Kesalahan Fatal Dalam Membaca Yang Dilakukan Banyak Orang

Membaca akan menjadi satu proses yang mudah untuk dilakukan oleh semua orang jika ia mengetahui cara membaca yang efektif. Masalahnya kita tidak mendapatkan bimbingan bagaimana cara membaca yang tepat. Yang kita ketahui saat bertemu buku, kita bisa langsung membacanya dan tthhhadaaa…

Setelah membaca 2-3 bab, kita meninggalkan dan menyimpannya dengan lapisan debu untuk waktu sangat lama. Masalah seperti inilah yang banyak terjadi di masyarakat. Bukan karena tidak adanya niat untuk membaca. Tapi, cara membaca yang salahlah yang membuat proses membaca menjadi sangat berat dan menyiksa .

Masalah umum yang paling banyak dilanggar oleh kebanyakan pembaca adalah, mereka langsung membaca saat mendapatkan buku. Bukannya membuat tujuan dan memetekan keinginan mereka terlebih dahulu baru membaca buku.

Hutan Belantara

Isi buku sama seperti hutan belantara. Jika kita tidak memiliki peta mengenai hutan tersebut, maka siap-siaplah untuk tersesat dan dimakan oleh hewan buas di dalam hutan. Sayangnya, itu hanya proses membaca, bukan dalam kehidupan nyata hahahaha. Jika itu nyata, pasti semua orang akan mempersiapkan petanya masing-masing.

Untuk mengetahi ke mana arah perjalanan dan apa yang ingin didapatkan, maka kita harus memiliki peta jelas akan hutan belantara (buku) tersebut. Dengan memiliki peta, pasti akan memudahkan proses perjalanan dan tentunya mendapatkan apa yang dicari dengan lebih mudah.

Inilah yang diajarkan di pelatihan bacakilat. Memberikan bimbingan dan mempraktekkan cara membaca yang efektif. Agar membaca menjadi satu proses yang lebih menyenangkan, menantang, meningkakan rasa penasaran dan tentunya menikmati keseluruhan proses memaca itu sendiri.

Hasilnya, mereka yang benar-benar menerapkan teknik bacakilat dalam membaca buku, lebih banyak melahap buku, memahami isi buku lebih mudah dan cepat daripada teknik membaca konvensioal yang masih bayak digunakan oleh masyarakat.

Salah Jalan

Sedikit Rahasia Dari Teknik Bacakilat

Tidak mengetahui gambaran besar dan tujuan yang jelas dalam memaca adalah masalah kebanyakan dari pembaca. Jika masalah ini tidak diatasi, maka membaca menjadi proses yang sangat menyiksa untuk dilakukan.

Untuk mengatasi masalah tersebut, kita akan membahas sedikit langkah dalam sistem bacakilat yang bisa langsung diterapkan dalam membaca, agar membaca menjadi proses yang lebih ringan dan mudah.

Berikut langkah-langkah yang harus Anda lakukan saat akan membaca buku

1. Baca Kaver Depan

Baca semua informasi yang ada di kaver depan. Biasanya akan ada, judul buku, sub judul, nama penulis dan pujian untuk buku tersebut dari nama-nama besar dan sukses.

2. Baca Kaver Belakang

Biasnya di kaver belakang kita akan menemukan gambaran besar, sedikit latar belakang dan manfaat yang bisa didapatkan dari buku tersebut. Namun tidak semua buku yang caver belakangnya memberikan penjelasan singkat tentang buku mereka.

Banyak juga buku yang membubuhkannya dengan pujian-pujian atas buku tersebut. Ada yang hanya memberikan profil dari penulis, ada yang hanya gambar dan polos tanpa kata-kata sama sekali.

3. Baca Daftar Isi

Daftar isi memberikan kerangka tentang apa yang akan dibahas dalam buku. Hanya dengan membaca pada tahap ini, kita bisa mengetahui gambaran besar dari buku ini. Apa yang ingin disampaikan oleh penulis.

4. Buat Kesimpulan

Setelah melakukan tiga tahap di atas, selanjutnya kita membuat kesimpulan. Kesimpulan adalah pesan atau informasi yang ingin disampaikan oleh penulis untuk pembaca. Setelah mengetahui apa yang Anda bisa dapatkan dari buku tersebut, maka saatnya ada menimbang buku tersebut.

Menimbang, apakah buku tersebut layak untuk dibaca atau tidak. Jika Anda merasa layak, maka Anda wajib membacanya. Jika tidak, tinggalkan buku tersebut.

Akan sangat menguntungkan bagi Anda jika menggunkan cara ini saat akan membeli buku. Anda akan menghindari kesalahan dalam membeli buku. Artinya, Anda tidak membuang uang Anda untuk membeli buku yang tidak ada butuhkan atau penting bagi Anda.

5. Mengelompokkan Buku

Ada tiga katagori buku menurut Francis Bacon. Buku yang hanya dicicip, buku yang perlu ditelan dan buku yang hasur dikunyah dan cerna. Buku yang dicicip adalah buku-buku yang ringan menurut pribadi Anda sendiri. Buku di katagori ini tidak harus dibaca secara keseluruhan, karena dengan membaca bagian-bagian tertentu sudah membuat Anda memahami isi buku tersebut.

Buku yang perlu ditelan adalah kategori buku yang menurut Anda tidak membutuhkan analisa yang mendalam untuk memahaminya. Bisa jadi buku yang Anda baca adalah bidang yang Anda geluti. Contohnya seorang marketing yang membaca buku-buku marketing.

Kategori buku yang harus dikunyah dan cerna adalah buku-buku yang membutuhkan ketekunan, konsentrasi serta analisa yang cukup dalam untuk memahami buku tersebut. Contoh dari buku dalam katagorisasi ini adalah buku teknis di bidang baru. Misalnya seorang marketing yang belajar tentang mindset atau anatomi tubuh manusia.

Utuk bisa memahami buku di bidang baru, dibutuhkan waktu dan perhatian yang berbeda untuk menyelesaikannya. Setiap orang bisa mengkatagorisasikan buku sesuai dengan pengalaman, minat dan pengetahuannya. Bisa jadi buku yang bagi Anda harus dikunyah dan cerna, tapi bagi saya adalah buku yang ditelan saja.

6. Apakah Sesuai dengan Kebutuhan?

Selanjutnya, Anda harus menimbang apakah buku ini sesuai dengan kebutuhan Anda atau tidak. Jika sesuai dengan kebutuhan Anda maka Anda wajib membacanya. Jika tidak, Anda tidak perlu memberikan waktu dan perhatian Anda untuk buku tersebut.

7. Membuat Tujuan Membaca

Dapatkan 100% apa yang Anda butuhkan dari buku, bukannya 100% apa yang penulis sampaikan

Tony Buzan

Sekarang kita masuk ke tahap terakhir, membuat tujuan membaca. Dalam membuat tujuan, ada dua pertanyaan besar yang harus dijawab. “What” dan “Why”. What berbicara tentang isi buku yang akan dibaca dan Why adalah alasan personal Anda membaca buku tersebut. Akan lebih bagus, jika Anda mengkaitkannya dengan kebutuhan atau kepentingan Anda.

Ini adalah tahap paling penting sebelum membaca. Dengan melakukan langkah-langkah ini saja akan meningkatkan minat dan keinginan tahuan Anda akan buku yang akan dibaca. Belum lagi jika Anda berhasil mengatasi masalah-masalah membaca. Pastinya membentuk kebiasaan membaca akan jauh lebih mudah dibentuk.

enjoy-it

Dengan melakukan ketujuh tahap ini, Anda akan memiliki peta atau gambaran besar dari buku yang akan dibaca. Ditambah, Anda memiliki tujuan yang jelas akan apa yang ingin dicapai, dan yang lebih penting lagi, tujuan itu sesuai dengan kebutuhan Anda.

Ini akan membedakan Anda dengan pembaca lainnya. Dengan begitu membaca menjadi lebih mudah, kerena Anda mengetahui di mana informasi yang sebenarnya Anda butuhkan. Inilah hal yang perlu Anda lakukan dan terapkan dalam kebaisaan Anda membaca buku.

Selamat mencoba, dan kami menunggu cerita Anda 😀

About the Author

Leave a Reply 1 comment

Muhammad Qosim - March 19, 2015 Reply

Ok, nothing to say now.

Leave a Reply: