Ini Dia Alasan Mengapa Membaca Harus Efektif

effective 1

Mengapa kita harus membaca secara efektif? Apa yang akan terjadi seandainya kita tidak bersegera merubah teknik membaca kita? Apa manfaatnya menjadi seorang pembaca yang efektif? Apakah sistem bacakilat bisa menjadi solusi?  Jika Anda ingin memiliki lebih banyak waktu bersantai namun tetap menguasai banyak ilmu lebih dari rata-rata orang lain, artikel yang satu ini sangat tepat untuk Anda 🙂

Sistem membaca terbaik ditujukan untuk mereka yang ingin menjadi pembaca efektif. Teknik membaca yang paling efisien dan memudahkan ditujukan bagi Anda yang memiliki segudang kesibukan namun ingin terus meningkatkan ilmu dan wawasan. Ia juga ditujukan bagi Anda para professional yang terus meraih prestasi dalam kerja namun tidak ingin ketinggalan arus informasi dari bacaan, dan bagi Anda yang mencintai buku namun selalu saja menemukan masalah dalam waktu.

Kabar baiknya, Anda tidak perlu memahami 100% dari buku yang Anda baca namun tugas Anda adalah mendapatkan 100% yang Anda butuhkan dari bacaan tersebut. Hal ini disampaikan oleh Tony Buzan bahwa fakta membaca adalah mendapatkan 100% yang kita butuhkan, bukan 100% yang penulis sampaikan.

Dalam hal efektivitas membaca, ini sangat berkaitan erat dengan tujuan masing-masing pembaca. Buku yang sama akan memberikan dampak dan manfaat yang berbeda bagi satu orang dengan orang yang lain tergantung dari tujuan mereka masing-masing dalam membaca.

Sebagai contoh, dua orang membaca novel, orang pertama bertujuan membaca novel untuk refreshing dan hiburan, sementara yang satu membaca novel dengan tujuan mempelajari seluk beluk novel dari mulai gaya bahasa sampai ke alur cerita. Tentunya, apa yang mereka dapatkan dari buku tersebut akaj berbeda. Begitu juga teknik dalam membaca novel tersebut. Bagi yang tujuannya ingin menikmati novel, ia akan membaaca novel tersebut dari awal sampai akhir tanpa terlewat satu bagian kisah sedikit pun. Berbeda dengan orang kedua, ia akan embaca novel tersebut pada bagian-bagian tertentu saja yang menurutnya penting dan berhubungan erat dengan tujuan membacanya.

Inilah yang disebut membaca efektif. Dapatkah Anda bayangkan jika orang kedua membaca novel tersebut tanpa memikirkan efektivitas? Mungkin ia akan membaca novel tersebut dari awal sampai akhir yang membuatnya menghabiskan waktu lebih bahyak. Namun karena ia tau apa tujuannya membaca dan dia adalah seorang pembaca efektif, maka ia hanya berusaha mendapatkan apa yang ia butuhkan, bukan 100% apa yang penulis sampaikan.

Lalu seberapa pentingkah membaca efektif?

Teknik membaca yang efektif (memahami lebih banyak dan lebih dalam dengan waktu yang lebih singkat) harus diajarkan sejak dini kepada anak-anak. Membaca adaah sebuah gerbang awal pendidikan. Anak yang mahir dalam membaca (cepat paham apa yang dibaca) dan mereka yang memiliki keterampilan baik dalam membaca akan lebih mudah berkembang di sekolah jika dibandingkan anak-anak yang tidak memiliki keterampilan membaca.

Keterampilan membaca yang dimaksud disini bukan hanya sekadar pandai membaca secara literal melainkan mencakup hal-hal berikut

  • Kepandaian memilih dan menyeleksi buku yang bermanfaat

Dengan teknik membaca yang efektif, anak Anda akan terbiasa dengan sendirinya cerdas dalam memilih buku yang bermanfaat. Dengan beberapa teknik khusus dalam bacakilat, kita akan bisa dengan mudah membedakan mana buku yang penting dibeli saat itu juga, mana yang penting tapi tidak mendesak, mana yang tidak perlu dibeli, dan sebagainya.

  • Kemampuan membaca gambaran besar dari buku

Melalui teknik membaca yang efektif, kita akan memiliki kemampuan untuk melihat gambaran besar dari sebuah buku. Dengan begitu, proses membaca akan jauh lebih mudah karena terbantu oleh gambaran besar yang bisa kita ketahui sejak awal.

  • Dapat membuat kesimpulan terhadap apa yang telah dibacanya

Dengan daya paham yang tinggi terhadap buku, kita akan jauh lebih mudah membuat kesimpulan terhadap buku yang dibaca.

  • Membaca dengan waktu yang efektif

Teknik membaca yang efektif membuat kita jauh lebih efisien dalam soal waktu. Dengan begitu, waktu yang kita habiskan untuk membaca buku akan jauh lebih sedikit, dan kita bisa melanjutkan ke buku selanjutnya 😉

  • Mampu mencatat hal yang penting dari buku

Salah satu bagian dalam proses bacakilat adalah teknik mencatat yang efektif. Yaitu teknik mencatat yang melibatkan otak kiri dan kanan dengan jaminan daya paham yang jauh lebih baik daripada membuat catatan secara linear (cara konvensional).

  • Mampu menerapkan hal yang bermanfaat dalam buku ke kehidupan sehari-hari

Dengan daya paham yang tinggi terhadap buku serta catatan yang ringkas dan aplikatif, kita akan semakin mudah dalam menerapkan hal-hal bermanfaat dalam buku ke kehidupan sehar-hari.

Untuk mendapatkan hal tersebut, seorang anak haruslah dilatih untuk menjadi pembaca yang efektif.

Karena membaca adalah gerbang awal dari suatu proses pendidikan jangka panjang, maka salah teknik dalam membaca mengakibatkan kesalahan-kesalahan berikutnya dalam proses belajar. Memilih teknik yang tepat dalam membaca, akan memudahkan proses pembelajaran selanjutnya.

Seperti sebuah kancing baju. Jika kita salah memasukkan kancing pertama, kancing selajutnya pun akan ikut salah dan akhirnya kita pun tidak karuan dalam memakai baju.

Alasan kedua mengapa kita perlu membaca secara efektif adalah karena inti dari sebuah buku hanyalah 4-10% saja. Selebihnya adalah penjelasan. Demikian yang disampaikan Professor Russel Straus  dalam Teaching Reading As A Thinking Process. Dengan demikian, kita memerluakn sebuah teknik untuk memfilter atau menyaring bagian mana yang penting dalam buku dan mana yang hanya merupakan penjelasan.

Dalam sistem bacakilat, kita akan berlatih dan dengan sendirinya pikiran bawah sadar kita akan menyaring informasi yang kita butuhkan sesuai tujuan di awal. Dengan begitu, proses membaca akan jauh lebih efektif baik dari segi waktu maupun energi yang kita keluarkan. Informasi penting dari buku harus terekam jangka panjang.

Alasan selanjutnya mengapa kita harus efektif dalam membaca adalah karena kita membutuhkan informasi penting dari buku terekam dalam memori jangka panjang. Gaya membaca yang tidak efektif, membuat kita menjadi cepat lupa terhadap apa yang baru saja dibaca.

Tentunya kita harus menemukan teknik yang tepat agar apa yang sudah kita baca, apalagi terdapat informasi penting di dalamnya, harus bisa terjaga dalam ingatan jangka panjang. Membaca harus menjadi tambahan baru bagi database di pikiran bawah sadar kita, bukan sekedar proses yang dilalui tanpa hasil begitu saja. Oleh karena itu, teknik melibatkan memori jangka panjang juga menjadi bagian efektivitas membaca.

Buku yang lain sedang menunggu

Menguasai atau mempelajari suatu bidang, tidak cukup hanya dengan satu-dua referensi bukan? Teknik membaca efektif kita perlukan karena kita memiliki referensi lain yang juga harus segera dibaca. Dengan teknik membaca konvensional saja kita belum tentu bisa menghabiskan 1 buku dalam satu bulan. Oleh karena itu, kita membutuhkan teknik membaca yang efektif dan juga efisien dari segi waktu.

Pernahkah Anda menikmati suatu buku, namun tiba-tiba ada buku lain yang begitu menarik minat buku Anda? dengan teknik bacakilat, Anda bisa membaca buku baru tanpa harus menunda untuk menyelesaikan buku yang lama. Selain itu, kadangkala penting juga bagi kita untuk membaca beragam jenis buku di luar bidang kita sebagai referensi.

Lalu, apa rencana Anda selanjutnya agar bisa membaca secara efektif? Tuliskan rencana Anda di kolom komentar ya. Semoga bermanfaat 🙂

About the Author

Leave a Reply 0 comments

Leave a Reply: