Seberapa Kilatkah Bacakilat?

bacakilat

Wow, Bacakilat! Namanya sih keren. Seberapa cepat sih bacanya? Bisa mengerti nggak?

Inilah salah satu pertanyaan yang saya rasa Anda miliki.

Tujuan dari bacakilat adalah untuk membangun pemahaman dengan cepat. Kenapa namanya bisa bacakilat sementara bukan kecepatan membaca yang menjadi fokus utama?

Bukan seberapa cepat kita menghabiskan buku yang terpenting, namun seberapa cepat kita bisa memahami buku. Walaupun pada akhirnya memang buku jadi cepat selesai.

Bagaimana bacakilat membangun pemahaman? Sebelum saya menjawab, saya mau tanya dulu kepada Anda. Semoga saya bisa menebak jawaban Anda.

Mana yang lebih mudah memahami sebuah informasi yang sudah kita ketahui atau yang baru? Yang sudah kita ketahui duluan bukan? Tebakan saya benar? Semoga. Semoga Anda menjawab yang sudah pernah Anda ketahui.

Ya, kita lebih mudah memahami informasi yang sudah pernah ada dalam diri kita. Sudah pernah masuk ke dalam pikiran kita.

Karena informasi ini sudah Anda kenal. Sudah familiar. Mudah menarik kaitan dan benang merahnya. Dan bagusnya, informasi yang sudah kita ketahui tidak hanya mesti berasal dari informasi yang kita sadari masuk,  yang disengaja belajar dengan pikiran sadar. Namun juga informasi yang masuk di luar kesadaran pikiran sadar.

Informasi yang masuk ke dalam pikiran kita yang tidak sanggup diproses sadar atau disaring oleh pikiran sadar atau yang diabaikan oleh pikiran sadar pun akan mempengaruhi tingkat pemahaman kita dalam proses membaca.

Kita lebih mudah memahami apa yang sudah pernah kita ketahui. Lah iya, tapi bagaimana caranya? Tujuan saya membaca sebuah buku yang baru itu supaya saya bisa belajar hal yang ada di buku dan itu semuanya baru. Ini malah dibilang kalau informasi baru malah susah.

Bagaimana kita membuat informasi baru ini menjadi familiar? Inilah yang harus kita lakukan. Karena kesibukan, tidak mungkin kita akan mengulang-ulang sebuah buku. Baca sekali abis aja udah syukur. Kita harus membuat pikiran kita, dalam waktu singkat bisa familiar dengan informasi yang ingin dibaca. Sehingga yang kita baca itu, begitu familiarnya sampai seolah-olah kita sudah pernah membacanya 6 kali.

Bacakilat menggunakan teknologi pikiran manusia yang jarang digunakan dengan sengaja. Yaitu subliminal. Subliminal menyerap semua, ya semua. Yang tidak disadari oleh pikiran sadar. Semua yang tidak diketahui di pikiran sadar. Dan ini sudah ahli dilakukan oleh setiap orang.

Seperti apa subliminal itu? Coba lihat sebuah objek. Fokuslah pada objek itu. Apakah yang terlihat hanya objek itu? Tidak. Objek sekitarnya juga kelihatan? Ya. Tapi tidak fokus, alias blur. Nah itu adalah informasi yang masuk secara subliminal. Atau ada yang mengatakan informasi yang masuk secara peripheral. Sudah ahli dari dulu bukan?

Memanfaatkan keahlian yang sudah dilakukan setiap orang dari lahir sampai sekarang. Semua tanpa kecuali. Bacakilat membuat pikiran bawah sadar familiar. Pikiran bawah sadar yang familiar ini akan membantu pikiran sadar belajar. Dengan cara membaca satu halaman per detik. Atau memotret satu halaman per detik.

Mengapa membuat pikiran bawah sadar yang familiar, bukan pikiran sadar? Khan enak kalau pikiran sadar bisa familiar, itulah yang semua orang inginkan. Betul, itu memang yang semua orang inginkan. Tapi pikiran sadar kita sangat terbatas. Hanya bisa memproses 5-9 hal per detik. Ini adalah “bottleneck” dalam proses memasukkan informasi.

Jadi jika kita mengatakan bahwa membaca satu halaman per detik. Pikiran sadar akan mengatakan TIDAK MUNGKIN. Namun Bawah sadar mungkin. Bawah sadar kita memproses 20 ribu hal per detik. Pikiran sadar 5-9 hal per detik. Bawah sadar 20 ribu hal per detik.

Pikiran sadar akan mengatakan wah, kalau membaca satu halaman per detik, Gua baru baca dua kata loe udah balik halaman. Nggak mungkin.

Bawah sadar menyerap, memotret pola, menangkap dan memproses semua informasi yang masuk lewat mata, telinga, indera peraba, bahkan informasi yang terjadi dalam tubuh yang tidak bisa dijangkau pikiran sadar. Membaca satu halaman per detik untuk pikiran bawah sadar? Kecil.

Setelah bawah sadar familiar. Ia akan membantu mengirimkan informasi ke pikiran sadar jika ada pemicu. Semacam mendapatkan ide, atau inspirasi. AHA! Mengetahui di mana kita harus membaca lebih mendalam. Di mana bagian yang tidak menjawab tujuan kita membaca.

Bawah sadar akan melipat ganda, tiga, bahkan sampai 5 kali lipat kerja pikiran sadar. Dari yang 5 hal per detik bisa sampai 27 hal per detik. Dengan demikian, sebuah buku yang Anda terapkan dengan bacakilat bisa diselesaikan, dipahami dalam waktu 120 menit atau kurang. Sering sekali saya bertemu dengan para peserta pelatihan bacakilat yang bisa menyelesaikan 2 sampai 3 buku dalam waktu 150 menit. Sudah ada mindmapping malah.

Membaca dengan sistem Bacakilat akan membuat Anda memproses informasi dua arah. Dari buku ke pikiran sadar. Dan dari bawah sadar (pola dan tulisan yang sudah diserap dalam proses membaca 1 halaman per detik) yang naik ke pikiran sadar karena terpicu saat membaca buku itu kembali dengan pikiran sadar.

Ada pertanyaan? Sampaikan dikomentar. Saya dengan senang hati menjawab Anda. Have a Nice Day.

About the Author

Agus Setiawan adalah Founder dari sistem Bacakilat. Bacakilat pertama kali diajarkan di tahun 2009. Dan terus berkembang melaui proses penelitian, pembelajaran dan uji coba ke dalam tim Bacakilat. Dari Bacakilat 1.0 berkembang sampai sekarang Bacakilat 3.0 yang merupakan pendekatan termudah untuk menguasai Bacakilat.

Leave a Reply 5 comments

wahyu eko - 29/08/2013 Reply

It’s really awesome! Never got like this before. Cheers..!

    Agus Setiawan - 30/08/2013 Reply

    Thank you.

wahyu eko - 29/08/2013 Reply

Saya memang suka baca, Mas Agus. Dan saya sangat tertarik dgn informasi di atas yg mengenai kemampuan fikiran bawah sadar. Agar bisa baca kilat seperti beberapa testimoni di atas caranya bagaimana? What should i do? Is there any training to take or something? Thanks, Mas Agus.

    Agus Setiawan - 30/08/2013 Reply

    Ya, saya mengadakan pelatihan Sistem Bacakilat secara berkala. Untuk informasi ada di Bacakilat Eksekutif atau bisa menghubungi 021 581 16 17. Oh ya, daftar juga di bagian kanan web ini untuk mendapatkan email berkala dari saya.

inez - 19/11/2013 Reply

Ingin lbh dekat dgn bacakilat lwt online sebelum ikut trainingnya

Leave a Reply: