Kenapa Bacakilat? Kenapa Bukan Yang Lain?

Bacakilat - Kenapa Bacakilat? (3)

Apakah Anda ingin mendapatkan insight dari buku dan menggunakannya untuk mempermudah Anda mencapai sukses. Tapi masalahnya Anda tidak pernah menyelesaikan buku yang sudah Anda baca.

Atau Anda ingin menuntaskan buku yang baru Anda beli tapi karena kesibukan membuat Anda lupa untuk membaca. Atau saat Anda bisa kembali membaca buku tersebut, justru energi Anda tiba-tiba habis dan keinginan membaca hilang begitu saja.

Apa yang Anda harapkan dari buku tidak pernah tercapai karena disadari atau tidak, ternyata Anda memiliki masalah membaca yang perlu diatasi.

Dan di artikel ini, kita akan membahas bagaimana bacakilat bisa membantu Anda mengatasi permasalahan Anda dan mendapatkan keinginan Anda dari buku-buku yang Anda beli.

Artikel ini saya tujukan bagi teman-teman yang baru pertama sekali datang ke website kami. Juga untuk teman-teman yang sedang mencari tahu solusi apa yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah membaca Anda. Sekaligus bagi teman-teman yang ingin tahu lebih dalam tentang konsep bacakilat.

So, mari kita mulai pembahasannya.

Yang Diharapkan Dari Buku

Disadari atau tidak, salah satu motivasi kita membaca buku adalah untuk memasukkan informasi yang ada di buku ke otak kita.

Harapannya dengan insight dari buku tersebut bisa membantu kita meningkatkan pertumbuhan diri, mengatasi masalah yang ada atau mencegah masalah yang mungkin terjadi di masa depan.

Secara lebih gamblang, membaca bertujuan untuk meningkatkan karier, menjalankan bisnis lebih mudah, menciptakan produk yang lebih bagus dan disukai market, menjadi pribadi yang lebih baik lagi sampai bisa membantu orang lain, baik bentuk berbagi informasi atau menciptakan lapangan pekerjaan.

Apapun alasan kita membaca, tentu kita ingin menjadi diri kita yang lebih baik lagi di masa depan.

Jika Anda punya alasan lain selain yang telah kita bahas sebelumnya di atas, silahkan tuliskan pemikiran Anda di kolom komentar ya. Kita bisa diskusikan di sana. 

Bacakilat - Kenapa Bacakilat? (2)

Apa Saja Masalah Membaca Anda?

Salah satu alasan mengapa Anda bisa sampai ke halaman ini tentu karena Anda mulai sadar bahwa Anda memiliki masalah membaca yang membuat Anda merasa tidak puas dengan cara membaca Anda selama ini.

Mungkin Anda mengalami satu atau lebih dari mas

alah membaca yang juga banyak dialami oleh orang lain seperti;

  • Buku menjadi obat tidur sekaligus meningkatkan kualitas tidur Anda.
  • Sulit konsentrasi. Pikiran Anda berkeliaran bebas saat sedang membaca. Ini membuat motivasi Anda naik turun dalam membaca.
  • Mudah teralihkan dengan kegiatan lain. Kondisi ini membuat Anda sering sekali meninggalkan buku yang sedang dibaca sampai-sampai buku tersebut tidak pernah selesai dibaca.
  • Sulit paham dan agar paham Anda harus membaca berulang-ulang. Ini membuat Anda merasa buku itu terlalu sulit untuk dipahami.
  • Butuh waktu lama untuk menuntaskan satu buku. Dari hasil survei pak Agus ke peserta seminar dan pelatihan bacakilat, rata-rata peserta membutuhkan 10 jam untuk menuntaskan 1 buku. Apakah Anda juga mengalami hal yang sama?
  • Sibuk dan tidak ada waktu membaca. Ini alasan yang cukup sering kami terima. Masalahnya sebenarnya buku tidak ada waktu melainkan memang tidak diluangkan waktu untuk membaca.
  • Dan masalah membaca lainnya.

Dari masalah membaca yang telah kita uraikan di atas, kira-kira poin mana saja yang menjadi masalah membaca Anda?

Kenapa Bacakilat?

Sebelum Anda mencari tahu lebih dalam tentang bacakilat, ini pertanyaa

n yang perlu Anda ajukan ke diri Anda sendiri, “Kenapa bacakilat? Kenapa bukan teknik membaca yang lain? Memangnya apa bedanya bacakilat dengan teknik baca yang lain?”

Salah satu alasan sekaligus menjadi pembeda bacakilat dengan teknik membaca lain seperti baca cepat, speed reading atau baca skimming, ada pada penggunaan kedua jenis pikiran kita.

Bacakilat di dalam prosesnya menggunakan kedua pikiran kita, pikiran sadar dan bawah sadar secara bersama-sama. Sedangkan di teknik baca selain bacakilat, hanya mengandalkan pikiran sadar dalam memproses informasi.

Dari hasil penelitian neurosains dikatakan bahwa pikiran bawah sadar memiliki pengaruh sampai 95% dalam kehidupan kita. Sisanya yang  5% dikendalikan oleh pikiran sadar kita.

Selain itu, memori kita juga berada di bawah kendali pikiran bawah sadar.

Menimbang jumlah persentase dan tempat memori berada, maka sudah selayaknya kita juga menggunakan pikiran bawah sadar dalam proses belajar dan membaca. Ini yang selama ini tidak pernah kita temukan.

Momen di mana kita menggunakan pikiran bawah sadar

kita dalam belajar adalah pada saat kita masih anak-anak. Anak-anak bisa belajar dengan cepat, ingat lama karena pikiran sadarnya belum aktif sempurna. Mereka masih mengandalkan pikiran bawah sadarnya di semua aktivitasnya.

Dan saat anak-anak ini mulai masuk ke sekolah tepatnya di smp atau mereka masuk usia 13 tahun maka proses belajarnya mulai terlihat melambat. Why?

Karena pikiran sadarnya sudah bekerja sempurna. Dan fungsi dari pikiran sadar adalah kemampuan untuk menganalisa, menimbang dan memutuskan satu informasi.

Jika ada informasi yang tidak relevan dengan informasi yang ada di pikiran bawah sadar maka secara otomatis informasi yang berasal dari pikiran sadar akan ditolak atau berusaha ditolak.

Inilah kenapa anak yang sudah berusia 13 tahun mulai kesulitan dalam membentuk kebiasaan baru dibandingkan usia dibawahnya.

Jadi dengan kita memanfaatkan pikiran bawah sadar, kita bisa mempercepat proses belajar termasuk dalam membaca buku. Dan inilah yang membedakan bacakilat dengan teknik membaca lainnya.

Teknik membaca seperti speed reading, baca cepat sampai baca skimming, tidak menggunakan dan memanfaatkan pikiran bawah sadar. Teknik tersebut hanya mengandalkan pikiran sadar.

Masih berdasarkan penelitian di dunia neurosains menyatakan kalau pikiran sadar memiliki keterbatasan dalam memproses informasi.

Pikiran sadar kita hanya mampu memproses informasi 5-9 hal per detik. Sedangkan pikiran bawah sadar kita mampu memproses jutaan hal informasi per detiknya.

Jadi selama pikiran sadar tidak menyadari informasi yang ditangkap melalui panca indra, suka atau tidak, informasi tersebut akan ditangkap oleh pikiran bawah sadar.

Masalahnya di sini, informasi yang ditangkap oleh pikiran bawah sadar ini tidak mudah untuk dimunculkan ke kesadaran kita karena tidak adanya pemicu yang cukup kuat.

Mengetahui hal ini, disinilah kelebihan bacakilat. Memanfaatkan pikiran bawah sadar, dengan bacakilat Anda bisa menuntaskan 1 buku dengan ketebalan 200-300 halaman dengan pemahaman tinggi dan mencapai tujuan membaca dalam waktu 2 jam.

Ini juga statement yang selalu kami nyatakan di hampir semua postingan kami. Jika Anda tidak memahami konsep dari bacakilat atau baru tahu tentang bacakilat, maka statement ini terkesan sangat melebih-lebihkan dan tidak masuk akal.

Tapi jika Anda mempelajari lebih

dalam, maka statement ini justru sangat masuk akal dan sangat mungkin terjadi.

Anda bisa membuktikannya dengan mempelajari cara kerja bacakilat. Kami telah menyiapkan video yang untuk ini.

Video ini sekaligus sebagai tempat Anda belajar dan mengevaluasi, apakah bacakilat ini benar-benar bisa membantu Anda mengatasi masalah membaca dan menuntaskan semua buku yang telah Anda beli tapi belum selesai dibaca sampai sekarang.

Bacakilat - Kenapa Bacakilat?

Untuk Siapa Bacakilat Ditujukan?

Ini pertanyaan yang menarik. Bacakilat ditujukan untuk mereka yang ingin meningkatkan diri; menjadi pribadi yang lebih baik, mencapai karir y

ang lebih gemilang, menjalankan b

isnis dengan lebih mudah dan harapan-harapan lainnya yang mana pemikiran dan pemahaman tersebut berasal dari buku.

Bukan hanya itu, bacakilat juga ditujukan untuk mereka yang punya tuntutan membaca yang tinggi. Seperti mahasiswa, dosen, karyawan atau pengusaha.

Oh iya, bagi Anda yang punya anak, bacakilat juga bisa Anda ajarkan ke anak-anak Anda. Bacakilat bisa dijadikan sebagai tools belajar yang nantinya pasti membantu anak dalam proses belajar di sekolah.

Kalau Anda malas atau punya tantangan besar dalam mengajar anak khususnya selama masa pandemi covid 19 seperti saat ini, tenang, kami siap membantu Anda.

Anda tinggal menggunakan bacakilat for students. Bacakilat for students memang dikhususkan untuk pelajar dalam membantu proses belajar mereka di sekolah.

Seperti apa hasil bacakilat for students untuk pelajar, Anda bisa membaca testimoni alumni-alumni kami dari hampir seluruh indonesia di instagram dengan mengetikkan #testimonialbfs di kolom pencarian.

Tantangan Menguasai Bacakilat

“Jika saya mau belajar bacakilat, berapa la

ma waktu yang saya butuhkan untuk mempelajarinya? Dan apakah sulit untuk mempelajari bacakilat?”

Bacakilat adalah sebuah skill. Sama

seperti skill dalam menyetir mobil atau berenang. Untuk bisa menguasai bacakilat, Anda membutuhkan pemahaman yang

tepat serta mempraktekkan pemahaman tersebut.

Untuk mempelajari konsep teori bacakilat sendiri dibutuhkan sekitar lebih kurang 6 jam jika Anda belajar lewat online course dan lebih kurang 8 jam kalau belajar tatap muka di kelas.

Ini belum termasuk Anda praktek setelah belajar konsep bacakilat. Agar bisa benar-benar menjadikan bacakilat menjadi kebiasaan, dibutuhkan waktu sekitar 20 jam praktek atau menuntaskan 10 buku.

Di rentan waktu inilah banyak orang tidak kuat mempertahankan motivasi dan latihan mereka. Ini yang membuat mereka berhenti praktek dan Anda sudah tahulah apa yang akan terjadi selanjutnya

Benar, mereka tidak bisa menguasai bacakilat dan men

dapatkan hasil maksimal dari bacakilat.

Jika Anda benar-benar ingin menguasai bacakilat, kami meminta Anda berkomitmen paling tidak sekitar 26-28 jam belajar teori dan praktek bacakilat atau dalam prakteknya sekitar lebih kurang 2 – 4 minggu.

Jika Anda komitmen, maka Anda pasti mendapatkan hasil maksimal dari

bacakilat.

Inilah tantangan sekaligus tuntutan dari kami jika Anda ingin buku-buku yang Anda beli selama ini bisa benar-benar membantu Anda menjadi pribadi yang lebih baik lagi.

Haruskah Bacakilat?

Pertanyaannya sekarang, “Apakah memang harus bacakilat?”

Semua tergantung pada Anda. Jika Anda merasa proses membaca Anda selama ini baik-baik saja, Anda menikmati proses membaca Anda atau Anda tidak mengalami masalah membaca seperti yang telah kita bahas di atas.

Kalau ini yang Anda rasakan, maka Anda tidak perlu menggunakan bacakilat dalam proses membaca Anda. Cukup menggunakan cara membaca Anda selama ini.

Tapi kalau Anda berharap insight, pengetahuan dan pengalaman dari penulis buku bisa membantu Anda untuk sukses dan menjalani hidup yang lebih baik lagi, maka saya sangat merekomendasikan Anda menggunakan Bacakilat.

Mungkin saat ini Anda sedang skiptis atau tidak percaya dengan teknik baca ini. Tidak masalah selama Anda terbuka untuk mengetahui lebih dalam tentang cara kerja bacakilat.

Anda bisa mempelajari bagaimana bacakilat bisa mengefektifkan proses membaca Anda. Kami telah menyiapkan videonya tutorialnya. Ini sekaligus sebagai kesempatan bagi Anda untuk mengevaluasi teknik membaca ini.

Jika Anda merasa bacakilat bisa membantu Anda, maka silahkan pelajari dan jika masih merasa ragu dan berpikir teknik ini tidak bisa membantu Anda, maka Anda tidak perlu mempelajarinya.

Paling tidak dengan Anda melihat konsep berpikir bacakilat akan menambah pemahaman dan pengetahuan Anda seputar proses membaca.

So, selamat belajar dan mari bangun Indonesia dengan membaca.

Jika Anda memiliki pertanyaan seputar membaca dan belajar, feel free untuk kita diskusi di kolom komentar atau Anda bisa kontak saya di sosial media saya.

About the Author

Agus Setiawan adalah Founder dari sistem Bacakilat. Bacakilat pertama kali diajarkan di tahun 2009. Dan terus berkembang melaui proses penelitian, pembelajaran dan uji coba ke dalam tim Bacakilat. Dari Bacakilat 1.0 berkembang sampai sekarang Bacakilat 3.0 yang merupakan pendekatan termudah untuk menguasai Bacakilat.

Leave a Reply 0 comments

Leave a Reply: