Membentuk Kebiasaan Membaca Dengan Mudah

Kebiasaan ada untuk memudahkan kerja otak. Bayangkan jika setiap kali kita bertindak harus berpikir terlibih dahulu. Maka akan terjadi kekacauan sana sini karena harus belajar hal sama setiap kali bertindak. Ini akan membuat pikiran bekerja lebih keras dan secara fisik kita akan sangat mudah untuk merasa lelah.

Tapi, dengan adanya kebiasaan, kita bisa memfokuskan diri untuk melakukan hal baru yang kita telah tahu tanpa hurus memberikan perhatian besar pada hal lama yang telah kita ketahui sebelumnya.

Inilah salah satu fungsi otak, ia akan mengeluarkan upaya seminimal mungkin untuk bisa bertahan hidup. Hanya untuk bertahan hidup. Sudah sangat jelas mengubah kebiasaan menjadi sangat sulit dilakukan dan itulah kenyataannya.

Bahkan banyak orang melakukan cara-cara kreatif. Mulai dari memberikan hadiah, hukuman, ancaman, emosi negatif, niat yang kuat serta hal-hal lain yang diyakini bisa mengubah kebiasaan. Justru banyak dari mereka gagal dan kembali ke pola lama.

Pikiran harus belajar sesuatu yang baru dan itu membutuhkan energi dan perhatian yang sangat besar. Hal yang bertentangan dengan sifat alami yang ia miliki, “mengeluarkan upaya seminimal mungkin, agar bisa bertahan hidup” yang membuat proses perubahan tidak pernah tercapai.

pengusaha-sukses-leader

Begitu juga dengan kebiasaan membaca. Meskipun seseorang tidak suka membaca, ia juga akan tergoda untuk membeli buku dan ingin menyelesaikannya di sela waktu senggang mereka. Harapan itu tidak pernah terjadi dan sekali lagi mereka meyakinkan diri mereka bahwa membaca itu membosankan dan hanya untuk orang-orang tertentu saja.

Apakah Anda juga mengalaminya? Inilah saatnya bagi Anda membentuk kebiasaan membaca dengan lebih mudah dan menyenangkan. Kami akan menunjukkan caranya untuk Anda. Mari kita telusuri caranya.

Mengatasi Masalah Membaca

Hal pertama yang harus diselesaikan untuk membuat membaca menjadi satu kebiasaan, adalah mengatasi semua masalah emosi negatif di aspek membaca dan belajar.

Tanpa mengatasi emosi negatif tersebut, akan sangat berat, susah dan lama sekali menjadikan membaca jadi satu kebiasaan. Bisa-bisa Anda tidak akan pernah memilikinya hahaha.

Emosi negatif itu bisa berupa malas, bosan, cepat capek, suka menunda, mata mudah lelah, ada pekerjaan lain yang lebih menyenangkan dan harus dilakukan dan berbagai alasan lainnya.

Untuk mengatasi emosi-emosi negatif tersebut, Anda bisa membaca artikel sebelumnya, dengan judul: Penyebab Dan Solusi Masalah Membaca Pada Eksekutive Muda

Fun Learning

Read-Book-l

Emosi positif adalah satu media yang sangat penting dan sering kali kita abaikan dalam melakukan proses belajar itu sendiri. Perasaan fun justru sangat dibutuhkan jika ingin sukses melakukan proses belajar. Tidak jarang, perasaan fun ini bisa menghantarkan kita pada potensi terbesar kita.

Emosi positif bisa membuat proses belajar menjadi lebih mudah dan kebiasaan pun mengikuti dengan cepat. Bisa disimpulkan emosi positif adalah cara yang bisa digunkan untuk membentuk kebiasaan baru.

Saat kita merasa fun, senang dan bahagia dalam belajar, waktu tidak akan terasa dan semua yang dipelajari akan lebih mudah dan setiap hambatan akan menjadi tantangan tersendiri. Bahkan kita lebih kreatif menemukan solusi dan rasa ingin tahu pun terus bertumbuh.

Inilah yang akan kita terapkan, setelah emosi negatif yang selama ini Anda pegang bisa Anda lepaskan. Harus ada satu tindakan baru yang harus dilakukan secara berkala dan konsisten agar menjadi satu kebiasaan baru bagi Anda.

Berikut beberapa kegiatan yang bisa Anda lakukan untuk membentuk kebiasaan membaca :

1. 30 Day Challenge, Tantangan Membaca dari Aquarius Learning

Tahun 2014 lalu Aquarius Learning meluncurkan produk baru, 30 Hari Tantangan Membaca. Produk yang berisi 30 buku best seller international yang diringkas menjadi 8 halaman PDF dan audio berdurasi 20 menit.

Prodak ini berjuan untuk meningkatkan minat baca serta membentuk kebiasaan membaca dengan lebih mudah. Karena kecintaan dari pendiri Aquarius Resources yang sangat tinggi akan membaca dan kepedulian untuk meningkatkan minat membaca masyarakat Indonesia.

“Trus bentuk funnya di mana?” mungkin Anda bertanya-tanya.

Bentuk funnya ada di kemudahan yang disajikan oleh prodak itu sendiri. Produk yang dibentuk sedemikian rupa agar pembaca mau membaca dan mendengarkan audionya, kapanpun dan dimanapun Anda menginginkannya. Bahkan Anda bisa melakukannya saat sedang masak bersama pasangan atau sedang jogging.

Anda langsung mendengar suara pembuatnya sendiri, Agus Setiawan, master trainer Bacakilat. Ini jauh lebih mudah dan menyenangkan daripada harus memaksakan diri membaca buku tebal di awal.

Anda akan mendapatkan satu ringkasan buku setiap harinya. Artinya dalam satu bulan Anda mendapatkan tigapuluh ringkasan buku best seller international.

Mau coba? Kunjungi dan pilih sendiri paket yang Anda inginkan di sini.

many hands 2

2. Belajar Bacakilat

Bacakilat adalah satu teknik membaca yang akan memperdayakan kemampuan alami yang dimiliki oleh setiap orang. Otak adalah komponen yang sangat rumit dan tempat dari semua potensi yang kita miliki.

Inilah yang digunakan oleh bacakilat. Bacakilat menggunakan sumber potensi yang akan membuat membaca menjadi jauh lebih mudah, ringan dan menyenangkan.

Bentuk fun dari teknik ini ditemukan dari hasil akhir dari proses bacakilat itu sendiri. Artinya Anda melakukan proses bacakilat dari langkah awal sampai akhir.

Alumni dari pelatihan bacakilat mengungkapkan bahwa mereka merasa membaca menjadi lebih ringan, mudah memahami, proses belajar jauh lebih mudah dan cepat, menghemat banyak waktu, bahkan banyak yang bilang, mereka menerapkan ide buku tanpa mereka sadari. Mereka sadar saat melakukan tahap aktivasi. Ini benar-benar membuat mereka menjadi ketagihan dalam membaca.

Dengan mengikuti proses dari bacakilat akan menyadarkan Anda bahwa membaca secara konvensional memiliki banyak kesalahan fatal yang dilanggar. Di mana kita banyak melewatkan hal sakral sebelum membaca dan melanggar kesalahan besar saat membaca. Inilah yang membuat membaca menjadi satu proses yang sangat berat dan dibenci oleh banyak orang.

Teknik bacakilat diyakini bisa meningkatkan minat membaca Anda secara signifikan. Dari yang tadi tidak suka membaca menjadi lebih mau bahkan suka dan ketagihan untuk membaca. Seperti alumni bacakilat yang membaca 300-500 buku selama setahun. Kita-kira Anda bisa menghabisakan berapa banyak buku selama setahun?

Selanjutnya kita akan membahas bagaimana cara membentuk kebiasaan membaca dengan lebih mudah untuk bagi Anda.

Inilah cara yang bisa Anda gunakan untuk membentuk kebiasaa membaca Anda. Selamat mencoba dan kami tunggu cerita Anda.

About the Author

Leave a Reply 0 comments

Leave a Reply: