Jadi Pembaca Kreatif? Sepenting Apa Sih?

CREATIVE READER

Sudah beli buku mahal-mahal, meluangkan waktu luang untuk membaca, lalu apa hasilnya? Sebenarnya apa sih yang ingin kita dapatkan dari kegiatan membaca? Apakah cukup hanya dengan membaca buku, menikmati isinya, lalu selesai begitu saja? Jika kita menuntaskan sebuah buku tanpa hasil apapun, rasanya sayang banget ya. Lalu bagaimana sih agar usaha kita untuk membaca buku jadi tidak sia-sia? Solusinya adalah menjadi pembaca kreatif! Anda siap? 🙂

Membaca kreatif yaitu proses membaca untuk mendapatkan nilai tambah dari pengetahuan yang terdapat dalam bacaan dengan cara mengidentifikasi ide-ide yang menonjol atau mengkombinasikan pengetahuan yang sebelumnya pernah didapatkan. Dalam hal ini, setelah seseorang pembaca menyelesaikan bacaannya, ia tentu saja memiliki daya inisiatif dan kreatif untuk mengembangkan pemahaman membacanya dengan menghasilkan ide baru yang inovatif.

Pratiwi dan Subyantoro dalam bukunya yang berjudul “Membaca” mengatakan bahwa membaca kreatif adalah tingkatan tertinggi dari kemampuan membaca seseorang. Kemampuan membaca kreatif artinya seorang pembaca yang baik adalah membaca tidak hanya sekedar menangkap makna tersurat (reading the lines) tetapi juga mampu secara kreatif menerapkan hasil membacanya untuk kepentingan sehari-hari.

Membaca kreatif akan memberikan manfaat dalam berbagai bidang. Misalnya, wacana tentang siraman rohani, pemikiran para budayawan, informasi cara merawat kesehatan tubuh, informasi tentang cara membuat makanan atau suatu barang, cara memanfaatkan lahan kosong di pekarangan rumah, dan sebagainya.

Contoh konkret dari pembaca kreatif adalah seorang mahasiswa /pembaca yang saat membaca buku tidak akan berhenti di situ saja, tetapi ia selalu mencatat sesuatu yang dianggap penting, menandai sesuatu yang dianggap sulit/asing, lalu mengaplikasikannya untuk mendapatkan jawaban terbaik saat ujian. Dengan begitu, nilainya akan lebih tinggi dan prestasinya di sekolah akan membaik.

Contoh lain dari pembaca kreatif adalah seorang ibu muda yang punya keinginan kuat mendidik anaknya menjadi cerdas. Ia baca semua buku tentang parenting, ia catat hal-hal yang penting, lalu ia terapkan untuk mendidik buah hatinya. Hasilnya? Anak-anak tadi kecerdasannya tumbuh di atas rata-rata teman sebayanya.

Jika Anda seorang professional muda, menjadi pembaca kreatif bagi Anda adalah membaca buku yang dapat meningkatkan keterampilan pada bidang yang Anda tekuni, lalu Anda terapkan dalam pekerjaaan yang Anda lakoni. Hasilnya? Bisa jadi Anda lebih produktif di kantor dan berhasil mencetak prestasi kerja.

Pada dasarnya setiap orang dan setiap pembaca memang dituntut untuk mampu membaca kreatif. Membaca pada tingkat ini adalah membaca tingkat tinggi karena untuk menjadi pembaca kreatif, si pembaca harus melalui beberapa tingkat sebelumnya. Dalam hal ini, seorang pembaca yang sudah mampu memahami isi bacaan secara literal, interpretative dan kritis barulah bisa masuk ke tahap membaca kreatif. Di sini, seorang pembaca kreatif tidak akan berhenti melakukan aktivitas setelah ia selesai membaca, ia tidaklah serta merta mengakhiri kegiatan membacanya, melainkan ia melakukan eksperimen terhadap apa yang dibacanya. Bahkan ia pun terkadang mampu untuk kembali menghasilkan tulisan atas aopa yang dibacanya.

Intinya, orang yang membaca kreatif tidak akan tinggal diam setelah selesai membaca. Ia terus menciptakan karya. Ia akan kreatif melakukan berbagai tindakan atas hasil membacanya baik secara lisan, tulisan, maupun perbuatan.

Sekarang kita coba cek yuk, apakah Anda sudah bisa disebut pembaca kreatif? Berikut ini adalah ciri-ciri seseorang sudah bisa membaca secara kreatif

Menurut Nurhadi dalam bukunya Bagaimana Meningkatkan Kemampuan Membaca Seorang pembaca kreatif harus dapat memenuhi kriteria berikut

1. Kegiatan membaca tidak akan berhenti sampai pada saat menutup buku

Artinya, ia terus mencari dan menggali lebih dalam materi yang i abaca dalam buku. Ia mencari ulasan lebih dalam di internet, mendiskusikan dengan teman, dan bertanya kepada orang lain.

2. Ia mampu menerapkan hasilnya untuk kepentingan hidup sehari-hari

Seorang pembaca kreatif mampu mengaplikasikan apa yang ia baca dalam kehidupan sehari-hari. Ia gunakan solusi yang ada di buku untuk memecahkan permasalahannya. Ia jadikan buku sebagai sumber referensi dalam proses meningkatkan karirnya.

3. Munculnya perubahan sikap dan tingkah laku setelah proses membaca selesai

Jika terjadi perubahan yang lebih baik setelah membaca, berarti Anda bisa dibilang pembaca yang kreatif J

4. Hasil membaca berlaku sepanjang masa

Seorang pembaca kreatif tidak akan melupakan begitu saja apa yang dibacanya. Baginya, membaca lalu melupakan apa yang sudah dibacanya adalah suatu kerugian besar.

5. Mampu menilai dan membaca secara kritis dan kreatif apa yang sedang ia baca

Bukan hanya sekedar membaca dan memahami apa yang ada dalam tulisan, seorang pembaca kreatif juga mampu menilai dan mengkritisi apa yang ia baca. Bisa jadi, apa yang ada dalam buku tidak semuanya sesuai dengan keadannya saat ini, untuk itu, ia tidak menelan mentah-mentah atau begitu saja semua isi buku namun ia kaitkan dengan pengalamannya selama ini.

Manfaat membaca kreatif

1. Mampu memilih dan menentukan bahan bacaan yang tepat dan sesuai dengan kebutuhan atau minatnya

Dengan menjadi pembaca kreatif, kita dengan sendirinya akan terlatih untuk membedakan mana buku yang kita butuhkan dan dapat memberi manfaat, mana yang tidak. Anda akan menjadi lebih kritis dan selektif dalam memilih buku. Anda dengan mudah dapat mengidentifikasi isi buku apakah sesuai dengan kebutuhan Anda saat ini atau tidak.

Sebagai contoh, jika Anda melihat buku dengan judul “Manfaat Online Marketing”, Anda tidak akan membelinya jika ternyata Anda sudah tau manfaat-manfaat marketing online. Bisa jadi saat itu yang Anda butuhkan bisa saja adalah teknik dan cara marketing online.

Tentunya, ini juga bisa mengurangi pengeluaran Anda juga 😀

2. Tampak kemajuan dalam cara berpikir atau cara pandang terhadap suatu masalah

Menjadi pembaca kreatif juga akan membawa pola pikir dan cara pandang Anda terhadap masalah menjadi satu langkah lebih maju. Hal ini karena Anda terbiasa menerapkan apa yang Anda baca dalam kehidupan sehari-hari Anda.

Selain itu, dengan menjadi pembaca kreatif berarti Anda menjadikan buku atau bahan bacaan apapun sebagai gudang referensi yang bisa kapan saja Anda gunakan ketika menghadapi masalah di kehidupan.

3. Ada peningkatan dalam prestasi atau profesionalisme kerja

Ada satu manfaat yang sangat penting bagi Anda ketika sudah berhasil menjadi pembaca kreatif. Dengan membiasakan diri membaca secara kreatif dan menerapkan apa yang Anda baca dalam kehidupan sehari-hari, Anda akan mengalami peningkatan dalam prestasi kerja.

Baik penjualan yang semakin meningkat, hubungan dengan pelanggan/klien yang semakin baik, performa yang semakin menakjubkan, atau manajemen waktu yang semakin efisien.

Hal ini akan sangat mungkin terjadi jika Anda menerapkan cara membaca kreatif pada buku yang berhubungan dengan bidang Anda.

Nah, sampai sini, apakah Anda sudah bisa dikatakan pembaca yang kreatif? Jika Anda merasa masih belum mencapai tahap membaca kreatif, tenang saja. Di artikel berikutnya kita akan membahas cara paling mudah untuk menjadi pembaca kreatif. Tips nya juga bisa diterapkan pada anak lho! 🙂

About the Author

Leave a Reply 0 comments

Leave a Reply: