Tips Ampuh Memilih Buku yang Tepat (Part. 1)

Selecting a book

Kita semua sepakat bahwa kita memerlukan efisensi dalam membaca. Baik dari segi efisiensi waktu maupun tenaga. Akan tetapi, ternyata itu semua belum cukup lho. Seiring dengan efisiensi kita dalam menghabiskan waktu untuk membaca, kita juga dituntut agar bisa efisiensi dana. Yup. Semakin kita bisa efektif dan efisien dalam membaca, kita juga akan semakin tergiur untuk membaca bahkan membeli banyak buku baru. Pertanyaannya, apakah semua buku harus kita beli? Nah, kita akan temukan tips-tips dalam membeli buku berikut ini J

Sebagai pribadi yang selalu ingin berkembang, rasanya ingin sekali kita melahap banyak buku berkualitas. Akan tetapi, kita semua memiliki keterbatasan dalam hal waktu, tenaga, dan juga finansial. Terkadang, yang sering menjadi masalah besar adalah semangat kita yang begitu tinggi dalam membaca sehingga kita membeli banyak sekali buku. Akan tetapi, kadang kita lupa bahwa kita memiliki waktu dan energi yang terbatas untuk menghabiskannya.

Apa yang terjadi selanjutnya? Buku-buku tadi hanya akan menumpuk semakin banyak di rak buku tanpa pernah ada yang terselesaikan satu pun sampai akhir. Apakah Anda pernah mengalaminya?

Nah, jika Anda pernah mengalami kejadian tersebut, ada baiknya jika kita mengecek kembali kebutuhan kita terhadap buku-buku yang akan kita beli sebelum kita memutuskan untuk membawanya pulang ke rumah.

Maka dari itu, penting lho untuk lebih selektif dalam membeli buku. Karena, terkadang ada buku yang tidak kita perlukan, namun kita tanpa sadar membelinya. Udah gitu, harganya mahal pula. Hehehe

Untuk itu, dalam artikel kali ini, kita akan membahas berbagai strategi agar kita tidak salah dalam membeli buku dan bisa dipastikan buku tersebut akan habis dibaca. Selamat menyimak ya J

Pembagian buku berdasarkan tingkat kepentingannya

Sebelum melangkah pada bagaimana agar menemukan buku yang tepat dan tidak salah dalam membeli buku, ada baiknya kita ketahui dulu 4 jenis buku berdasarkan tingkat kepentingannya untuk Anda.

Penting dan mendesak

Yang pertama adalah buku yang penting dan mendesak untuk dibaca. Buku yang termasuk dalam kategori ini adalah buku yang benar-benar Anda butuhkan untuk “besok pagi”. Ya, maksudnya buku ini adalah berbagai buku penunjang studi atau pekerjaan Anda yang harus Anda kuasai dalam waktu dekat.

Bagi seorang pelajar atau mahasiswa, yang termasuk dalam kategori ini merupakan text book. Bagi sebagian orang, yang termasuk dalam kategori ini bisa jadi adalah buku-buku yang akan diujikan dalam waktu dekat.

Sikap Anda terhadap buku dalam kategori ini adalah : dapatkan buku tersebut sekarang juga dan selesaikan.

Penting dan tidak mendesak

Yang termasuk dalam kategori ini adalah buku-buku penunjang keberhasilan Anda. seperti buku pengembangan diri, buku motivasi, maupun buku-buku keterampilan yang ingin Anda kuasai. Mengapa buku ini penting namun tidak mendesak? Anda membutuhkan buku ini, dan memang Anda harus membacanya. Akan tetapi, waktunya relative fleksibel dan tidak harus sekarang juga. Anda bisa sesuaikan dengan tingkat kebutuhan Anda.

Sikap Anda terhadap buku dalam kategori ini adalah : catat beberapa judul buku yang penting untuk Anda. simpan dalam catatan, lalu dapatkan buku tersebut jika ada kesempatan. Misalnya, saat Anda memiliki anggaran lebih, atau ketika Anda tak sengaja mendapatkannya di toko buku. Grab it! J

Tidak penting dan mendesak

Yang termasuk dalam kategori ini adalah buku-buku yang menghibur dan dapat menghadirkan kesenangan bagi Anda. termasuk di dalamnya adalah novel, cerpen, karya sastra, kumpulan kisah dan hikmah, atau puisi. Apapun yang membuat Anda merasa refresh dan nyaman ketika membacanya.

Mengapa buku-buku ini tergolong tidak penting dan mendesak? Pada dasarnya, buku-buku ini tidak memberikan dampak langsung pada perkembangan karir atau bisnis Anda. akan tetapi, Anda membutuhkannya sesekali untuk membuat Anda refresh dan kembali dengan mudah menerima inspirasi dari buku lainnya.

Sikap Anda terhadap buku dalam kategori ini adalah : minta rekomendasi dari orang lain, mana buku yang terbaik dan menarik untuk dibaca.

Tidak penting dan tidak mendesak

Yang termasuk dalam kategori terakhir ini adalah buku yang sama sekali tidak ada kaitannya dengan pengembangan diri Anda maupun untuk sekedar menghibur Anda saat ini. Buku ini adalah buku yang sudah Anda kuasai atau buku yang memang tidak ada kaitannya dengan minat Anda sama sekali.

Sikap Anda terhadap buku dalam kategori ini adalah : Hindari sebisa mungkin dan jangan menghabiskan terlalu banyak waktu  untuk membacanya.

Nah, setelah kita mengetahui 4 kategori buku tersebut, berikut adalah tips bagaimana agar kita tidak sampai salah memilih, membeli, dan membaca buku.

Teliti lagi apa yang Anda butuhkan saat ini

Sebelum Anda memutuskan membeli sebuah buku, tanyakan lagi pada diri Anda sendiri, apa yang ana butuhkan saat ini? Apakah Anda membutuhkan buku teks karena minggu depan ada materi yang harus diujikan? Apakah Anda membutuhkan buku referensi? Apakah Anda membutuhkan buku-buku ringan untuk mengusir penat?

Ketika saya berkunjung ke toko atau pameran buku, saya berniat akan membeli buku yang memang saya butuhkan saat ini. Hal ini sangat membantu saya untuk efisiensi waktu, tenaga serta finansial. Karena, ketika kita sudah tau buku apa yang dibutuhkan, kita tidak akan buang waktu terlalu lama untuk menseleksi buku yang ada. Selain itu, kita pun tidak tergoda untuk membeli buku lainnya yang memang belum kita butuhkan saat ini.

Mengetahui dengan tepat kebutuhan Anda saat ini merupakan cara paling penting untuk sebuah efisiensi. Anda akan menghabiskan banyak waktu, tenaga bahkan uang ketika Anda belum bisa mengidentifikasi apa yang sesungguhnya Anda butuhkan.

Sebagai contoh, Anda sedang merasa lapar dan ingin makan, kemudian Anda mengunjungi rumah makan terdekat. Sesampainya di sana, begitu banyak pilihan makanan yang ditawarkan. Jika Anda tidak tau jenis makanan seperti apa yang Anda butuhkan, Anda akan menghabiskan banyak waktu untuk memilih dan setelah memilih, belum tentu Anda akan puas dengan hasil pilihan Anda.

Bandingkan ketika Anda sebelumnya sudah menentukan apa yang kira-kira akan menjadi menu makan siang Anda. apakah sesuatu yang berkuah? Pedas? Berserat? Atau jangan-jangan Anda hanya butuh cemilan?

Mengidentifikasi kebutuhan Anda terhadap sesuatu akan membuat Anda terhindar dari kesia-siaan dan penyesalan di akhir waktu. Karena bisa jadi, Anda memilih yang besar, banyak dan hebat, namun apa yang Anda butuhkan saat ini ternyata hanyalah hal yang sederhana. Oleh karena itu, identifikasi kembali buku apa yang saat ini benar-benar Anda butuhkan?

Dalam artikel selanjutnya, kita akan mengulas lebih dalam bagaimana agar kita bisa menentukan sikap yang tepat untuk membeli sebuah buku. Apa saja rahasia seseorang bisa memilih buku yang tepat? Sampai jumpa di artikel selanjutnya ya 🙂

About the Author

Leave a Reply 2 comments

Endang - June 6, 2014 Reply

Tq informasinya sangat membantu, sy beberapa kali membeli buku yg ternyata tdk sy butuhkan. Judul dan isi tdk sesuai,..

Tyo Narendra - March 9, 2015 Reply

Sebenarnya buku yang paling saya sukai adalah buku “how to” seperti tips memotret, tips memasak dan lain lain. Namun, sesekali saya membeli buku-buku bacaan berat untuk menambah kosakata serta pengetahuan umum saya terhadap dunia. Terima kasih telah membagi buku dalam urutan penting mendesak dan lain lainnya, sangat membantu!

Leave a Reply: