan dalam belajar. Pola lama yang selalu dimainkan dengan melakukan proses belajar tanpa membuat tujuan terlebih dahulu.

Apa sih pentingnya memiliki tujuan dalam belejar? Dengan memiliki tujuan akan sangat membantu anak dalam proses menjaga fokus dalam belajar. Fokus inilah yang sangat dibutuhkan untuk memahami materi pelajaran. Dengan memiliki fokus yang baik akan membantu anak menyerap materi pelajaran yang disampaikan oleh guru di kelas.

Fokus ini dari mana datangnya? Mengapa saat dibuat tujan anak bisa menjadi fokus dalam belajar? Fokus ini berasal dari pikiran bawah sadar. Pikiran bawah sadar inilah yang membuat anak bisa menjaga fokus saat belajar. Ulah dari pikiran bawah sadarlah yang membuat anak memiliki motivasi yang rendah dalam belajar.

Bila ingin meningkatkan motivasi belajar anak, Anda harus mengedukasi pikiran bawah sadarnya agar mendapatkan perubahan dan hasil yang diinginkan dengan cepat. Ini sesuai dengan hukum pikiran bahwa pikiran bawah sadar memiliki kekuatan 88% dan pikiran sadar 12%. Perbandinganya adalah 9:1. Inilah yang membuktikan bahwa untuk berubah bukanlah hal yang mudah karena kekuatan pikiran bawah sadar yang begitu kuat.

Bila hanya menggunakan teknik biasa dalam mengubah kebiasaan belajar anak pasti akan sulit dilakukan, tetapi bila menggunakan teknik yang bisa menyentuh pikiran bawah sadar akan memberikan dampak positif pada anak yang bisa mengubah beberapa aspek kehidupan sekaligus yang Anda tidak akan bisa bayangkan.

2.  Manfaat buat anak

Setiap melakukan sesuatu, pikiran bawah sadar akan selalu bertanya”apa pentingnya ini buat saya?” Bila pertanyaan ini tidak bisa dijawab sudah pasti pikiran bawah sadar tidak akan mau melakukan satu tindakan. Ini sesuai dengan sifat pikiran yang menerapkan hukum ekonomi “mendapatkan untung sebesar-besarnya dengan mengeluarkan upaya (energi) sekecil-kecilnya.”

Contoh, pernahkan Anda melalukan sesuatu hal, kegiatan atau apa saja tanpa merasa kelelahan dan tidak mau mempedulikan kesehatan Anda? Bahkan ketika diminta untuk berhenti pun Anda tidak bisa melakukanya karena terlalu asik dengan kegiatan tersebut?

Apa yang memotivasi diri Anda sehingga Anda mau melakukanya? Satu hal yang pasti adalah, Anda mengetahui manfaat dari apa yang Anda lakukan. Inilah yang mendorong Anda untuk melakukannya lagi dan lagi tanpa merasa Anda kelelahan.

Hal yang sama terjadi pada anak saat mereka mau belajar. Dengan tidak mengetahui manfaat dari apa yang mereka pelajari membuat pikiran bawah sadarnya tidak mau bekerja sama membantu anak mendapatkan apa yang anak sebenarnya butuhkan saat belajar. Ini akan berimbas pada motivasi yang rendah saat belajar.

3. Aplikasi dari belajar

Manfaat yang anak tahu dari belajar adalah mendapatkan nilai baik dan bisa membuat orangtua mereka bahagia dengan prestasi cemerlang yang mereka capai. Permasalahanya anak tidak tahu apa yang bisa mereka terapkan dari pelajaran yang mereka pelajari. Inilah yang jarang orangtua dan pengajar ketahui. Mereka menyuruh anak untuk menghapal pelajaran tanpa memberitahukan apa aplikasi dari pelajaran yang sedang mereka pelajari. Saat anak mengetahui apa aplikasi yang bisa diterapkan dalam belajar, secara tidak sadar akan menarik motivasi anak untuk mau belajar lebih dalam tanpa harus diminta untuk belajar.

4. Lingkungan anak

Tahukah Anda motivasi belajar yang rendah adalah sebuah “penyakit” menular di sekolah? Sama seperti kantuk. Saat seseorang mengatuk bisa menularkan kepada orang lain yang melihatnya.Inilah penyebab dari luar diri anak mengapa anak memiliki motivasi belajar yang rendah.

Pergaulan anak sangat mempengaruhi anak dalam meningkatkan motivasi belajarnya di sekolah. Anak yang bergaul dengan siswa yang memiliki prestasi dan minat belajar yang baik akan memiliki minat belajar yang baik pula, tetapi anak yang bergaul dengan murid yang memiliki minat belajar yang rendah akan memiliki minat belajar yang rendah juga.

Bila anak Anda memiliki motivasi rendah dalam belajar maka Anda perlu mencari tahu bagaimana pergaulan anak di lingkungan sekolah. Bila hal ini sudah Anda ketahui, maka akan lebih memudahkan Anda untuk mengatasi masalah yang dihadapi oleh anak.

Inilah beberapa penyebab umum mengapa anak memiliki motivasi yang rendah dalam belajar baik di sekolah ataupun di rumah.

 Melejitkan Motivasi Belajar Anak

Anda sudah mengetahui apa yang membuat anak memiliki motivasi rendah dalam belajar. Sekarang kita akan membahas cara membuat anak bisa memiliki motivasi yang baik dan bertahan lama dalam belajar. Berikut cara meningkatkan motivasi belajar yang tepat yang bisa Anda terapkan pada anak.

1. Memiliki tujuan belajar yang tertulis

Ini hal yang perlu Anda lakukan terlebih dahulu sebelum anak memulai belajar. Anda bisa membantu anak membuat tujuan dalam belajar. Ketika membuat tujuan, sebaiknya Anda membuat tujuan setiap mata pelajaran yang dipelajari di sekolah. Dengan memiliki tujuan yang jelas, pikiran bawah sadar anak akan membantu dalam memberikan fokus dalam belajar serta menjaga motivasi anak tetap stabil.

2. Mengetahui manfaat dari belajar

Ketika anak bisa mengetahui apa manfaat yang bisa mereka dapatkan dari belajar, yang bisa membantu di dalam kehidupan mereka, secara tidak langsung akan menumbuhkan rasa ingin tahu anak. Pikiran bawah sadar anak akan menilai bahwa apa yang dipelajari itu penting. Jadi harus menjaga fokus agar informasi yang diberikan oleh guru tidak terlewatkan. Ini akan menciptakan motivasi intrinsik dalam diri anak. Dengan begitu, orangtua tidak perlu memberikan banyak energi dalam meminta anak belajar baik di rumah atau di sekolah.

3. Menerapkan aplikasi pelajaran dalam hidup

Ini mungkin akan sedikit kesulitan untuk dilakukan oleh orangtua yang mungkin kurang memiliki pemahaman yang cukup tentang semua materi pelajaran yang dipelajari anak di sekolah.

Bila hal ini terjadi, anak bisa dibimbing dengan adanya media yang sangat canggih saat ini. Anak bisa mencari tahu melalui prof gogle atau bertanya langsung kepada guru tentang aplikasi dari apa yang dipelajarinya di sekolah. Selain itu, orangtua juga bisa mencari tahu informasi ini lewat internet atau bertanya kepada orang yang lebih memahami. Tujuanya, agar orangtua bisa mengetahui tahap perkembangan anak dalam aplikasi pelajaran dalam kehidupan nyata.

4. Metode belajar

Banyak sekali metode belajar yang bisa diterapkan untuk anak, untuk mendongkrak motivasi belajarnya. Satu hal yang wajib Anda ketahui tentang metode belajar adalah metode belajar yang efektif adalah metode belajar yang bisa menggunakan kemampuan alami anak. Artinya anak bisa dengan gaya belajar apa saja mengunakan satu atau lebih metode belajar tanpa harus mengalami kesulitan menggunakannya dan yang lebih penting adalah metode belajar tersebut menggunakan kemampuan otak anak yaitu pikiran bawah sadar anak.

Satu metode belajar yang saya sarankan untuk diberikan untuk anak Anda adalah metode belajar Bacakilat For Student. Metode belajar ini akan membantu anak dalam menyerap materi pelajaran yang anak pelajari di sekolah. Selain itu metode belajar ini juga menggunakan kemampuan alami anak, yaitu menyeimbangkan otak kanan dan kiri serta pikiran bawah sadar anak. Bila Anda tertarik mengetahui Bacakilat For Student lebih dalam, Anda bisa lihat di sini atau langsung mendaftarkan diri Anda ke bimbingan online secara gratis, sehingga Anda bisa mendapatkan pemahaman yang jelas tentang Bacakilat For Student.

Kesimpulan

Lalu bagaimana Bacakilat For Student bisa meningkatkan motivasi anak dalam belajar?

Bacakilat For Student adalah salah satu metode (strategi) belajar dengan teknik membaca yang unik. Keunikan dari metode belajar ini adalah penerapan yang berbeda dengan metode belajar lainya. Metode ini lebih menggunakan kemampuan pikiran bawah sadar yang belum banyak digunakan saat ini. Dengan menggunakan pikiran bawah sadar lebih memudahkan anak dalam belajar dan menyerap materi pelajaran yang dipelajari.

Keuntungan lain dari metode belajar ini adalah anak bisa menghemat waktunya dalam belajar. Kebanyakan anak belajar berulang-ulang agar informasi yang dipelajari dan dihafal bisa masuk ke memori jangka panjang (pikiran bawah sadar). Dengan menggunakan metode Bacakilat For Student semua informasi yang anak baca dan pelajari langsung masuk ke memori jangka panjang (pikiran bawah sadar) yang akan diproses dengan teknik lain untuk anak bisa pahami satu informasi yang telah dimasukkan ke pikiran bawah sadar. Inilah sedikit kelebihan dari metode belajar Bacakilat For Student yang bisa Anda terapkan untuk anak Anda.

Motivasi anak akan meningkat bila anak bisa menerapkanya dalam pelajaran di sekolah. Dengan pemahaman materi yang lebih mudah bagi anak, membuat anak bisa menjawab semua pertanyaan yang guru berikan saat ujian tiba. Alhasil, anak mendapatkan nilai belajar yang memuaskan yang akan menumbuhkan rasa percaya akan kemampuan sendiri dan motivasi anak akan meningkat dengan sendirinya.

Inilah yang anak Anda bisa dapatkan dengan metode belajar Bacakilat For Student. Anak akan lebih menikmati proses belajar di sekolah. Secara tidak langsung meningkatkan motivasi anak dalam belajar. Siapkah Anda meningkatkan motivasi belajar anak Anda dengan teknik Bacakilat For Student? Berikan komentar Anda.

About the Author

Leave a Reply 2 comments

Amrullah - March 25, 2016 Reply

very good for me goodby

    Agus Setiawan - March 28, 2016 Reply

    Sama-sama Amrullah
    Terima kasih telah datang berkunjung 😀

Leave a Reply: