Cara Sukses Memotivasi Anak Berdasarkan Tipe Kecerdasannya

KIDS INTELLIGENCE

Salah satu hal paling penting untuk bekal kesuksesan seorang anak adalah tumbuhnya motivasi yang besar dalam diri mereka. Akan tetapi, tidak semua anak dengan mudah menemukan motivasi dalam diri. Tugas kita sebagai orang tua adalah mendukung mereka dan menumbuhkan motivasi serta semangat dalam diri mereka. Akan tetapi, cara memotivasi anak yang satu, tidaklah sama dengan anak yang lain. Dengan 8 tipe kecerdasan yang berbeda, akan berbeda pula cara memotivasi mereka. Jangan biarkan kesalahan dalam cara memotivasi mereka menjadi alasan utama mereka tumbuh tanpa semangat atau motivasi yang besar dalam meraih sukses.

Dalam artikel sebelumnya, kita sudah mengulas tentang tipe-tipe kecerdasan anak. Masing-masing anak tentunya memiliki keunikannya sendiri dengan kecerdasan yang mereka miliki. Tugas bagi kita sebagai orang tua mengetahui tipe kecerdasan mereka adalah untuk menemukan metode belajar terbaik bagi anak-anak sesuai tipe kecerdasannya.

Jangan sampai kita menyesal di kemudian hari ketika anak kita tidak tumbuh secerdas potensinya hanya karena kita salah menerapkan metode belajar untuk mereka.

Sebelum membaca artikel ini lebih lanjut dan menemukan cara terbaik memotivasi anak Anda berdasarkan kecerdasan mereka, silahkan baca artikel sebelumnya tentang “Mengintip Tipe Kecerdasan Anak Anda”.

Jik Anda sudah berhasil menemukan tipe kecerdasan anak Anda, selanjutnya adalah menemukan cara terbaik dalam memotivasi mereka berdasarkan tipe kecerdasannya di bawah ini :

1. Kecerdasan Linguistik

Cara belajar terbaik anak-anak ini adalah dengan mengucapkan, mendengar, dan melihat kata-kata. Cara terbaik untuk memotivasi mereka di rumah adalah dengan berbicara kepada mereka, menyediakan banyak buku, rekaman, dan kaset-kaset serta menciptakan peluang untuk menulis.

Lengkapi mereka dengan peralatan untuk membuat kata, termasuk tape recoreder untuk bahasa lisan dan mesin tulis, computer, pembuat table dan peralatan mencetak untuk kegiatan menulis.

Selain itu libatkan anggota keluarga yang lain untuk mendukung mereka degan cara membaca buku bersama-sama, adakan malam dongeng, dan bahkan mungkin menciptakan majalah dinding sederhana karya keluarga yang bisa mereka edit.

Bawa mereka ke tempat di mana kata sangat penting, termasuk perpustakaan, toko buku, biro surat kabar, dan penerbitan.

2. Kecerdasan Logis Matematis

Anak-anak yang memiliki kecerdasan ini belajar dengan membentuk konsep dan mencari pola serta hubungan abstrak. Beri mereka materi konkret yang bisa dijadikan bahan percobaan. Beri mereka waktu berlimpah untuk mempelajari gagasan baru. Beri mereka kesabaran dalam menjawab berbagai pertanyaan ingin tahu mereka dan penjelasan logis untuk jawaban yang Anda berikan.

Beri mereka permainan seperti catur, teka-teki logika, dan penalaran logis dalam fokus permainan. Dengan seluruh anggota keluarga, lakukan permainan penuh misteri dan teka-teki yang membutuhkan logika deduktif.

Ajak anak-anak ini ke tempat yang mendorong pemikiran ilmiah, termasuk museum ilmu pengetahuan, pameran computer, dan pameran elektronik.

3. Kecerdasan Spasial

Anak-anak yang memiliki keunggulan dalam bidang ini akan mudah belajar dengan visualisasi. Mereka perlu diajari melalui gambar, metafora visual dan warna. Cara terbaik untuk memotivasi mereka adalah dengan media film, slide, video, diagram, peta dan grafik.

Beri mereka peluang untuk menggambar dan melukis. Lengkapi mereka dengan kamera, teleskop, kompas dan perlengkapan bangunan tiga dimensi semacam balok lego. Dengan seluruh anggota keluarga, libatkan mereka dalam permainan visualiasasi, ceritakan kisah-kisah menyentuh dan salig berbagi impianlah dengan mereka.

4. Kecerdasan Kinestetik Jasmani

Anak-anak yang berbakat dalam bidang ini akan belajar dengan menyentuh, memanipulasi dan bergerak. Mereka membutuhkan kegiatan belajar yang bersifat kinestetik dan dinamik. Cara terbaik untuk memotivasi mereka adalah melalui seni peran, improvisasi dramatis, gerakan kreatif dan semua jenis kegiatan yang melibatkan kegiatan fisik. Beri mereka akses ke lapangan bermain, arena rintangan, jalur hiking, kolam renang dan jalur olahraga. Beri mereka kesempatan untuk memperbaiki peralatan, membangun model dan terlibat dalam kegiatan seni kerajinan tangan seperti mengukir kayu dan membentuk tanah liat.

Kegiatan yang bisa dilakukan bersama keluarga yaitu kegiatan yang banyak aktivitas di luar seperti berkemah, out bond, dan perjalanan.

5. Kecerdasan Musikal

Anak-anak dengan kecerdasan musikal belajar melalui irama dan melodi. Mereka bisa mempelajari apapun dengan mudah jika hal itu dinyanyikan atau diberi irama ketukan. Gunakan instrument perkusi atau software musik sebagai cara untuk membantu mempelajari materi baru. Cara paling tepat untuk memotivasi mereka adalah dengan mengajak mereka bermain diiringi irama musik.
Biarkan mereka belajar dengan diiringi musik kesukaan mereka jika hal ini kelihatannya membantu. Beri mereka akses tkepada file mp3 dan instrumen musik.

Hal yang bisa dilakukan anggota keluarga untuk mendukung mereka adalah dengan bernyanyi bersama, membahas lirik lagu favorit, dan saling menginformasikan lagu terbaru.

6. Kecerdasan Antarpribadi

Cara belajar terbaik bagi anak-anak dengan tipe kecerdasan ini adalah dengan berhubungan dan bekerjasama. Mereka perlu belajar melalui interaksi dinamis dengan orang lain. Beri mereka kesempatan untuk mengajari anak-anak lain. Sediakan berbagai jenis permainan yang bisa mereka lakukan bersama-sama dengan teman mereka. Biarkan mereka terlibat dalam kegiatan komunitas , klub, kepanitiaan, dan program ekstrakulikuler di sekolah. Bekerja samalah melakukan proyek kelompok.

Cara terbaik untuk memtotivasi mereka adalah membiarkan mereka terlibat dalam komunitas dan bertukar pikiran dengan orang lain. Motivasi akan lebih mudah mereka dapatkan ketika berinteraksi dan belajar banyak hal dari orang yang mereka temui.

7. Kecerdasan Intrapribadi

Anak-anak ini paling mudah dan efektif belajar dengan diberikan kesempatan untuk menetapkan target. Mereka akan lebih cepat berkembang jika diberikan kesempatan memilih kegiatan mereka sendiri dan menentukan kemajuan mereka sendiri melalui proyek apapun yang mereka minati.
Satu hal yang unik, anak-anak ini bisa memotivasi diri sendiri asalkan beri mereka kesempatan lebih banyak untuk diri sendiri dan memiliki lebih banyak ‘me time’.

Anak-anak dengan tipe kecerdasan seperti ini memiliki kebutuhan akan ruang pribadi sendiri di rumah di mana mereka bisa mengerjaakan hobi dan minat tanpa gangguan dan bisa berintrospeksi diri dengan tenang. Hargai privasi mereka dan dukung mereka untuk menekuni bidang tertentu yang mereka inginkan.

8. Kecerdasan Naturalis

Anak-anak dengan kecerdasan naturalis akan menjadi lebih bersemangat ketika mereka terlibat dalam pengalaman di alam terbuka. Beri mereka akses ke ruang terbuka untuk mereka jelajahi, sungai atau danau untuk mereka arungi, bukit atau gunung untuk mereka daki, gua untuk mereka selidiki dan berbagai wujud alam lainnya.

Untuk membantu mereka dalam ekspedisinya, fasilitasi mereka dengan perlengkapan seperti teropong, tas ransel, kaca pembesar, masker, perlengkapan menyelam dan berenang, dan berbagai peralatan lainnya.

Jika memang meeka tidak bisa berada di alam terbuka, beri mereka kesempatan untuk meneliti alam di dalam seperti peternakan, akuarium, atau hanya dengan memberi mereka hadiah 1 atau 2 binatang peliharaan.

Jadi, cara apa nih yang paling tepat untuk diterapkan dalam memotivasi anak Anda? share di bawah ya 🙂

About the Author

Leave a Reply 5 comments

Umi Wafi - May 28, 2014 Reply

Anak sy klas 3 sd dr tk selalu ranking 1. Rada sulit ngintipnya soalnya kok semua dia suka yaa. Jd rd bingung jg mau sy giring kemana?

    Agus Setiawan - June 7, 2014 Reply

    Bu Umi diperhatikan aja dulu, kita sebagai pengamat dia saja, dia suka apa, bagaimana dia berperilaku, akan tercermin di sana. Untuk itu kita pahami masing-masing kecerdasan seperti apa 🙂

Suhartini Tedjo - June 17, 2014 Reply

Ada berapa jumlah kecerdasan anak? Seingat saya ada 10. Benarkah?

    Agus Setiawan - June 17, 2014 Reply

    Menurut Howard Gardner ada 8 kecerdasan pada diri manusia, namun menurut Sir Ken Robinson setiap anak unik dan memiliki kecerdasanya masing2. yang perlu kita lakukan adalah mengamati dan mendorong mereka sesuai dengan kecerdasan mereka.

Nira - December 17, 2017 Reply

Anak Saya TKB, Saya bingung menentukan kecerdasan anak Saya antar kecerdasn spatial,intrapersonal,body smart atau naturalist soalnya ciri cirinya Ada di dia semua….anak Saya lebih suka mnggambar,mencoret-coret,bercerita,bermain bersama teman,bermain drama,lebih suka permainan fisik outbond,berspeda atau bahkan bermain lari2an jika berlibur selalu mengajak kami ke tempat tempat yg nature seperti ragunan,pantai,jatimpark,jungle land,dufan,dll.anak Saya sangat sulit until berdiam lama…kcuali tidur…tipe apa ya anak saya

Leave a Reply: