Tips Ampuh Memilih Buku yang Tepat (Part. 2)

CHOOSING BOOK 2

Mengidentifikasi kebutuhan Anda terhadap sesuatu akan membuat Anda terhindar dari kesia-siaan dan penyesalan di akhir waktu. Karena bisa jadi, Anda memilih yang besar, banyak dan hebat, namun apa yang Anda butuhkan saat ini ternyata hanyalah hal yang sederhana. Oleh karena itu, identifikasi kembali buku apa yang saat ini benar-benar Anda butuhkan?

Beli hanya buku yang Anda butuhkan saat ini

Setelah Anda tahu buku yang Anda butuhkan, belilah hanya buku yang Anda butuhkan saat ini. Mengapa ini penting? Karena banyak sekali kejadian orang membeli buku yang pada akhirnya tidak dibaca saat ini. Hal ini dikarenakan buku tersebut sebetulnya tidak ia butuhkan dalam waktu dekat.

Pilih buku yang dapat menjadi jawaban atas apa yang menjadi pertanyaan Anda saat ini. Sebagai contoh, seorang ibu yang tengah hamil muda, ia akan memilih buku tentang cara menjalani kehamilan dengan sehat, misalnya. Atau, ketika Anda menemukan masalah dalam mendidik anak, Anda akan berusaha menemukan buku parenting terbaik. Bisa juga, ketika Anda harus menjalani tes bahasa inggris dalam waktu dekat, Anda harus memprioritaskan buku tentang berbagai tes bahasa inggris.

Hal ini penting dilakukan untuk menghindari adanya penyesalan setelah membeli buku. Buku yang tidak Anda butuhkan saat ini, tidak akan bisa Anda selesai baca saat ini. Dan sebaliknya, buku yang menjawab pertanyaan Anda saat ini, akan lebih mudah untuk Anda selesaikan.

Ketika saya membutuhkan banyak buku untuk riset, saya langsung mendatangi rak atau bagian yang sesuai dengan kebutuhan riset saya dan menyusuri dengan detail buku yang ada disana. Saya tidak akan membeli buku lainnya terlebih dahulu (misalnya novel) karena akan mengganggu fokus saya ketika membaca buku yang memang saya butuhkan untuk saat ini.

Estimasikan waktu total Anda menghabiskan buku tersebut

Setelah Anda menentukan buku apa yang Anda butuhkan, estimasikan waktu total Anda bisa menyelesaikan buku tersebut. Jika buku tersebut bisa Anda habiskan dalam waktu dekat, silahkan Anda beli. Namun jika ternyata Anda tidak yakin bisa menyelesaikan buku tersebut dalam waktu dekat, tundalah untuk membelinya. Hal ini dikarenakan Anda memerlukan fokus untuk menyelesaikan buku yang Anda butuhkan. Jangan sampai Anda tidak sempat membaca buku yang penting hanya karena terlalu lama berkutat dengan buku yang tidak terlalu penting.

Contohnya seperti ini. Ketika saya sedang membutuhkan buku dengan tema parenting, saya akan mengasumsikan berapa lama buku tersebut bisa saya selesaikan. Jika memang tidak bisa menyelesaikan buku tersebut dalam waktu singkat, saya akan tunda untuk membeli buku lainnya.

Prioritaskan buku yang belum habis dibaca

Sebelum Anda memutuskan untuk membeli buku, prioritaskan terlebih dahulu buku yang belum Anda baca. Habiskan dulu koleksi buku Anda yang masih menganggur di rumah. Bahkan, beberapa buku mungkin masih belum Anda buka plastiknya.. hehehe

Hal ini penting lho untuk dilakukan agar Anda tidak terbebani oleh buku-buku yang baru sedangkan buku yang lama belum Anda selesaikan.

Selanjutnya, kami akan memberikan tips bagi Anda untuk memilih dan membeli buku berdasarkan masing-masing tujuan dan keperluan. Hal ini penting.Kita perlu membedakan sikap kita dalam membeli buku berdasarkan masing-masing tujuannya. Sehingga, kita bisa mendapatkan manfaat yang besar dari buku yang kita beli. Tidak mubazir atau sia-sia begitu saja.

Membeli buku berdasarkan keperluannya

Keperluan riset

Untuk keperluan riset atau referensi, Anda perlu meneliti kembali isi buku tersebut sebelum membeli. Cek kemabli daftar isi dan sub bab dalam buku. Apakah Anda bisa mendapatkan data yang Anda cari dalam buku tersebut? Apakah buku tersebut akan memenuhi kebutuhan Anda terhadap referensi dan data?

Selain itu, jika untuk keperluan riset atau referensi, Anda tidak harus membelinya di toko buku. Anda bisa memanfaatkan layanan umum seperti perpustakaan atau pusat studi tertentu untuk mendapatkan buku yang Anda cari. Anda pun tidak perlu membeli buku yang baru.

Faktor penting lainnya yang harus Anda pertimbangkan dalam memilih buku-buku untuk riset adalah dengan mengecek latar belakang penulisnya dan validitas sumber penulisannya. Apakah buku tersebut mencantumkan sumber dan kutipan yang jelas? Hal ini penting karena berkaitan dengan penelitian Anda.

Keperluan hiburan

Untuk keperluan hiburan atau sekedar ingin bersenang-senang dengan bacaan, Anda bisa meminjamnya dari teman Anda atau perpustakaan. Selain itu, pastikan juga buku tersebut memang banyak yang merekomendasikan. Bisa jadi karena novel tersebut best seller. Sayang kan, kita sudah beli bukunya, ternyata isinya tidak sesuai yang kita harapkan atau tidak dapat menghibur 🙂

Cara untuk menemukan buku yang benar-benar dapat memenuhi kebutuhan Anda akan hiburan/bersenang-senang selain mendapatkan rekomendasi dari teman adalah dengan membaca resensi atau review bukunya terlebih dahulu.

Keperluan motivasi

Bila Anda bertujuan ingin membeli buku-buku motivasi atau pengembangan diri, yang harus Anda perhatikan adalah teliti lagi isi buku tersebut. Pastikan bahwa materi atau yang dibahas dalam buku tersebut memang masih baru bagi Anda dan belum Anda kuasai.

Hal ini dikarenakan tingkat kesadaran dan motivasi seseorang dalam meraih suksesnya memang berbeda-beda. Sebagai contoh, jika Anda selama ini sudah cukup termotivasi dan memiliki semangat yang luar biasa untuk berubah dan menjadi lebih baik, maka Anda sudah tidak cocok lagi membaca buku-buku motivasi dasar. Anda sebetulnya lebih membutuhkan buku yang berisi panduan teknis, bukan lagi motivasi biasa.

Ketika Anda sudah terbiasa untuk membaca buku, maka lama kelamaan kualitas bacaan Anda pun meningkat. Sehingga, sangat memungkinkan bila Anda sudah tidak membutuhkan buku-buku yang awam/dasar lagi nantinya. Disinilah Anda harus mulai bijak dan sadar dalam memilih buku yang baik.

Namun, bagi beberapa orang yang masih kurang semangatnya untuk berubah, buku-buku motivasi dasar memang cocok bagi mereka. justru, ketika membaca buku yang berisi teknis atau panduan pengembangan diri, mereka bisa jadi belum dapat mencernanya.

Intinya, jika Anda memilih buku motivasi, pastikan kadar motivasi yang ada dalam buku tersebut memang sesuai dengan kondisi Anda saat ini. Apakah yang Anda butuhkan lebih kea rah motivasi awal/dasar, kisah dan biografi, atau buku teknis praktis.

Terkadang, saya melewatkan atau mengabaikan buku motivasi yang memang saya sudah bisa menebak kemana arah isinya. Saya biasanya akan mencari buku motivasi atau pengembangan diri yang menawarkan langkah-langkah praktis untuk diterapkan dalam keseharian.

Keperluan koleksi pribadi

Lain halnya dengan keperluan riset, referensi, hiburan, atau motivasi. Jika Anda ingin membeli buku untuk keperluan koleksi pribadi yang tujuannya adalah hobi atau kepuasan pribadi seperti ensiklopedi atau karya fenomenal,  anda memang harus membeli bukunya. Pastikan juga Anda memilih buku dengan kualitas yang baik. Jika ada versi hard cover, mungkin bisa jadi rekomendasi. Setelah itu, pastikan Anda juga mendapatkannya dengan harga yang baik ya. Diperlukan survey dan perbandingan harga terlebih dahulu. Karena, biasanya buku-buku untuk koleksi pribadi ini lumayan mahal harganya.

Nah, sampai disini, apakah Anda sudah memiliki gambaran bagaimana memilih buku yang tepat?

About the Author

Leave a Reply 0 comments

Leave a Reply: